RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMK Negeri 2 Bangkalan
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : X / 1 ( Ganjil )
Alokasi Waktu : 3 x 45 Menit
A.
Standar Kompetensi
1. Memecahkan masalah
berkaitan dengan konsep operasi bilangan real
B.
Kompetensi Dasar
1.2 Menerapkan operasi
pada bilangan berpangkat.
C.
Indikator
1. Menyelesaikan operasibilangan
berpangkat.
2.
Menyederhanakan bilangan berpangkat ke dalam bentuk pangkat paling sederhana
D.
Tujuan Pembelajaran
1.
Siswa
dapat menyelesaikan
operasi bliangan berpangkat.
2.
Siswa dapat menyederhanakan bilangan
berpangkat ke dalam bentuk pangkat paling sederhana.
E.
Materi Pembelajaran
Bentuk Pangkat (terlampir)
F.
Model / Metode / Strategi Pembelajaran
Strategi pembelajaran
yang digunakan adalah StrategiPembelajaran
Kooperatif dengan Type STAD.
G.
Langkah – langkah kegiatan
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Guru melakukan
pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran.
Guru memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin.
Guru
mengingatkan kembali materi terkait dengan operasi bilangan berpangkatyang telah diajarkan yaitu tentang materi definisi dari bentuk pangkat.Dalam
menyelesaikan operasi bilangan berpangkat, siswa harus mengetahui definisi
dari bilangan berpangkat. Dalam hal ini guru mengingatkan kembali tentang
materi definisi bilangan berpangkat.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai yaitu siswa
dapat menyelesaikan operasi bilangan berpangkat dan menyederhanakan bilangan
berpangkat kedalam bentuk pangkat paling sederhana.
Guru
memberikan motivasi terkait dengan
materi yang diajarkan yaitupelajaran operasi bilangan berpangkatpenting untuk
didengarkan dan diperhatikanagar siswa dapat mengerjakan soal ujian sehingga
siswa mendapat nilai bagus.
|
20 menit
|
Inti
|
Guru menjelaskan materi operasi
bilangan berpangkat, sifat-sifat bentuk pangkat, dan persamaan pangkat
sederhana dengan menampilkan slidepada power point.
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya
tentang materi yang telah disampaikan.
Guru
membuat 5 kelompok (heterogen) yang beranggotakan 8 orang untuk setiap
kelompok.
Guru
menentukan pemimpin dari masing-masing kelompok dan untuk anggota guru
memilihnya secara acak.
Guru
memberikan soal latihan dengan menampilkan slide pada power point yang harus
dikerjakan masing-masing kelompok.
Guru
meminta perwakilan masing-masing kelompok untuk mempresentasikan hasil
pembahasan latihan soal sekaligus guru menilai kelompok dengan kriteria
penilaianya adalah penjelasan dan jawaban yang paling tepat dan benar menjadi
kelompok terbaik.
Guru
mengevauasi setiap penampilan masing-masing kelompok.
Guru bersama siswa membahas kembali
soal latihan yang telah
dikerjakan siswa secara berkelompok tersebut.
Guru
memberikan penghargaan kepada kelompok terbaik.
|
100 menit
|
Penutup
|
Guru bersama siswa
menyimpulkan tentang materi yang diajarkan yaitu operasi
bilangan berpangkat dan menyederhanakan bialngan berpangkat kedalam bentuk
pangakat paling sederhana..
Guru memberikan tugas (PR)
beberapa soaltentang operasi bilangan berpangkat dan
menyederhanakan bialngan berpangkat kedalam bentuk pangkat paling sederhana..
Guru mengakhiri kegiatan
belajar dengan memberikan pesan untuk tetap belajar dan berdoa.
Guru
meminta siswa untuk
mempelajari materi yang akan dipelajari pada pelajaran yang akan datang yaitu bentuk akar.
|
15 menit
|
H.
Media / Sumber Belajar
1. Sumber Belajar :
·
Andrijanti, N.
(2008). Matematikan Untuk SMK Kelas X. Surakarta: Cahaya Mentari.
·
Gumilar,
H. S. (2008). Matematika untuk Kelas X Sekolah Menengah Kejuruan .
Jakarta: BSE.
·
To'ali. (2008). Matematika X Sekolah Menengah Kejuruan
(SMK). Jakarta: BSE.
2.
Media : Power
Point
I.
Penilaian
1.
Benuk
instrumen : Tes
tulis
2.
Instrumen
1. Selesaikanlah!
a. 

b. 

c.


d.


e.


2. Ubahlah
soal-soal di bawah ini menjadi bentuk pangkat yang paling sederhana.
a. 

b. 

c. 

3.
Pedoman Penskoran
No
|
Soal
|
Jawaban
|
Skor
|
1.
|
Selesaikanlah!
a.
![]()
b.
![]()
c.
![]()
d.
![]()
e.
![]() |
![]() ![]()
=
![]()
=
![]()
=
![]() ![]() ![]()
=
![]()
=
![]()
=
![]() ![]()
=
![]()
=
![]()
d.
![]()
=
![]()
e.
![]()
=
![]() |
5
5
5
3
3
5
5
3
5
5
3
2
2
2
2
|
2.
|
Ubahlah soal-soal di bawah ini menjadi bentuk
pangkat yang paling sederhana.
a.
![]()
b.
![]()
c.
![]() |
a.
![]() ![]()
=
![]()
=
![]()
b.
![]() ![]()
=
![]()
c.
![]()
=
![]() |
5
5
5
10
5
10
5
|
|
JUMLAH SKOR
|
100
|
Bangkalan,
7 Desember 2016
Mengetahui,
|
|
Kepala SMK Negeri 2 Bangkalan
(Anisa Subroto)
NIP. 1446611010
|
Guru Mata Pelajaran
Ridho Nur Arifin, M.Pd
NIP. 1446611026
|
Lampiran
Bentuk Pangkat
1. Sifat-Sifat
Bentuk Pangkat
Sifat-sifat
bentuk pangkat adalah sebagai berikut.
a.


b.


c.
dan 


d.


e.
(

f.


g.



Contoh :
Selesaikanlah!
a.
b.
c. 



Jawab :




=
=
= 



= 2
2. Persamaan Pangkat
Sederhana
Jika a
R ( a
berlaku:


![]() |
Contoh:
Tentukan nilai yang memenuhi persamaan 

Jawab:





5x
= 8
x = 

Contoh :
Sederhanakanlah menjadi bentuk paling sederhana dari
!

Jawab :

= 

If you're trying hard to lose kilograms then you certainly have to try this totally brand new custom keto plan.
BalasHapusTo create this service, licensed nutritionists, fitness couches, and top chefs have united to produce keto meal plans that are productive, painless, price-efficient, and fun.
Since their launch in early 2019, 1000's of people have already completely transformed their body and well-being with the benefits a certified keto plan can provide.
Speaking of benefits: in this link, you'll discover eight scientifically-proven ones given by the keto plan.