RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMAN 1 BANGKALAN
Mata pelajaran : MATEMATIKA
Kelas/Semester : X / II (GENAP)
Alokasi Waktu : 3 x 45 menit
A. Standar Kompetensi
4.
Menggunakan logika matematika dalam pemecahan masalah yang berkaitan dengan
pernyataan majemuk dan pernyataan berkuantor
B. Kompetensi
Dasar
4.1 memahami
pernyataan dalam matematika dan ingkaran atau negarasinya.
C. Indikator
1. Memberikan contoh pernyataan dan bukan pernyataan
2. Menentukan ingkaran atau negasi dari suatu
pernyataan beserta nilai kebenarannya.
D.
Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat membuat contoh pernyataan
dan bukan pernyataan
2. Sisiwa dapat menentuka ingkaran atau
negasi dari suatu pernyataan
E.
Materi Pembelajaran
LOGIKA MATEMATIKA (terlampir)
F.
Model /Metode/Strategi Pembelajaran
Strategi
pembelajaran yang digunakan adalah strategi pembelajaran afektiv (SPE)
G.
Langkah-langkah Kegiatan
Kegiatan
|
DeskripsiKegiatan
|
AlokasiWaktu
|
Pendahuluan
|
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoauntuk memulai pembelajaran.
Memeriksa kehadiranpesertadidik sebagaisikapdisiplin.
Guru mengingatkan kembali materi terkait denganLogika Matematika yang telah didapatkan di SMP.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
yang akan dicapai yaitu membuat contoh pernyataan dan
menentukan ingkaranataunegasidarisuatupernyataan
Guru memberikan motivasi terkait denganmateri
yang diajarkan yaitu Logika Matematika. Seperti siswa dapat mengerjakan soal-soal ujian.
|
15menit
|
Inti
|
Guru menjelaskanmaterilogika
matematika yaitu tentang pernyataan dan bukan pernyataan menggunakan Slide
dengan jelas dan terperinci.
Guru memberikan contoh
tentang pernyataan dan bukan pernyataan.
Guru
melanjutkan materi tentang ingkaran atau negasi.
Guru
memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang materi yang
diajarkan yaitu logika matematika tentang pernyataan dan bukan pernyataan,
serta ingkaran dan negasi.
Guru
memberikan latihan soal ang harus dikerjakan siswa.
Guru bersama
siswa membahas soal yang telah dikerjakan siswa tersebut.
|
100 menit
|
Penutup
|
Guru Bersama
siswa
menyimpulkantentangmateri
yang diajarkanya itu menentukan
ingkaran atau negasi dari suatu pernyataan.
Guru memberikantugas (PR) untuk
membuat 10 pernyataan dan menentukan ingkaran atau negasinya.
Guru mengakhiri
kegiatan
belajar
dengan
memberikan
pesan
untuk
tetap
belajardanberdoa,
sertameminta siswa untuk mempelajari materi yang akandipelajari
pada
pelajaran
pernyataan
majemuk.
|
20menit
|
H.
Media / SumberBelajar
1.
SumberBelajar :
·
Wirodikromo, S. (2006). Matematika untuk kela X Semester
2. Jakarta: Erlangga.
·
Johanes. (2006). Kopetensi
Matematika 1B. Jakarta: Yudhistira.
·
Marwanta.
(2009). Matematika SMA Kelas X. Jakarta: Yudhistira.
2.
Media :
Power Point.
I. Penilaian
1.
Benuk
instrumen : Tes
tulis berupa lembaran kerja.
2.
Instrumen : Tes
Tulis berupa lembar kerja
1. Di
antara kalimat berikut ,manakah yang merupakan pernyataan dan bukan pernyataan
? jika pernyataan , tentukan nilai kebenarannya.
a. Tutuplah
pintu itu !
b. 2
adalah bilangan prima
c. Ada
30 hari dalam 1 bulan
d. 10
adalah bilangan ganjil
2. Tentukan
ingkaran dari pernyataan berikut !
a. q
: 7 adalah bilangan prima
b. s
: 3 adalah faktor dari 13
3.
Pedoman
Penskoran
No
|
Soal
|
Jawaban
|
Skor
|
1
|
Di antarakalimatberikut ,manakah yang
merupakanpernyataandanbukanpernyataan ? jikapernyataan ,
tentukannilaikebenarannya.
a. Tutuplahpintuitu !
b. 2 adalahbilangan prima
c. Ada 30 haridalam 1 bulan
d. 10 adalahbilanganganjil
|
a.
Bukanpernyataan
b.
Pernyataan
(benar)
c.
Pernyataan (
benar )
d.
Pernyataan (salah )
|
10
10
10
10
|
2
|
Tentukaningkarandaripernyataanberikut !
a. q : 7 adalahbilangan prima
b. s : 3 adalahfaktordari 13
|
a. q : Tidakbenarbahwa 7 adalahbilangan prima atau
̴q : 7 bukanbilangan prima
b. ̴s : tidakbenarbahwa 3 adalahfaktordari 13 atau
̴s: 3 bukanfaktordari 13
|
30
30
|
TOTAL SKOR
|
100
|
Bangkalan, 15 November 2016
Mengetahui,
|
|
Kepala SMP Negeri1Bangkalan
(RIDHO NUR ARIFIN,
M.Pd)
NIP. 1446611026
|
Guru Mata
Pelajaran
(ANISA SUBROTO)
NIP. 1446611010
|
Lampiran
Logika Matematika
A.
Pernyataan
Perhatikan
beberapa contoh kalimat berikut ini.
i.
“4 adalah bilangan
genap”, kalimat ini benar
ii.
“10 adalah
bilangan ganjil”’ kalimat ini salah
Kalimat-kalimat di atas hanya bernilai benar saja atau salah saja, tidak sekaligus benar dan salah pada saat yang sama.
Kalimat-kalimat yang berciri seperti ini disebut sebagai pernyataan.
Pernyataan adalah kalimat
yang hanya bernilai benar saja atau salah saja, tetapi tidak dapat sekaliguis
benar dan salah.
|
Jelas
bahwa tiap pernyataan adalah kalimat, tetapi tidak semua kalimat merupakan
pernyataan. Kalimat yang dapat digolongkan pernyataan adalah kalimat-kalimat
yan g menerangkan sesuatu (disebut kalimat
deklaratif)
Perhatikan
kalimat-kalimat berikut.
i.
Berapa umurmu sekarang ?
ii.
Minumlah air itu !
iii.
Jangan menghardik sesame teman.
Kalimat-kalimat
di atas tidak menerangkan sesuatu (bukan kalimat
deklaratif), sehingga kalimat-kalimat itu bukan pernyataan.
Namun, perlu diingat bahwa tidak
semua kalimat deklaratif itu merupakan pernyataan. Perhatikan kalimat-kalimat
berikut ini.
i.
Menara itu tinggi.
ii.
Nasi soto enak.
iii.
Letak kota Surabaya jauh.
Kalimat-kalimat
di atsa dapat bernilai benar saja atau salah saja, tetapi bersifat relative (bergantung pada keadaan).
Kalimat-kalimat seperti ini juga bukan
pernyataan.
B.
Ingkaran
atau Negasi
Dari
sebuah pernyataan, dapat dibentuk pernyatan baru dengan membubuhkan kata tidak benar didepan pernyataan
semula atau jika memungkinkan dengan
menyisipkan kata tidakatau bukan dalam pernyataan semula. Pernyataan
baru yang diperoleh dengan cara seperti itu disebut ingkaran atau negasi.
Jika
p
adalah pernyataan yang diketahui maka ingkaran atau negasi dari p dapat
ditulis dengan memakai lambang
~P
(dibaca : tidak benar p atau bukan
p)
Nilai kebenaran
dari ingkaran sebuah pernyataan dapat ditentukan melalui pengamatan pada contoh
berikut ini.
Tentukan ingkaran
dari setiap pernyataan berikut.
a) q : 7 adalah bilangan prima.
b) s : 3 adalah faktor dari 13.
JAWAB :
a) ingkaran dari q :
7 adalah bilangan prima adalah
~ q : Tidak
benar bahwa 7 adalah bilangan prima, atau
~ q : 7
bukan bilangan prima.
b) Ingkaran dari s :
3 adalah factor dari 13 adalah
~ s : Tidak
benar bahwa 3 adalah factor dari 13, atau
~ s : 3
bukan factor dari 13.
Hubungan nilai kebenaran antara ingkaran sebuah
pernyataan dengan pernyataan semula dapat disajikan dengan menggunakan tabel
yang disebut sebagai tabel kebenaran. Perhatikan tabel berikut.
p
|
~ p
|
B
|
S
|
S
|
B
|
Dengan
menggunakan lambang nilai kebenaran, tabel tersebut dapat ditulis sebagai
berikut.
Jika τ(p) = B maka τ(~p) = S dan jika τ(p) = S maka τ(~p) = B.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar