RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMKN 1 Bangkalan
Mata Pelajaran : MATEMATIKA KELOMPOK TEKNOLOGI
Kelas/ Semester : XI / 1
Alokasi Waktu : 3 x 45menit (pertemuan)
A.
Standar Kompetensi:
9. Menggunakan konsep barisan dan deret dalam
pemecahan masalah
B.
Kompetensi Dasar :
9.2 Menerapkan konsep barisan dan deret aritmatika
C.
Indikator :
Menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan
konsep barisan dan deret aritmatika
D.
Tujuan Pembelajaran
1. Menentukan
suku ke_n dari suatu barisan aritmatika
2. Menentukan
sukuke_n dari suatu deret aritmatika
E. Materi Pembelajaran
1. Barisan
Aritmatika (terlampir)
2. Deret
Aritmatika (terlampir)
F. Strategi Pembelajaran
SPE
G. Langkah-langkah Kegiatan
1. Kegiatan
Pendahuluan
• Apersepsi :
Mengingatkan
kembali materi pelajaran barisan dan deret aritmatika
• Tujuan :
1) Siswa
dapat menentukan suku ke_n dari suatu barisan aritmatika
2) Siswa
dapat menentukan suku ke_n dari suatu deret aritmatika
• Motivasi :
Memberikan
penjelasan bahwa pelajaran ini sangat penting untuk menyelesaikan soal di LKS
dan UTS
2. Kegiatan
Inti
• Guru mengucapkan salam kepada siswa
• Guru mengingatkan kembali tentang barisan
dan deret aritmatika
• Guru menjelaskan materi mengenai barisan
dan deret aritmatika
• Siswa diberikan kesempatan untuk bertanya
mengenai materi
• Guru menjelaskan pertanyaan siswa
• Guru memberikan latihan soal yang
berkaitan dengan barisan dan deret aritmatika
3. Kegiatan
Penutup
• Guru bersama siswa menyimpulkan materi
yang sudah dipelajari hari ini
• Guru memberikan tugas yang harus dikumpulkan
hari ini
• Guru meminta siswa untuk mempelajari materi
yang akan di pelajari pada pertemuan selanjutnya yaitu mengenai Barisan dan Deret
Geometri
H. Sumber Belajar
• LKS Matematika SMK Kelompok Teknologi
untuk kelas XI semester 1 penerbit Suara Media Sejahtera
I.
Penilaian Hasil Belajar
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen / Soal
|
Tertulis
|
Uraian
|
1.
Carilah rumus suku ke_n
dari :
a) 3,
5, 7, 9, ….
b) 20,
17, 14, ….
2.
Hitunglah jumlah deret aritmatika
8 + 12 + 16 + 20 + …. + 80
3.
Diketahui deret aritmatika
![]() |
Pedoman Skor
Bentuk Instrumen
|
Jawaban
|
Pedoman Skor
|
Uraian
|
1.
a) Berdasarkan barisan 3, 5, 7, 9, ….,
maka
diperoleh :
ɑ
= 3
b
=
![]()
Sukuke_n
adalah,
![]() ![]() ![]() ![]()
b) Barisan
20, 17, 14, …. Suku pertama
![]()
beda
![]() ![]() ![]() ![]() ![]()
2.
![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]()
3. Beda,
![]() ![]() ![]()
Jadi,
![]() ![]() ![]() ![]() ![]() |
15
20
30
45
|
Bangkalan,
23 November 2016
Mengetahui,
Kepala
SMKN 1 Bangkalan Guru Mata Pelajaran
............................... Ridho Nur Arifin, M.Pd
Materi
Barisandan
Deret Aritmatika
1. Barisan
Aritmatika
Suatu
barisan dengan selisih atau beda antara dua suku yang berurutan selalu tetap
Dinamakan
barisan aritmatika. Bentuk umum barisan aritmatika:
![]() |
Keterangan:





Rumus suku ke_n barisan aritmatika:

2. Deret
Aritmatika
Jumlah
suku-suku pada barisan aritmatika dinamakan deret aritmatika:



As claimed by Stanford Medical, It is in fact the SINGLE reason this country's women get to live 10 years more and weigh an average of 19 KG less than we do.
BalasHapus(And realistically, it has absolutely NOTHING to do with genetics or some secret exercise and really, EVERYTHING to do with "HOW" they eat.)
BTW, I said "HOW", and not "what"...
TAP this link to reveal if this brief test can help you find out your true weight loss possibility
Your Affiliate Money Printing Machine is waiting -
BalasHapusAnd getting it set up is as simple as 1..2..3!
Here is how it works...
STEP 1. Choose affiliate products you want to push
STEP 2. Add PUSH BUTTON traffic (it ONLY takes 2 minutes)
STEP 3. Watch the system explode your list and up-sell your affiliate products all on it's own!
So, do you want to start making profits???
The solution is right here