RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMP Negeri2 Bangkalan
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : VII / 1 (
Ganjil )
Alokasi Waktu : 3 x 40 Menit
A.
StandarKompetensi
2. Mamahamibentukaljabar, persamaandanpertidaksamaanlinear satuvariabel.
B.
KompetensiDasar
2.3 MenyelesaikanPersamaan Linear SatuVariabel.
C.
Indikator
1.
MemberikancontohPersamaan
Linear SatuVariabel.
2.
MenyelesaikanpermasalahanPersamaan
Linear SatuVariabel.
D.
TujuanPembelajaran
1.
SiswadapatmemberikancontohtentangPersamaan
Linear SatuVariabel.
2.
SiswadapatmenyelesaikanpermasalahPersamaan
Linear SatuVariabelyang diberikan.
E.
MateriPembelajaran
·
Persamaan
Linear SatuVariabel (terlampir)
F.
Model / Metode / StrategiPembelajaran
Strategi pembelajaran yang digunakan
adalah StrategiPembelajaranEkspositori
(SPE)
G.
Langkah – langkahkegiatan
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Gurumelakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai
pembelajaran.
Gurumemeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin.
Guru mengingatkan kembali materi
terkait dengan persamaan linear satu variabel yang telah diajarkanyaitu
tentang kalimat terbuka dan penyelesaian kalimat terbuka, prinsip dalam menyelesaikan
kalimat terbuka juga akan digunakan dalam menyelesaikan persamaan linear satu
variabel.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
yang akan dicapai yaitu memberikan contoh persamaan linear satu variabel
serta menyelesaikanpersamaanlinear satuvariabel.
Guru memberikan motivasi terkait dengan
materi yang diajarkan tentang persamaan linear satu variabelyaitu jika siswa memperhatikan dan mendengarkan
penjelasan guru pada pelajaran persamaan linear satu variabel ini maka siswa
dapat mengerjakan soal ujian sehingga siswa mendapatkan nilai yang bagus..
|
15 menit
|
Inti
|
Guru menjelaskan materi
persamaan linear satu variabel yaitu pengertian persamaan linear satu
variabel dan cara menyelesaikan persamaan linear satu variabel dengan jelas
dan terperinci.
Guru memberi kesempatan
kepada siswa untuk bertanya tentang materi yang telah disampaikan.
Guru memberikan latian
soal yang harus dikerjakan siswa.
Guru bersama siswa
membahas soal yang telah dikerjakan siswa tersebut.
|
90 menit
|
Penutup
|
Guru
bersama siswa menyimpulkan tentang materi yang diajarkan yaitu pengertian persamaan linier satu variable
dan cara menyelesaikan persamaan linear satu variabel.
Guru
memberikan tugas (PR) beberapa soal mengenai caramenyelesaikanpersamaan linier satuvariabel.
Guru
mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan untuk tetap belajar dan
berdoa, serta meminta siswa untuk mempelajari materi yang akan dipelajariyaitu
materi pertidaksamaan linear satu variabel.
|
15 menit
|
H.
Media / SumberBelajar
1.
SumberBelajar
·
M. Cholik
Adinawan, S. (2007). Matematika untuk SMP Kelas VII. Jakarta: Penerbit
Erlangga.
·
Sudirman. (207). Cerdas Aktif Matematika Pelajaran
Matematika untuk SMP. Jakarta: Ganeca.
·
Sukino. (2006). Matematika untuk SMP Kelas VII.
Jakarta: Erlangga.
I. Penilaian
1. Benuk instrumen : Tes tulis
2.
Instrumen
1. Perhatikan
kalimat-kalimat terbuka berikut ini!
a. X
+ 8 = 15
b. 3x
– 7 < 20
c. 5x
+ 5 = 10
d. 5x
+ 6y = 11
e. 2x
– 2 = 8
Tentukan manakah yang
termasuk persamaan linier satu variabel!
2. Dengan
mengambil x variabel pada bilangan asli, tentukam penyelesaian persamaan 2x – 4
= 8!
3. Tentukan
nilai x jika diketahui persamaan linier sebagai berikut!
a. X
+ 9 = 17
b. 3x
+ 10 = 25
c. 5x
– 3 = 47
d.
4. Tentukan
penyelesaian atau akar persamaan x-5 = 7, jika x adalah variabel pada bilangan
cacah!
5. Tentukan
penyelesaian dari persamaan
3.
Pedoman
Penskoran
No
|
Soal
|
Jawaban
|
Skor
|
1
|
Perhatikan
kalimat-kalimat terbuka berikut ini!
a.
X + 8 = 15
b.
3x – 7 < 20
c.
5x + 5 = 10
d.
5x + 6y = 11
e.
2x – 2 = 8
Tentukan manakah yang termasuk persamaan linier satu
variabel!
|
a.
Persamaan linier satu variabel
b.
Bukan persamaan linier satu variabel
c.
Persamaan linier satu variabel
d.
Bukan persamaan linier satu variabel
e.
Persamaan linier satu variabel
|
3
3
3
3
3
|
2
|
Dengan
mengambil x variabel pada bilangan asli, tentukam penyelesaian persamaan
2x
– 4 = 8!
|
Untuk
x = 1, maka 2 x 1 - 4 = 8 (kalimat salah)
Untuk
x = 2, maka 2 x 2 – 4 = 8 (kalimat salah)
Untuk
x = 3, maka 2 x 3 – 4 = 8 (kalimat salah)
Untuk
x = 4, maka 2 x 4 – 4 = 8 (kalimat salah)
Untuk
x = 5, maka 2 x 5 – 4 = 8 (kalimat salah)
Untuk
x = 6, maka 2 x 6 – 4 = 8 (kalimat benar)
Jadi,
penyelesaiannya adalah x = 6
|
2
2
2
2
2
2
3
|
3
|
Tentukan nilai x jika diketahui persamaan linier
sebagai berikut!
a.
X + 9 = 17
b.
3x + 10 = 25
c.
5x – 3 = 47
d.
|
a.
X + 9 = 17
X + 9- 9 = 17 – 9
X = 8
Penyelesaiannya
X = 8
b.
3x + 10 = 25
3x + 10 – 10 = 25 - 10
3x = 15
X = 5
Penyelesaiannya
X = 5
c.
5x – 3 = 47
5x – 3 + 3 = 47 + 3
5x = 50
X
= 10
Penyelesaiannya
X = 10
d.
x = 10
Penyelesaiannya
x = 10
|
1
3
2
1
1
3
2
3
2
1
1
3
2
3
2
2
1
3
2
3
2
1
|
4
|
Tentukan penyelesaian atau akar persamaan x-5 = 7,
jika x adalah variabel pada bilangan cacah!
|
X – 5 = 7
X
– 5 + 5 = 7 + 5
X
= 12
Penyelesaiannya
adalah x = 12
|
1
3
1
1
|
5
|
Tentukan penyelesaian dari persamaan
|
5 x x 5
2 ( 3x – 2 ) = 30
6x – 4 = 30
6x – 4 + 4 = 30 + 4
6x = 34
=
X = 5
X = 5
Penyelesaiannya
adalah
X
= 5
|
1
3
2
2
2
2
3
2
2
1
|
|
JUMLAH
SKOR
|
|
100
|
Bangkalan,
15 November 2016
Mengetahui,
|
|
Kepala
SMP Negeri 2 Bangkalan
(...............................)
NIP. ...........................
|
Guru
Mata Pelajaran
(Ridho Nur Aririn, M.Pd)
|
Lampiran
Persamaan Linear
SatuVariabel
A. Pengertian Persamaan Linear Satu
Variabel
Perhatikan
kalimat-kalimat terbuka berikut ini!
a.
x +
8 = 15 b. 3n- 7 = 20 c.
Kalimat- kalimat terbuka
di atas menggunakan tanda hubung “=” (sama dengan), kalimat seperti itu disebut
persamaan.
Masing-masing persamaan
di atas hanya memiliki satu variabel, yaitu x, n, atau o, maka persamaan yang
demikian disebut persamaan dengan satu
variabel (peubah).
Tiap variabel pada
persamaan di atas berpangkat 1. Dalam aljabar, pangkat 1 boleh tidak ditulis.
Persamaan demikian disebut persamaan
linear.
Jadi, kalimat seperti x +
8 = 15, 3n- 7 = 20, dan disebut persamaan
linear dengan satu variabel.
Dari uraian diatas
dapat disimpulkan bahwa :
B.
Menyelesaikan Persamaan Linear Satu Variabel
1.
MenyelesaikanPersamaanDenganCaraSubstitusi
Menyelesaikanpersamaandengancarasubstitusiartinyamenyelesaikanpersamaandengancaramenggantivariabledenganbilangan-bilangan
yang telahditentukan, sehinggapersamaantersebutmenjadikalimatbenar.
Contoh :
Tentukanpenyelesaiandaripersamaan2x-1=5 , xadalahvariabelpadabilanganasli.
Jawab :
Untuk x=1 ,maka 2x1-1=5 (merupakankalimatsalah)
Untuk x=2 ,maka 2x2-1=5 (merupakankalimatsalah)
Untuk x=3 ,maka 2x3-1=5 (merupakankalmiatbenar)
Untuk x=4 ,maka 2x4-1=5 (merupakankalimatsalah)
Jadipenyelesaiannyaadalah x=3
2.
MenyelesaikanPersamaanDenganMenambahAtauMengurangiKeduaRuasPersamaanDenganBilanganYang
Sama
Perhatika kesamaan-kesamaan berikut ini!
1.
3
+ 4 = 7 (kalimat
benar)
3 + 4 + 10 = 7 + 10 (kedua ruas ditambah 10)
17 = 17 (kalimat
benar)
2.
5
+ 6 = 11 (kalimat
benar)
5 + 6 – 3 = 11 – 3 (kedua ruas dikurangi 3)
8 = 8 (kalimat benar)
Ternyata kesamaan tetap
bernilai benar jika kedua ruas ditambah atau dikurangi dengan bilangan yang sama.
Selanjutnya perhatikan
persamaan-persamaan berikut ini.
1.
x + 6 = 10
i.
x + 6 = 10, x diganti dengan 4 menjadi 4 +
6 = 10 ( kaliat benar)
Penyelesaiannya adalah x = 4
ii.
x + 6 = 10
x + 6 – 6 = 10 – 6 (kedua ruas dikurangi 6)
x = 4
Penyelesaiannya
adalah x = 4
Berdasarkan uraian di atas, dapat
disimpulkan hal berikut ini:
3.MenyelesaikanPersamaanDenganMengalikanAtauMembagiKeduaRuasPersamaanDenganBilangan
Yang Sama
Untukmenentukanpengaliataupembagi yang
harusdiperhaikanadalahkoefisiendarivariablesehinggakoefisiennyamenjadi 1.
Perhatikan kesamaan-kesamaan berikut!
1.
3
x 7 = 21 (kalimat benar)
3 x 7 x 2 = 21 x 2 (kedua ruas dikalikan 2)
42 = 42 (kalimat benar)
2.
5
x 6 = 30 (kalimat
benar)
5 x 6 : 3 = 30 : 3 (kedua ruas dibagi 3)
10 = 10 (kalimat
benar)
Ternyata
kesamaan tetap bernilai benar jika kedua ruas dikaliakn atau dibagi dengan
bilangan yang sama.
Contoh : atau
3x=18 3x=18
x =6 x = 6
Penyelesaiannya adalah x = 6 Penyelesaiannya adalah x = 6
4.
Menyelesaikan Permasalahan Bentuk Pecahan
Persamaan bentuk
pecahan adalah persamaan yang variabelnya memuat pecahan, atau bilangan
konstanta berbentuk pecahan atau keduanya memuat pecahan.
Untuk
menyelesaikan persamaan bentuk pecahan dengan cara yang lebih mudah, terlebih
dahulu ubahlah persamaan tersebut menjadi persamaan yang ekuivalen tetapi tidak
lagi memuat pecahan. Hal ini dapat dilakukan dengan cara mengalikan kedua ruas
persamaan dengan Kelipatan Pesekutuan Terkecil (KPK) dari penyebut-penyebutnya.
Selain
itu, persamaan bentuk pecahan dapat juga diselesaikan tanpa mengubah bentuk
persamaan.
Contoh :
Tentukan penyelesaian dari persamaan 2x -
Jawab :
2x
-
12
(2x - ) = 12 () (kedua ruas dikalikan 12, yaitu kpk dari
4,3, 6)
24x
– 9 = 16 x + 10
24x
– 9 + 9 = 16x + 10 + 9 (kedua ruas
ditambah 9 )
24x = 16x + 19
24x – 16x = 16x – 16x +
19 (kedua ruas dikurangi 16x)
8x
= 19
(kedua ruas dibagi 8)
x
= 2
Penyelesaiannya
adalah x = 2
Do you realize there is a 12 word phrase you can say to your man... that will trigger intense emotions of love and instinctual appeal for you deep within his heart?
BalasHapusBecause deep inside these 12 words is a "secret signal" that triggers a man's instinct to love, admire and protect you with all his heart...
12 Words Will Fuel A Man's Desire Response
This instinct is so built-in to a man's genetics that it will make him try better than before to take care of you.
As a matter of fact, triggering this all-powerful instinct is so essential to getting the best possible relationship with your man that as soon as you send your man a "Secret Signal"...
...You'll instantly notice him expose his mind and soul to you in a way he's never expressed before and he'll distinguish you as the one and only woman in the universe who has ever truly tempted him.