RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP
Negeri 1 Bangkalan
Mata Pelajaran : Metematika
Kelas/Semester :
VII (Tujuh)/ I (Satu)
Materi Pokok : Bilangan Bulat
Alokasi
Waktu : 2 x 60 menit (120
menit)
A.
Kompetensi Inti
KI-1
|
: :
|
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya
|
KI-2
|
:
|
Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotongroyong), santun, percaya
diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam
dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
KI-3
|
:
|
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual,
dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
|
KI-4
|
:
|
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan
ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam
sudut pandang/teori
|
B. Kompetensi
Dasar
1.1 Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.2Menunjukkan perilaku ingin tahu dalam melakukan
aktivitas di rumah, sekolah, dan masyarakat sebagai wujud implementasi
penyelidikan operasi bilangan bulat.
3.1 Membandingkan dan
mengurutkan berbagai jenis bilangan serta menerapkan operasihitung bilangan
bulat dan bilangan pecahan dengan memanfaatkan berbagai sifat operasi.
4.4 Menggunakan konsep
perbandingan untuk menyelesaikan masalah nyata dengan menggunakan tabel dan
grafik.
C.
Indikator
1.1.1 Membaca doa dengan khusyu’ di awal
dan akhir pembelajaran.
2.2.1 Memberikan pertanyaaan
dan tugas yang memancing rasa ingin tahu siswa dalam menyatakan operasi
bilangan bulat.
3.1.1 Menjelaskan pengertian
bilangan bulat dan urutannya.
3.1.2 Menentukan operasi hitung bilangan bulat dan sifat
operasi bilangan bulat.
4.4.1 Menyelesaikan permasalahan operasi hitung bilangan
bulat dalam kehidupan nyata.
D. Tujuan
Pembelajaran
Setelah mengikuti proses
pembelajaran melalui pengamatan, bertanya, mengumpulkan informasi/eksplorasi,
bernalar, diskusi, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan peserta didik dapat:
1. Menjelaskan pengertian bilangan bulat dan urutannya
2. Menyelesaikan operasi hitung bilangan bulat
3. Menentukan sifat operasi bilangan bulat.
4.
Memancing rasa ingin
tahu siswa terhadap operasi bilangan bulat beserta sifat-sifatnya.
5.
Menunjukkan
sikap percaya diri dalam menyampaikan pendapat atau jawaban dalam setiap
individu dan kelompok.
E. Materi
Pembelajaran
1.Pengertian Bilangan Bulat (Terlampir)
2. Operasi Bilangan Bulat (Terlampir)
3. Sifat-Sifat
Operasi Bilangan Bulat
(Terlampir)
F. Model/Metode
Pembelajaran
1. Pendekatan :
Pendekatan
Saintifik
2. Model Pembelajaran :
Pembelajaran Berdasarkan Masalah
3. Metode : Diskusi kelompok dan Tanya Jawab
3. Metode : Diskusi kelompok dan Tanya Jawab
G. Media
Pembelajaran
1. Alat/Bahan : Spidol. penggaris, dan pulpen
2. Media : LCD
3. Sumber Belajar :
a.
Buku Peserta
didikKementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, 2016 (edisi revisi)
b.
Internet
H.
Penilaian
Penilaian
dilakukan selamakegiatan pembelajaran yaitu Penilaian sikap, ketrampilan dan
pengetahuan. Instrumen penilaian Sikap dan Pengetahuan terlampir
1.
Teknik Penilaian : Pengamatan dan tes
tertulis
Penilaian Sikap:
observasi dan penilaian rekan sebaya
Penilaian
Pengetahuan: tes tertulis
Penilaian
Keterampilan: unjuk kerja
2.
Prosedur Penilaian
No.
|
Aspek
yang dinilai
|
Teknik
Penilaian
|
Waktu
Penilaian
|
1
|
Sikap
a.
Terlibat aktif dalam pembelajaran
bilangan bulat
b.
Sikap rasa ingin tau siswa dalam
menjawab pertanyaan guru.
|
Pengamatan
|
Selama Pembelajaran dan saat diskusi
|
2
|
Pengetahuan
·
Pengertian Bilangan bulat dan
urutannya
·
Operasi hitung bilangan bulat
|
Pengamatan dan tes
|
Penyelesaian tugas individu dan kelompok
|
3
|
Ketrampilan
a.
Terampil menerapkan konsep/prinsip
dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan bilangan
bulat
|
Pengamatan
|
Penyelesaian tugas individu, kelompok dan saat diskusi
|
Mengetahui
Kepala
Sekolah
........................................
NIP.
.................................
|
|
Bangkalan,
14 Desember 2016
Guru
Mata Pelajaran
Ridho
Nur Arifin, M.Pd
NPM.
...........................
|
Pedoman Observasi Sikap Spiritual
Petunjuk
:
Lembaran
ini diisi oleh guru untuk menilai sikap spiritual peserta didik. Berilah tanda
cek (v) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta
didik, dengan kriteria sebagai berikut :
4
= selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3
= sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak
melakukan
2
= kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1 = tidak pernah,
apabila tidak pernah melakukan
Nama
Peserta Didik : ………………….
Kelas :
………………….
Tanggal Pengamatan : …………………..
Materi Pokok : …………………..
No
|
Aspek
Pengamatan
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu
|
|
|
|
|
2
|
Mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan
|
|
|
|
|
3
|
Memberisalamsebelumdansesudahmenyampaikanpendapat/presentasi
|
|
|
|
|
4
|
Mengungkapakan kekaguman secara lisan maupun tulisan
terhadap Tuhan saat melihat kebesaran Tuhan
|
|
|
|
|
5
|
Merasakan keberadaan dan kebesaran Tuhan saat
mempelajari ilmu pengetahuan
|
|
|
|
|
Jumlah
Skor
|
|
|
|
|
Petunjuk Penskoran :
Skor akhir menggunakan
skala 1 sampai 4
Perhitungan skor akhir
menggunakan rumus :
Contoh :
Skor diperoleh 14, skor maksimal 4 x 5 pernyataan = 20,
maka skor akhir :
SesuaiPermendikbud No 81A Tahun 2013 peserta
didik memperoleh nilai adalah
:
Sangat
Baik : apabila memperoleh skor :3,33 < skor ≤ 4,00
Baik : apabila memperoleh skor : 2,33 < skor ≤ 3,33
Cukup : apabila memperoleh skor :1,33 < skor≤ 2,33
Kurang : apabila memperoleh skor:skor ≤ 1,33
Pedoman
Observasi Sikap Rasa Ingin Tahu
Petunjuk
:
Lembaran ini diisi oleh
guru untuk menilai sikap sosial peserta didik dalam sikap rasa ingin tahu.
Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap rasa ingin tahu yang
ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
4
= selalu, apabila selalu merespon, dan aktif dalam menjawab maupun menanggapi
pertanyaan dan pernyataan dari guru.
3
= sering, apabila sering memberi tanggapan atas pernyatan dari guru dan sering
bertanya kepada guru.
2
= kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan pertanyaan dan kadang-kadang
melakukan pertanyaan.
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
pertanyaan maupun menanggapi pernyataan guru
Nama Peserta Didik : ………………….
Kelas :
………………….
Tanggal Pengamatan : …………………..
Materi Pokok : …………………..
No
|
Aspek
Pengamatan
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Ketika Guru menjelaskan pengertian bilangan bulat,
penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat.
|
|
|
|
|
2
|
Ketika guru mendemostrasikan dalam penjumlahan dan
pengurangan menggunakan garis bilangan.
|
|
|
|
|
3
|
Ketika setiap kelompok mengemukakan
pendapat hasil diskusi.
|
|
|
|
|
4
|
Ketika Guru menyimpulkan materi pembelajaran
bilangan bulat.
|
|
|
|
|
Jumlah
Skor
|
|
|
|
|
Petunjuk
Penskoran :
Lihat petunjuk penskoran
pada pedoman observasi sikap spiritual
SOAL:
1.
Gunakanlah
sifat-sifat yang berlaku dalam penjumlahan bilangan bulat dan tentukan hasilnya
dari:
a.
50
+ (-75)
b.
20
+ (-15) + 37
c.
-27
+ (-38) + 40
2.
Gunakanlah
sifat-sifat yang berlaku dalam operasi hitung pengurangan bilangan bulat berikut
ini:
a.
15
– (-25)
b.
-37
– (-52)
c.
-24
– (-53) -25
3.
Gunakanlah
sifat-sifat operasi hitung perkalian bilangan bulat yang berlaku untuk berikut
ini:
a.
-15
x 25
b.
-35
x (-42)
c.
-23
x (-12) x (-21)
4.
Jika
p = 9, q = -4, dan r = 5, maka tentukanlah hasil berikut ini:
a.
(p
+ q) : r
b.
(10
x q) : r
c.
(8
x r) : q
Tidak ada komentar:
Posting Komentar