RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMA NEGERI 4 BANGKALAN
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester :
X / Ganjil
Materi Pokok :
Operasi Pada
Bentuk Akar
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit (1 kali pertemuan)
A. Kompetensi Inti
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2. Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli,
santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan
proaktif) dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial
dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia
3. Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural
dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan
kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4. Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah
secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B.
Kompetensi Dasar
1.1 Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.11 Bersikap jujur, kritis dan
bertanggung-jawab dalam mengomunikasikan hasil analisis
Data dan memberikan informasi
yang benar berdasarkan ukuran pemusatan, letak dan
Penyebaran data
3.1 Memilih dan menerapkan
aturan eksponen dan logaritma sesuai dengan
Karakteristik permasalahan
yang akan diselesaikan dan memeriksa kebenaran
Langkah-langkahnya.
4.1
Menyajikan masalah nyata menggunakan operasi
aljabar berupa eksponen dan logaritma
Serta menyelesaikannya menggunakan
sifat-sifat dan aturan yang telah terbukti kebenarannya
C. Indikator
KD 1.1.1
|
membaca doa menurut keyakinan
masing-masing siswa sebelum dan sesudah pelajaran
|
KD 2.11.1
2.11.2
|
tidak mencontoh hasil pekerjaan kelompok lain
bertanya dan mempertahankan pendapatnya secara aktif.
|
KD 3.1.1
3.1.2
|
Memilih aturan eksponen dan logaritma sesuai dengan Karakteristik permasalahan
yang akan diselesaikan dan memeriksa kebenaran Langkah-langkahnya.
Menerapkan aturan eksponen dan
logaritma sesuai dengan Karakteristik
permasalahan yang akan diselesaikan dan memeriksa kebenaran Langkah-langkahnya.
|
KD 4.1.1
|
Menyatakan suatu fenomena atau fakta dalam bentuk konsep
eksponen
|
D. Tujuan
Pembelajaran
Melalui proses pengamatan,
bertanya, mengumpulkan informasi, bernalar, diskusi, serta mengasosiasi peserta
didik dapat:
1. Mengetahui notasi
bentuk akar
2. Menyelesaikan penjumlahan dan
pengurangan bentuk akar
3. Menunjukkan
sikap jujur dalam mengerjakan tugas mandiri yang diberikan guru
4. Menunjukkan
sikap kritis dalam menanggapi hasil diskusi kelompok lain
5. Menunjukkan
sikap tanggung jawab dalam menyampaikan pendapat dan presentasi hasil diskusi
kelompok
Keterangan:
· tujuan no.1 dan 2 dicapai melalui
proses pembelajaran langsung
· tujuan no.3 sampai 5 dicapai mealui proses pembelajaran
tidak langsung.
E.
Materi pembelajaran
Konsep
Operasi
pada bentuk akar
Prosedur
Penjumlahan dan pengurangan bentuk akar
E.
Metode Pembelajaran
1.
Pendekatan : Saintifik
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning
3. Metode : Diskusi kelompok,tanya jawab, dan penugasan
F.
Alat/Media/Sumber Belajar
1. Alat/Bahan : Spidol. penggaris, dan
pulpen
2. Media :
LCD
3. Sumber Belajar :
a.
Buku
Peserta didik Hal. 20-26,
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014
b.
Buku
Guru Hal.25-26, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014
c.
Internet
G.
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi waktu
|
|||||
Pendahuluan
|
1. Guru meminta peserta didik untuk berdoa sebelum
memulai pelajaran dan peserta didik mengikuti.
2. Guru memberikan rangsangan berupa pertanyaan
kepada peserta didik tentang hubungan bentuk akar dengan bilangan berpangkat sebagai apersepsi dan peserta didik memberikan respon.
3. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang harus dicapai siswa
4. Guru membagi peserta didik ke dalam kelompok
kecil yang tediri dari 4-5 orang.
|
15 menit
|
|||||
Kegiatan Inti
|
60
Menit
|
||||||
Mengamati
Menanya
Mencoba
Menalar
Mengkomunikasi
|
Fase 1
Stimulation (stimulasi/pemberian
rangsangan)
1. Peserta didik mengamati permasalahan
yang disajikan oleh guru dan menuliskan
apa yang diketahui serta ditanyakan:
Tentukan hasil penjumlahan berikut dalam
bentuk yang sederhana!
3 +
4 =
2. Peserta didik diminta untuk
mengamati apakah akarnya sama atau berbeda
3. Peserta didik diminta untuk
menjumlahkan angka di depan akar masing-masing jika kedua akarnya sama
4.
Peserta didik diminta untuk menyederhanakan hasil penjumlahan yang
tadi dilakukan dalam bentuk yang paling sederhana
5.
Peserta didik diminta memahami hasil
penjumlahan bentuk akar
6. Peserta didik diminta mencari contoh permasalahan lain
yang juga menggunakan penjumlahan
bentuk akar
|
||||||
Fase II
Problem statemen
(pertanyaan/ identifikasi masalah)
1. Guru memfasilitasi peserta didik untuk menanyakan hal-hal
yang belum dipahami terkait dengan tugas
yang diberikan.
2. Guru mengarahkan dan memancing peserta
didik dengan cara mengajukan
pertanyaan
yang terkait dengan penjumlahan
bentuk akar:
1.
Bagaimana cara menjumlahkan dan mengurangi bentuk akar apabila akarnya
tidak sama?
|
|||||||
Fase III
Data collection
(pengumpulan data)
2.
Peserta didik mendiskusikan jawaban pertanyaan pancingan yang
diberikan oleh guru tentang penjumlahan dan pengurangan bentuk akar secara berkelompok
|
|||||||
Fase IV
Data processing (pengolahan data)
1. Guru memfasilitasi peserta
didik untuk mengarahkan peserta
didik kepada kesimpulan bahwa:
Operasi penjumlahan bentuk akar dapat
dilakukan apabila bentuk akarnya sama
2. Guru memfasilitasi peserta
didik untuk menyimpulkan bahwa
Operasi Penjulahan dan pengurangan
bentuk akar dapat dilakukan apabila kedua akarnya sama
3.
Peserta didik secara berkelompok menuliskan kesimpulan dari hasil diskusi
|
|||||||
Fase V
Verification
(pembuktian)
1. Guru meminta perwakilan setiap kelompok untuk menyajikan/mempresentasikan hasil diskusi masing-masing kelompok.
2. Kelompok lain menanggapi dan memberi
saran terhadap apa yang disampaikan oleh kelompok
yang presentasi
|
|||||||
Fase VI
Generalization
(menarik kesimpulan/generalisasi)
1.
Guru memfasilitasi peserta didik untuk mengarahkan kesimpulan bahwa
|
|
||||||
Penutup
|
1. Peserta didik merefleksi penguasaan materi yang
telah dipelajari dengan membuat catatan penguasaan materi.
2. Peserta didik saling memberikan umpan balik hasil
evaluasi pembelajaran yang telah dicapai.
3. Guru memberikan tes tulis (sesuai dengan instrumen pengetahuan yang ada dihalaman
berikutnya)
4. Guru meminta peserta didik untuk mempelajari materi pada pertemuan
berikutnya yaitu tentang mengali dan membagi bilangan bulat (lihat buku siswa
hal.28)
|
15 menit
|
H. Penilaian Hasil Belajar
a.
Teknik
dan Instrumen Penilaian:
Penilaian
Sikap: observasi dan penilaian rekan sebaya
Penilaian
Pengetahuan: tes tertulis
Penilaian
Keterampilan: unjuk kerja
b.
Prosedur
Penilaian:
No
|
Aspek
yang dinilai
|
Teknik
Penilaian
|
Waktu
Penilaian
|
1.
|
Sikap
1. Jujur dalam mengerjakan tugas mandiri yang diberikan
2. Memberikan kritikan atau tanggapan kepada kelompok
lain pada saat kelompok lain mempresentasikan hasil diskusinya
3. Mempertanggung jawabkan hasil diskusi kelompok yang
telah dilakukan
|
Pengamatan
Pengamatan
dan penilaian teman sebaya
pengamatan
|
Selama proses
pengerjaan tugas mandiri
Selama proses
presentasi hasil diskusi
Selama proses
pembelajaran dan diskusi
|
2.
|
Pengetahuan
4. Menyelesaikan
penjumlahan bentuk akar
5. Meyelesaikan
pengurangan bentuk akar
|
Tes tulis
Tes tulis
|
Diakhir penyampaian materi
Diakhir penyampaian materi
|
3.
|
Keterampilan
Menyatakan
suatu fenomena atau fakta dalam bentuk akar
|
Penilaian Untuk kerja
|
Saat proses pembelajaran
Setelah
laporan selesai (dengan batas waktu yang ditentukan ± 1 minggu).
|
c. Instrumen dan
Pedoman Penilaian
1. Penilaian
Religius
Indikator penilaian religius:
Kurang
Baik, jika setiap akan memulai dan mengakhiri proses pembelajaran tidak berdoa.
Cukup
Baik, jika memulai proses pembelajaran dengan berdoa tetapi saat mengakhiri
tidak berdoa atau sebaliknya
Baik,
jika memulai dan mengakhiri proses pembelajaran dengan berdoa tetapi tidak
setiap saat
Sangat
Baik, jika selalu setiap memulai dan mengakhiri proses pembelajaran dengan
berdoa
Berilah
tanda centang () pada kolom sesuai
dengan indikator di atas
NO.
|
Nama
Siswa
|
KB
|
CB
|
B
|
SB
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
KB
= Kurang Baik B = Baik
CB
= Cukup Baik SB = Sangat
Baik
2. Penilaian
Pengetahuan
Indikator
|
Instrumen
|
||||
Menjelaskan penjumlahan dan pengurangan bentuk akar
|
1. Tentukan nilai penjumlahan dan pengurangan berikut
ini:
(SKOR 100)
|
3.
Penilaian Keterampilan
Indikator
|
Instrumen
|
Menyatakan suatu bilangan
bulat dalam kehidupan nyata
|
Jika adik mempunyai 5 ekor
kucing dan 8 ekor anjing, berapakah jumlah totalnya ?, nyatakan dalam bentuk
akar
(sekor 100)
|
4.
Penilaian sikap
Rubrik:
Indikator sikap
jujur ketikamenyelesaikan tugas mandiri
1.
Kurang
baik,jika
kurang jujur dalam mengerjakan
tugas mandiri
2.
Cukup baik, jika sebagian kecil tugas mandiri dikerjakan secara jujur
3.
Baik,
jika sebagian besar tugas mandiri
dikerjakan secara jujur
4.
Sangat
baik,
jika seluruh tugas mandiri
dikerjakan secara juju
Indikator sikap kritis dalam menanggapi hasil diskusi
1.
Kurang
baik, jika kurang kritis dalam
menanggapi hasil diskusi kelompok
2.
Cukup
baik, jika sebagian kecil kritis
dalam menanggapi hasil diskusi kelompok
3.
Baik,
jika sebagian besar kritis dalam
menanggapi hasil diskusi kelompok
4.
Sangat
baik, jika menanggapi hasil diskusi
kelompok secara kritis
Indikator sikap bertanggung jawab dalam menyampaikan pendapat dan presentasi
hasil diskusi kelompok
1.
Kurang
baik, jika sama sekali tidak bertanggung jawab dalam menyampakan pendapat
dan presentasi hasil diskusi kelompok
2.
Cukup
baik, jika menunjukkan adanya sedikit
tanggung jawab dalam menyampakan pendapat dan presentasi hasil diskusi kelompok
3.
Baik,
jika menunjukkan sudah ada usaha
tanggung jawab dalam menyampakan pendapat dan presentasi hasil diskusi kelompok
4.
Sangat
baik, jika sangat bertanggung jawab
dalam menyampakan pendapat dan presentasi hasil diskusi kelompok
Isilah
kolom berikut dengan KB, CB, B, dan SB sesuai pedoman indicator diatas.
NO
|
Nama
|
sikap
|
||
jujur
|
kritis
|
Tanggung jawab
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
KB
= Kurang Baik B = Baik
CB
= Cukup Baik SB = Sangat
Baik
Bangkalan, 26 Desember 2016
Mengetahui
Kepala SMA Negeri 4 Bangkalan
...............................................
NIP. ......................................
|
Guru Mata Pelajaran
Ridho Nur Arifin, M.Pd
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar