RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMPN 1 Bangkalan
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : IX/1
MateriPokok : Bilangan Berpangkat dan bentuk akar
AlokasiWaktu : 3 X 40 Menit
A. KompetensiInti (KI)
1. Menghargaidanmenghayatiajaran
agama yang dianutnya
2. Menghargaidanmenghayatiperilakujujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotongroyong), santun, percayadiri,
dalamberinteraksisecaraefektifdenganlingkungansosialdanalamdalamjangkauanpergaulandankeberadaannya
3. Menghargaidanmenghayatiperilakujujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotongroyong), santun, percayadiri,
dalamberinteraksisecaraefektifdenganlingkungansosialdanalamdalamjangkauanpergaulandankeberadaannya
4. Mencoba, mengolah, danmenyajidalamranahkonkret (menggunakan, mengurai,
merangkai, memodifikasi, danmembuat) danranahabstrak (menulis, membaca,
menghitung, menggambar, danmengarang) sesuaidengan yang dipelajari di
sekolahdansumber lain yang samadalamsudutpandang/teori
B.
KompetensiDasar (KD)
1.1
Menghargaidanmenghayatiajaran agama yang dianutnya.
2.3 Menunjukkanperilakujujurdanbertanggungjawabsebagaiwujudimplementasikejujurandalammelaporkan
data pengamatan.
3.2
Memahamisifat-sifatbilanganberpangkatdanbentukakardalamsuatupermasalahan.
4.1Menyelesaikanpermasalahannyata yang
berkaitandenganfungsikuadrat
C.Indikator
1. Membacado’asesuia
agama masing-masing.
2.
menunjukkansikaptanggungjawabdanjujurdalamkelompokbelajar.
3. menunjukkansifatkritisdalammenemukansifat-sifatbilanganberpangkatdanbentukakardalamsuatupermasalahan.
4.
memecahkanmasalahnyata yang berkaitandenganfungsikuadrat.
D.Materi Pembelajaran
Bilangan berpangkat dan bentuk akar
E.Metode
Pembelajaran
(problem-based
learning).
Media, Alat dan
Sumber Pembelajaran
1. Buku paket Matematika IX
2. Lks matematika kelas IX
3. internet
F.Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
A. Penilaian
- Jenis/teknik Penilaian
No
|
Aspek yang dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
1.
|
Sikap
a.
Terlibat aktif
dalam pembelajaran bilanagn berpangkat dan bentuk akar dalam suatu
permasalahan
b.
Bekerjasama
dalam kegiatan kelompok.
.
|
Pengamatan
|
Selama pembelajaran dan saat diskusi
|
2.
|
Pengetahuan
a.
Menentukan permasalahan yang berhubungan
dengan bilangan berpangkat dan bentuk akar dengan menggunakan Menggunakan konsep-konsepnya
|
Pengamatan dan tes
|
Penyelesaian
tugas individu dan kelompok
|
3.
|
Keterampilan
a.
Terampil
menyajikan model matematika dari suatu masalah nyata yang berkaitan dengan
Bentuk akar dan bilangan berpangkat
b.
Terampilmenyelesaikanmasalahkontekstual
yang berkaitandengansifat-sifat
bilangan berpangkat
|
Pengamatan
|
Penyelesaian
tugas (baik individu maupun kelompok) dan saat diskusi
|
a. .instrumendanpedomanpenilaian
1. PenilaianReligius
IndikatorpenilaianReligius:
KurangBaik
,jikasetiapakanmemulaidanmengakhiri proses pembelajarantidakberdoa.
CukupBaik ,jikamemulai proses
pembelajarandenganberdoatetapisaat mengakhiritidakberdoaatausebaliknya.
Baik ,jikamemulaidanmengakhiri proses
pembelajarandenganberdoatetapitidaksetiapsaat.
SangatBaik
,jikaselalusetiapmemulaidanmengakhiri proses pembelajarandenganberdoa.
Berilahtandacentang
() pada kolom
sesuai dengan indikator di atas
NO.
|
NamaSiswa
|
KB
|
CB
|
B
|
SB
|
Keterangan:
KB
= KurangBaik B = Baik
CB
= CukupBaik SB = SangatBaik
2.penilaian pengetahuan
3. Penilaianketerampilan
Indikator
|
Instrumen
|
Memecahkanmasalahnyata
yang berkaitandenganfungsikuadrat.
|
1. Pak Hendramempunyai 6 Bebek. Masing – masingbebekmempunyai 6
anak. Masing – masinganakbebekmempunyai 6 anakbebek.
BerapakahjumlahbebekpakHendra ?
( Skor 50 )
|
4.PenilaianSikap
Rubrik:
Indikator
sikapjujurketikamenyelesaikantugasmandiri:
1.Kurang
baik, jika sama sekali tidak mencontek dalam mengerjakan tugas
2.Baik, jika sebagianbesartugasmandiridikerjakandengan tidak
mencontek
3.Sangat
baik,jika seluruhtugasmandiridikerjakansecarajujur
Indikatorsikapbertanggungjawabterhadapdirisendirimaupunkelompoknya
:
1.KurangBaik,
jikasamasekalitidakbertanggungterhadapdirinyasendirimaupunkelompoknya.
2.Baik, jikamenunjukkansedikitadanyatanggungjawabterhadapdirinyasendirimaupunkelompoknya.
3.Sangat Baik,
jikamenunjukkanadanyatanggungjawabterhadapdirinyasendirimaupunkelompoknya.
Indikatorsikapkritisdalammelakukantugasbelajarmatematika.
1.Kurangbaik , jikasamasekalitidakkritisdalammengikutipelajarandanmengumpulkantugas.
2.Baik ,
jikamenunjukkansudahadausahauntukbersikapkritisdalammengikutipelajarandanmengumpulkantugas
3.Sangatbaik ,
jikamenunjukkanadanyausahauntukselalukritisdalammengikutipelajarandanmengumpulkantugas.
Bubuhkan tanda √pada kolom-kolom
sesuai hasil pengamatan.
Nno
|
Nama Siswa
|
Sikap
|
||||||||
jujur
|
Bertanggung jawab
|
kritis
|
||||||||
KB
|
B
|
SB
|
KB
|
B
|
SB
|
KB
|
B
|
SB
|
||
1
|
||||||||||
2
|
||||||||||
3
|
||||||||||
4
|
||||||||||
5
|
Keterangan:
KB : Kurang baik
B : Baik
SB : Sangat baik
Mengetahui
Bangkalan,
Kepala SMPN 1
Bangkalan Guru
Mata Pelajaran,
.............................................. Ridho Nur Arifin M.Pd
Tidak ada komentar:
Posting Komentar