Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
-
Identitas RPP
Sekolah : SMPN 1 Bangkalan
Mata pelajaran : Matematika
Kelas/semester
:VIII/I
Alokasi
waktu :
2 x40 menit
A.
Kompetensi inti (KI)
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama
yang dianutnya.
2.
Mengargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (tolerasi, gotong royong), santun, percaya
diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual,
dan prosedural) berdasarkan ingin taunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.
Mencoba, menyaji, dan menalar dalam ranah
kongret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan
yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang atau
teori.
B.
Kompetensi dasar (KD)
1.1.
Menghayatidanmengamalkanajaran
agama yang dianutnya.
2.2
Menunjukkan perilaku ingin tahu dalam
melakukan aktivitas di rumah, sekolah,
dan masyarakat sebagai wujud implementasi mempelajari sistem persamaan linear
dua variabel.
3.2
Menentukan nilai variabel persamaan linear
dua variabel dalam konteks nyata
4.1
Membuat model matematika dari masalah nyata yang
berkaitan dengan persamaan linear dua variabel.
C.
Indikator
1. Membaca
doa sebelum dan sesudah pembelajaran.
2. Mencari
informasi temtamg sistem persamaan linear dua variabel sebelum pembelajaran berlangsung.
3. Menjelaskan
konsep sistem persamaan linear dua variabel.
4. Membuat
model dan Menyelesaikan sistem persamaan linear dua variabel dengan metode
eliminasi dan substitusi.
D.
Materi pembelajaaran
Sistem
persamaan linear dua variabel.
E.
Model/metode/strategi/teknik pembelajaran
-Strategi
pembelajaran berdasarkan masalah.
F.
Langkah-langkah kegiatan pembelajaran
H.
Penilaian Hasil Belajar
a.
Teknik
dan Instrumen Penilaian:
Penilaian
Sikap: observasi dan penilaian rekan sebaya
Penilaian
Pengetahuan: tes tertulis
Penilaian
Keterampilan: unjuk kerja
b.
Prosedur Penilaian:
No
|
Aspek yang dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
1.
|
Sikap
1.
Merespon saat guru menanyakan sesuatu kepada
siswa.
2.
Merespon saat ada pertanyaan dari siswa ketika
presentasi.
3.
Percaya diri dalam menyampaikan pendapatnya.
|
Observasi
observasi
observasi
|
Selama
pembelajaran
Selama
pembelajaran dan diskusi
Selama
pembelajaran dan diskusi
|
2.
|
Pengetahuan
Menjelaskan konsep sistem persamaan linear
dua variabel.
|
Tes tulis
|
Diakhir penyampaian materi
|
3.
|
Keterampilan
Membuat model dan
Menyelesaikan sistem persamaan linear dua variabel dengan metode eliminasi
dan substitusi.
|
Penilaian Unjuk kerja
|
Saat proses pembelajaran
Setelah laporan selesai.
|
a.
Instrumen dan
Pedoman Penilaian
1. Penilaian Religius
Indikator
penilaian religius:
Kurang Baik, jika setiap akan memulai dan mengakhiri proses
pembelajaran tidak berdoa.
Cukup Baik, jika memulai proses
pembelajaran dengan berdoa tetapi saat mengakhiri tidak berdoa atau sebaliknya
Baik, jika memulai dan mengakhiri
proses pembelajaran dengan berdoa tetapi tidak setiap saat
Sangat Baik, jika selalu setiap
memulai dan mengakhiri proses pembelajaran dengan berdoa
Berilah tanda centang ()
pada kolom sesuai dengan indikator di atas
NO.
|
Nama Siswa
|
KB
|
CB
|
B
|
SB
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
KB = Kurang Baik B
= Baik
CB = Cukup Baik SB = Sangat Baik
2.
Penilaian pengetahuan
Indikator
|
Instrumen
|
Menjelaskan
konsep sistem persamaan linear dua variabel.
|
1.
Tentukan himpunan penyelesaian dari persamaan
berikut. Dengan menggunakan metode eliminasi !
2x+y= 12
x-y= 3
(SKOR
50)
|
|
2.
Tentukan himpunan penyelesaian dari
persamaan berikut. Dengan menggunakan metode subsitusi !
2x+y= 6
x-y= 3
(SKOR
50)
|
3.
Penilaian keterampilan
Indikator
|
Instrumen
|
Membuat
model dan Menyelesaikan sistem persamaan linear dua variabel dengan metode
eliminasi dan substitusi.
|
Suatu hari saat mata
kuliah kosong lia dan eka pergi kekantin, lia membeli dua beng-beng dan satu
air mineral dengan harga Rp. 5500 sementara itu, eka membeli 4 beng-beng dan
air mineral dengan harga Rp. 8500. Jika samsul ingin membeli satu beng-beng
dan satu air mineral berapa rupiah uang yang harus samsul keluarkan untuk
membeli keduanya di toko yang sama?
(SKOR
100)
|
4.
Penilaian Sikap
Rubrik:
Indikator sikap
Merespon saat guru menanyakan sesuatu kepada siswa.
1.
Kurang baik,jika sama sekali tidak berusaha untuk Merespon saat guru menanyakan sesuatu
kepada siswa.
2.
Cukup
baik, jika menunjukkan
ada sedikit usaha untuk
Merespon saat guru menanyakan sesuatu kepada siswa.
3.
Baik,
jika menunjukkan
sudah ada usaha untuk Merespon
saat guru menanyakan sesuatu kepada siswa.
4.
Sangat baik,
jika menunjukkan
adanya usaha Merespon saat guru
menanyakan sesuatu kepada siswa.
Indikator sikap Merespon saat ada
pertanyaan dari siswa ketika presentasi.
1. Kurang
baik, jika sama sekali tidak Merespon saat ada pertanyaan
dari siswa ketika presentasi.
2. Cukup baik, jika menunjukkan ada sedikit sikap Merespon
saat ada pertanyaan dari siswa ketika presentasi.
3. Baik, jika menunjukkan sudah ada
usaha untuk bersikap Merespon saat ada pertanyaan dari siswa
ketika presentasi.
4. Sangat
baik, jika menunjukkan adanya
usaha untuk selalu Merespon saat ada pertanyaan dari siswa ketika
presentasi.
Indikator sikapPercaya diri dalam
menyampaikan pendapatnya.
1.
Kurang baik,
jika sama sekali
tidak memiliki
percaya diri dalam menyampaikan pendapatnya.
2.
Cukup
baik, jika menunjukkan
adanyasedikit sikap percaya diri dalam menyampaikan
pendapatnya.
3.
Baik,
jika menunjukkan
sudah ada usaha untuk bersikap percaya diri dalam menyampaikan
pendapatnya.
4. Sangat
baik, jika menunjukkan adanya
usaha untuk selalu percaya
diri dalam menyampaikan pendapatnya.
Isilah
kolom berikut dengan KB, CB, B, dan SB
sesuai pedoman indikator di atas.
No
|
Nama
|
Sikap
|
||
Merespon
saat guru menanyakan sesuatu kepada siswa.
|
Merespon saat ada pertanyaan dari siswa ketika presentasi.
|
Percaya
diri dalam menyampaikan pendapatnya.
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
KB = Kurang Baik B
= Baik
CB = Cukup Baik SB = Sangat Baik
Bangkalan, 13Desember 2016
Mengetahui,
kepala
sekolah
..............................
|
Guru
mata pelajaran Matematika
Ridho Nur Arifin M.Pd
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar