RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
Sekolah : SMA Negeri 1 Bangkalan
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas
/ Semester : XII / Ganjil
Alokasi
Waktu : 3 x 45 menit
A.
Kompetensi
Inti :
1. Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.
Menghayati dan mengamalkan perilaku
jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran,
damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian
dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia
3.
Memahami ,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
4.
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan.
B.
Kompetensi
Dasar :
1.1 Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.2 Menghayati kesadaran hak dan kewajiban serta toleransi
terhadap berbagai perbedaan di dalam masyarakat majemuk sebagai gambaran
menerapkan nilai-nilai matematis
3.1 Menganalisis
konsep, nilai determinan dan sifat operasi matriks serta menerapkannya dalam
menentukan invers matriks dan dalam memecahkan masalah.
4.1 Menyajikan dan menyelesaikan model matematika dalam bentuk
persamaan matriks dari suatu masalah nyata yang berkaitan dengan persamaan
linear
C.
Indikator
Pencapaian Kompetensi :
1. Melakukan
proses berdoa sebelum dan sesudah proses pembelajaran.
2. Bersikap toleransi kepada siswa.
3. Menyelesaikan nilai deteminan dari suatu matriks dan operasi matriks dalam menentukan
invers.
4. Menyelesaikan model matematika dalam bentuk persamaan
matrik yang berkaitan dengan persamaan linier.
D.
Materi
Pembelajaran
Matriks
E.
Kegiatan
Pembelajaran
1.
Pendahuluan
( 20 menit)
·
Apersepsi : Guru bersama siswa melakukan
proses berdoa sebelum memulai pembelajaran. Guru melakukan tanya jawab dengan siswa tentang materi matriks yang
sudah didapatkan di SMA kelas 1 , yaitu guru menanyakan tentang berbagai konsep dari matriks.
·
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
yaitu :
ü
Siswa dapat menyelesaikan soal operasi matriks dalam pemecahan
masalah.
ü Menyajikan model matematika dalam bentuk persamaan matrik.
·
Motivasi :
Guru memotivasi peserta didik dengan
memberikan pengaruh, jika peserta didik memperhatikan materi yang disampaikan
maka peserta didik mampu menyelesaikan soal di akhir pembelajaran ataupun saat UTS
dan UAS.
2.
Kegiatan
Inti ( 90 menit)
o Mengamati
Fase 1
Orientasi peserta didik kepada masalah
ü Peserta didik
mengamati
permasalahan yang disajikan
oleh guru pada slide power
point :
Misakan : Diberikan matriks A= , Tentukan
semua minor dan matriks kofaktor matriks A.
ü Guru
meminta peserta didik untuk menyelesaikan soal matriks
o Menanya
Fase 2
Mengorganisasikan peserta didik
ü Guru
memfasilitasi
peserta didik
untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami terkait dengan tugas yang diberikan.
ü Guru mengarahkan
dan memancing peserta didik dengan cara mengajukan pertanyaan yang terkait
dengan matriks :
1. “Apakah ada cara lain untuk menentukan determinan
matriks 2x2 ?”
ü Peserta didik mendiskusikan
jawaban pertanyaan pancingan
yang diberikan
oleh guru tentang matriks
secara berkelompok.
o
Mencoba
Fase 3
Membimbing penyelidikan individu dan
kelompok
ü Guru memfasilitasi peserta didik untuk mengarahkan peserta didik kepada kesimpulan bahwa :
1.
Tidak
ada, hanya satu cara yaitu AD-BC untuk menentukan determinan matriks 2x2
ü
Peserta
didik secara berkelompok menuliskan kesimpulan dari hasil diskusi.
o Menalar
Fase 4
Mengembangkan dan menyajikan hasil
karya
ü Guru meminta perwakilan setiap kelompok untuk menyajikan/mempresentasikan hasil diskusi masing-masing kelompok.
ü Kelompok lain menanggapi dan memberi saran terhadap apa yang disampaikan oleh kelompok yang presentasi.
o Mengkomunikasikan
Fase 5
Menganalisa dan mengevaluasi proses
pemecahan masalah
ü Guru memfasilitasi peserta didik untuk mengarahkan kesimpulan bahwa nilai determinan matriks pada ordo 3x3 yang hanya
dapat ditentukan dengan berbagai cara.
3. Penutup
ü Peserta
didik merefleksi penguasaan materi yang telah dipelajari dengan membuat catatan
penguasaan materi.
ü Peserta
didik saling memberikan umpan balik hasil evaluasi pembelajaran yang telah
dicapai.
ü
Guru memberikan tes tulis (sesuai
dengan instrumen pengetahuan yang ada dihalaman berikutnya)
ü Guru
meminta peserta didik untuk mempelajari
materi pada pertemuan berikutnya yaitu tentang Bunga,
Pertumbuhan, dan Peluruhan.
F. Penilaian
1. Teknik
Penilaian
Penilaian Sikap: observasi dan penilaian
rekan sebaya
Penilaian Pengetahuan: tes tertulis
Penilaian Keterampilan: unjuk kerja
a.
Prosedur
Penilaian :
No
|
Aspek
yang dinilai
|
Teknik
Penilaian
|
Waktu
Penilaian
|
1.
|
Sikap
Bersikap toleransi kepada siswa
|
Observasi
.
|
Selama
pembelajaran dan saat diskusi .
|
2.
|
Pengetahuan
Menyelesaikan nilai deteminan dari suatu matriks dan operasi
matriks dalam menentukan invers.
|
Tes
tulis
|
Diakhir
penyampaian materi.
|
3.
|
Keterampilan
Menyelesaikan model
matematika dalam bentuk persamaan matrik yang berkaitan dengan persamaan
linier
|
Penilaian
Unjuk kerja
|
Saat
proses pembelajaran
Setelah
laporan selesai (dengan batas waktu yang ditentukan ± 1 minggu).
|
b.
Instrumen dan Pedoman Penilaian
1. Penilaian
Religius
Indikator penilaian
religius:
Kurang
Baik, jika setiap akan memulai dan mengakhiri proses pembelajaran tidak berdoa.
Cukup Baik, jika memulai proses
pembelajaran dengan berdoa tetapi saat mengakhiri tidak
berdoa atau sebaliknya
Baik, jika selalu setiap memulai dan mengakhiri
proses pembelajaran dengan berdoa
Berilah
tanda centang ()
pada kolom sesuai dengan indikator di atas
NO.
|
Nama Siswa
|
KB
|
CB
|
B
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
KB = Kurang Baik B = Baik
CB = Cukup Baik
1.Penilaian
Pengetahuan
Indikator
|
Instrumen
|
1. Menyelesaikan nilai deteminan dari suatu matriks dan operasi matriks dalam
menentukan invers.
|
1.Buatlah matriks A berordo 2×2 yang
memiliki invers matriks A-1 = (SKOR 50 )
2. Diketahui matriks memiliki invers
matriks A = memiliki invers matriks A -1 dan nilai det , (A -1 ) -2, tentukan nilai x !
(SKOR 50 )
|
2.
Penilaian Keterampilan
Indikator
|
Instrumen
|
Menyelesaikan soal model matematika dalam bentuk
persamaan matrik yang berkaitan dengan persamaan linier
|
1.Diketahui sistem persamaan
linear
2x – 3y = 6
2x – 3y = 9
a) Carilah penyelesaian sistem
persamaan linear dengan menggunakan metode matriks.
b) Carilah penyelesaian sistem
persamaan linear dengan menggunakan metode eliminasi (SKOR 50)
2.carilah
solusi persamaan linear dengan menggunakan matriks.
2x – 3y + z = –9
2x +
y – z = 9
x + y + z =5
Carilah
solusi persamaan linier dengan menggunakan matriks!
(SKOR 50)
|
3. Penilaian
Sikap
Rubrik:
Indikator
sikap toleransi kepada siswa:
1. Kurang baik,jika
sama sekali tidak adanya sikap toleransi
kepada siswa
2. Cukup
baik, jika menunjukkan
adanya sikap
toleransi kepada siswa
3. Baik, jika menunjukkan sikap toleransi kepada siswa
Isilah kolom berikut dengan KB, CB, B, dan SB sesuai
pedoman indikator di atas.
No
|
Nama
|
Sikap
|
Toleransi
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
KB = Kurang Baik B = Baik
CB = Cukup Baik
G.
Metode Pembelajaran
a. Model Pembelajaran : Berdasarkan Masalah
b. Metode : Diskusi kelompok, tanya
jawab, dan penugasan.
H.
Alat/Media/Sumber Belajar
a.
Alat/Bahan : Spidol.
penggaris, dan pulpen
b.
Media : LCD
dan power point
c.
Sumber
Belajar :
-
Matematika
/ Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.-- Jakarta : Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2015.Kelas XII, kurikulum 2013.
-
Internet
Bangkalan, 22
Desember 2016
Mengetahui
Kepala SMA Negeri 1 Bangkalan Guru Mata
Pelajaran
....................................... Ridho Nur Arifin, M.Pd.
NIP. ..............................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar