RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
NAMA
SEKOLAH : SMP Negeri 1
Bangkalan
MATA
PELAJARAN : MATEMATIKA
KELAS/
SEMESTER : VII/GENAP
MATERI
POKOK : Himpunan
ALOKASI
WAKTU : 1 x 40 menit
A.
KOMPETENSI
INTI
1. Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2. Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotongroyong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3. Memahami
dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata.
B.
KOMPETENSI
DASAR DAN INDIKATOR
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
|
2.1
Menunjukkan sikap logis, kritis, analitik, konsisten dan teliti,
bertanggungjawab, responsif, dan tidak mudah menyerah dalam memecahkan
masalah.
|
|
3.2. Menjelaskan pengertian himpunan, himpunan bagian, komplemen
himpunan, operasi
himpunan dan
menunjukkan
contoh dan
bukan contoh
|
3.2.1 Menjelaskan pengertian
himpunan
3.2.2 Menentukan
keanggotaan himpunan
3.2.3
Menunjukkan contoh himpunan dan bukan himpunan
|
C.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Melalui proses megamati, menanya, mengumpulkan
informasi, mengolah informasi, dan mengkomunikasikan hasil mengolah informasi
dalam penugasan individu dan kelompok, siswa dapat:
1. Mensyukuri karunia Tuhan atas
kesempatan mempelajari kegunaan matematika dalam kehidupan sehari-hari melalui
belajar konsep himpunan
2. Memiliki
sikap ingin tahu yang ditandai dengan bertanya kepada siswa lain dan atau guru
3. Memiliki
sikap ketertarikan terhadap matematika
4. Menjelaskan
konsep himpunan
dan mendata anggota himpunan yang berkaitan dengan permasalahan kehidupan
sehari-hari.
D.
MATERI PEMBELAJARAN
1.
Konsep
Himpunan
Di dalam kehidupan sehari-hari kata
himpun dipadankan dengan kumpulan, kelompok, grup, gerombolan, gugusan,
kelas.
Contoh-contoh himpunan dalam
kehidupan sehari-hari:
a. Himpunan
siswa di suatu kelas yang terdapat di sekolah
b. Kumpulan
binatang yang berkaki empat
c. Kelompok
anggota DPR RI
d. Grup
sepak bola Indonesia U19
Contoh-contoh yang bukan himpunan :
a. Himpunan
binatang buas
b. Kumpulan
orang gemuk
c. Grup
sepak bola
2.
Pengertian
Himpunan
Himpunan adalah kumpulan benda-benda atau obyek-obyek
yang sudah dinyatakan atau didefinisikan dengan jelas.
3.
Pengertian
Bukan Himpunan
Suatu kumpulan tidak dapat dinyatakan sebagai himpunan
dikarenakan definisi dan obyeknya tidak jelas.
E.
PENDEKATAN,
MODEL, DAN METODE PEMBELAJARAN
1. Pendekatan : Saintifik
2. Model
: Discovery Learning
3. Metode : ekspositori, diskusi, tanya jawab,
penugasan
F.
MEDIA,
ALAT, DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1.
Media : Laptop, LCD, LK, file
gambar-gambar benda-benda yang menunjukkan
himpunan
2.
Alat :
3. Sumber belajar : lingkungan kelas, buku siswa, buku guru
G.
LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
1.
Pendahuluan
(10 menit)
a. Guru
menyiapakan fisik dan psikis siswa dengan menyapa dan memberi salam.
b. Guru
memotivasi belajar dengan memberi contoh-contoh kepada siswa tentang hal-hal
yang berkaitan dengan himpunan dan bukan himpunan
c. Guru
menyampaikan manfaat dan tujuan
pembelajaran serta langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
2.
Kegiatan
Inti (20 menit)
3.
Penutup
(10 menit)
a. Guru
membimbing siswa membuat rangkuman
b. Guru
membimbing siswa untuk merefleksi proses dan materi pelajaran kedalam jurnal
c. Guru
memberi tes lesan
d. Mengumpulkan
hasil kerja siswa
e.
Guru memberi arahan
kegiatan berikutnya serta mengerjakan tugas pengayaan yaitu membuat beberapa
contoh himpunan dan bukan himpunan yang terdapat di sekitar lingkungan siswa.
(Lampiran 2)
H.
PENILAIAN
1. Jenis
/teknik penilaian: tes lisan dan tulisan
No
|
Aspek yang diamati/dinilai
|
Tehnik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
1.
|
Sikap bersyukur
|
Penilaian diri
|
|
2.
|
Sikap ingin tahu
|
Pengamatan, Penilaian Diri
|
Kegiatan Inti dan Penutup
|
3.
|
Sikap ketertarikan
|
Pengamatan, Penilaian Diri
|
Kegiatan Inti dan Penutup
|
4.
|
Pengetahuan: kemampuan menyatakan
konsep himpunan
|
Penugasan 1
(mengerjakan latihan)
Penugasan 2
membuat beberapa contoh himpunan
dan bukan himpunan yang terdapat di sekitar lingkungan siswa.
|
Kegiatan Inti
Awal pertemuan berikutnya
|
Instrumen
:
LEMBAR
KERJA SISWA
Tujuan :
menyatakan konsep himpunan (pengertian, notasi himpunan, dan penyajiannya)
1. Jika
kamu perhatikan benda-benda yang terdapat di dalam ruang kelasmu, maka kamu
dapat membentuk beberapa himpunan. Tulislah 5 himpunan benda-benda yang ada di
ruang kelasmu.
2. Untuk
membentuk suatu himpunan, maka kumpulan benda-bendanya harus
(a) ………………………. dan (b) …………………………………….
3. Diantara kumpulan-kumpulan benda
berikut, nyatakan manakah kumpulan benda-benda yang dapat dan yang tidak dapat
dibentuk menjadi himpunan.
a. Kumpulan
huruf abjad Latin (dapat/tidak
dapat)
b. Kumpulan
bulan yang lamanya 30 hari
(dapat/tidak dapat)
c. Kumpulan
model rumah yang bagus
(dapat/tidak dapat)
d. Kumpulan
benda-benda antik
(dapat/tidak dapat)
Diantara kumpulan-kumpulan pada soal
di atas tersebut ada yang dapat dibentuk menjadi himpunan, ada yang tidak dapat
dibentuk menjadi himpunan. Mengapa?
2. Perhatikan
himpunan berikut:
H = himpunan bulan dalam satu tahun
yang namanya memuat huruf i.
Bulan-bulan yang merupakan anggota H
adalah
a. ……………………………,
ditulis ………………………
b. ……………………………,
ditulis ………………………
c. ……………………………,
ditulis ………………………
Bulan
yang bukan merupakan anggota H adalah
a.
……………………………,
ditulis ………………………
b. ……………………………,
ditulis ………………………
c. ……………………………,
ditulis ………………………
3. Sekarang
lengkapilah kalimat-kalimat berikut sehingga menjadi kalimat yang benar, dengan
menuliskan lambang
atau
a.
9 ………… himpunan bilangan
kuadrat
b.
4 ………… himpunan
angka-angka pada mata dadu yang prima
c.
i …………. himpunan konsonan
huruf latin
d.
Habibie …….. himpunan
mantan Presiden RI
Soal
Tugas Rumah
1. Buatlah
beberapa contoh himpunan dan bukan himpunan yang terdapat di sekitar
lingkunganmu !
2. Tuliskan
anggota-anggota himpunan dari himpunan pada no. 1
PENILAIAN
SIKAP
Kelompok : ……………
Nama anggota kelompok:
1.
…………………………………..
2.
…………………………………..
3.
…………………………………..
4.
…………………………………..
5.
…………………………………..
1.
Instrumen Penilaian
sikap
a.
Observasi
Nama siswa :
Kelas / no.
absen :
Materi pokok : Himpunan
Tanggal
pengamatan :
NO.
|
ASPEK PENGAMATAN
|
SKOR
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
KI-2 Teliti
|
|||||
1
|
Mencermati permasalahan yang diberikan guru
|
||||
2
|
Dapat memilah-milah permasalahan yang diberikan guru
Memeriksa kembali hasil jawabannya
|
||||
KI
-2 Tanggung jawab
|
|||||
3
|
Melaksanakan tugas-tugas dengan baik
|
||||
4
|
Berani menerima resiko atas tindakan yang dilakukan
|
||||
5
|
Tidak menuduh teman tanpa bukti
|
||||
6
|
Mengembalikan barang yang dipinjam
|
||||
7
|
Minta maaf jika melakukan kesalahan
|
||||
Jumlah
|
Kriteria :
Skor 4 jika
selalu melakukan sesuai pernyataan
Skor 3 jika
sering melakukan sesuai pernyataan
Skor 2 jika
kadang-kadang melakukan sesuai
pernyataan
Skor 1 jika
tidak pernah melakukan sesuai pernyataan
Nilai kompetensi :
Sangat baik (SB) Jika 21 < Jumlah skor diperoleh ≤ 28
Baik ( B) Jika 14 <
Jumlah skor diperoleh ≤ 21
Cukup (C) Jika
7 <
Jumlah skor diperoleh ≤ 14
kurang (K) Jika
0 < Jumlah skor diperoleh ≤ 7
b.
PENILAIAN
DIRI :
No
|
Pernyataan
|
TP
|
KD
|
SR
|
SL
|
KI 2 teliti
|
|||||
1
|
Mencermati permasalahan yang
diberikan guru
|
||||
2
|
Dapat memilah-milah permasalahan
yang diberikan guru
Memeriksa kembali hasil
jawabannya
|
||||
KI 2 Tanggung jawab
|
|||||
3
|
Melaksanakan
tugas-tugas dengan baik
|
||||
4
|
Berani
menerima resiko atas tindakan yang dilakukan
|
||||
5
|
Tidak menuduh teman
tanpa bukti
|
||||
6
|
Mengembalikan
barang yang dipinjam
|
||||
7
|
Minta maaf jika melakukan kesalahan
|
||||
Jumlah
|
Kriteria
penilaian:
SL = 4 =
selalu melakukan sesuai pernyataan
SR = 3 =
sering melakukan sesuai pernyataan tetapi kadang tidak melakukan
KD = 2 =
kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
TP = 1 =
tidak pernah melakukan
Rubrik :
status sikap SB = Sangat Baik, jika 21< jumlah skor < 28
B = Baik, jika 14 < jumlah skor <21
C = Cukup, jika 7
< jumlah skor < 14
K = Kurang, jika 0
< jumlah skor < 7
c.
INSTRUMEN PENILAIAN
KOMPETENSI SIKAP ANTAR SISWA
Nama
penilai : …………………….
Nama
siswa yang dinilai :
............................
Kelas/
Mata Pelajaran : VII/Matematika
Tanggal
Mengisi :
………………………….
Berilah tanda cek pada kolom
pilihan berikut dengan
No
|
Aspek Pengamatan
|
Skor
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Peduli terhadap kesulitan teman lain
|
||||
2
|
Tekun (sungguh-sungguh)
dalam menyelesaikan tugas
|
||||
3
|
Tidak
mudah menyerah dalam menyelesaikan tugas
|
||||
4
|
Percaya
diri dalam menyelesaikan tugas
|
||||
5
|
Santun
dalam menyampaikan pendapat
|
||||
JUMLAH
|
Keterangan:
4 = selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering melakukan
sesuai pernyataan tapi kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang
melakukan dan sering tidak melakukan
1
= tidak pernah melakukan
Status sikap :
Sangat Baik jika 15<Jumlah
Skor≤20,
Baik jika 10 < Jumlah Skor ≤ 15,
Cukup jika 5 < Jumlah Skor ≤ 10,
Kurang jika 0 < Jumlah Skor ≤ 5
d. INSTRUMEN PENILAIAN KOMPETENSI SIKAP
JURNAL
Nama Siswa : ……..........................…………..
Aspek yang diamati : Kompetensi Sikap
No
|
Hari/Tanggal
|
Kejadian
|
Keterangan
|
2.
Instrumen
Penilaian Kompetensi Pengetahuan
Tes tertulis Uraian
Indikator Soal
|
Instrumen
|
1.
Siswa
dapat menentukan mana yang termasuk himpunan dan yang bukan
2.
Siswa
dapat menentukan anggota himpunan
|
1.
Carilah
contoh kumpulan yang merupakan himpunan dan bukan himpunan masing-masing lima
kumpulan. Kemudian tentukan banyaknya anggota tiap himpunan tersebut!
2.
Tulislah
anggota-anggota himpunan berikut diantara tanda kurung kurawal!
a.
T
adalah himpunan hewan menyusui
b.
S
adalah himpunan huruf vokal
c.
L
adalah himpunan bilangan prima ganjil
d.
B
adalah himpunan huruf-huruf pembentuk kata “MATEMATIKA”
|
Pedoman Penskoran jawaban soal
No Soal
|
No
|
Aspek Penilaian
|
Rubrik Penilaian
|
Skor
|
1
|
1
|
Pemahaman terhadap konsep himpunan
|
Menuliskan
seluruh contoh-contoh himpunan dan yang bukan
|
5
|
Menuliskan
sebagian contoh-contoh himpunan dan yang bukan
|
3
|
|||
Menuliskan
tetapi salah
|
1
|
|||
Tidak
ada jawaban
|
0
|
|||
2
|
Kebenaran jawaban akhir
|
Jawaban
benar
|
5
|
|
Jawaban
hampir benar
|
3
|
|||
Jawaban
salah
|
1
|
|||
Tidak
ada jawaban
|
0
|
|||
Skor maksimal
|
10
|
|||
Skor minimal
|
0
|
|||
2
|
1
|
Pemahaman terhadap konsep himpunan
|
Menuliskan seluruh anggota himpunan
|
5
|
Menuliskan sebagian anggota himpunan
|
3
|
|||
Menuliskan tetapi salah
|
1
|
|||
Tidak ada jawaban
|
0
|
|||
2
|
Kebenaran jawaban akhir
|
Jawaban benar
|
5
|
|
Jawaban sebagian hampir benar
|
3
|
|||
Jawaban salah
|
1
|
|||
Tidak ada respon/jawaban
|
0
|
|||
Skor maksimal
|
15
|
|||
Skor minimal
|
0
|
Mengetahui,
Kepala SMP
Negeri 1 Bangkalan
___.......................................__
|
Bangkalan , 28 Desember 2016
Guru Mata Pelajaran
____RIDHO NUR
ARIFIN, M.Pd_______________
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar