RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
: SMP Negeri 1
Bangkalan
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester
: VIII/ 1 (Ganjil)
Alokasi
Waktu : 3 x 40 menit
A. Kompetensi Inti (KI)
1.
Menghargai dan menghayati
ajaran agama yang dianutnya
2.
Menghargai dan menghayati
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong),
santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.
Memahami dan menerapkan
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata
4.
Mengolah, menyaji, dan menalar
dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan
membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori
B. Kompetensi Dasar (KD)
1.1 Menghayatidanmengamalkanajaran agama
yang dianutnya
2.3 Menunjukkan
perilaku jujur dan bertanggung jawab sebagai wujud implementasi kejujuran dalam
melaporkan data pengamatan
3.2 Menentukan
nilai variabelpersamaan linear dua variabel dalam konteks nyata
4.1 Membuat
dan menyelesaikan model matematika dari masalah nyata yang berkaitan dengan
persamaan linear dua variabel
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
1.1
Membaca doa sebelum dan sesudah pembelajaran.
2.2
Mengerjakan tugas tanpa bantuan orang lain
2.3
Mengumpulkan tugas secara keseluruhan dan tepat waktu
3.2 Menentukannilaivariabeldari sistem persamaan
linear dua variabel
4.1 Membuat
model matematika dari permasalahan yang berkaitan dengan sistem persamaan
linear dua variabel.
4.2 Menyelesaikan model matematikadaripermasalahanyang
berkaitan dengan sistem persamaan linearduavariabel
D. Materi Pembelajaran
Sistem
Persamaan Linear DuaVariabel
E.Metode
Pembelajaran
1.
Pendekatan : Saintifik
2.
Model
Pembelajaran : Discovery
Learning
3. Metode : Diskusi kelompok,tanya
jawab, dan penugasan
F. Kegiatan Pembelajaran
G. Penilaian Pembelajaran
a.
Teknik
dan Instrumen Penilaian:
Penilaian Sikap: observasi dan penilaian rekan sebaya
Penilaian Pengetahuan: tes tertulis
Penilaian Keterampilan: unjuk kerja
b.
Prosedur
Penilaian:
No
|
Aspek
yang dinilai
|
Teknik
Penilaian
|
Waktu
Penilaian
|
1.
|
Sikap
1.
Jujur didalam
mengerjakan tugas mandiri yang
diberikan
2.
Bertanggung jawabdalammengikutipelajarandanmengumpulkantugas
|
Observasi
Observasi
dan penilaian teman sebaya
|
Selama proses
pengerjaan tugas mandiri
Selama proses pembelajaran
dan saat mengumpulkan tugas
|
2.
|
Pengetahuan
Menentukan nilai variabel sistem
persamaan linear dua variabel
|
Tes
tulis
|
Diakhir
penyampaian materi
|
3.
|
Keterampilan
Membuat
dan menyelesaikan model matematika
dari permasalahan program linear dua variabel.
|
Penilaian
Unjuk kerja
|
Saat
proses pembelajaran
Setelah
laporan selesai (dengan batas waktu yang ditentukan ± 1 minggu).
|
c. Instrumen dan
Pedoman Penilaian
1.
Penilaian
Religius
Indikator penilaian religius:
Kurang
Baik, jika setiap akan memulai dan
mengakhiri proses pembelajaran tidak berdoa.
Cukup
Baik, jika memulai proses
pembelajaran dengan berdoa tetapi saat mengakhiri tidak berdoa atau sebaliknya
Baik,
jika memulai dan mengakhiri proses
pembelajaran dengan berdoa tetapi tidak setiap saat
Sangat
Baik, jika selalu setiap memulai dan
mengakhiri proses pembelajaran dengan berdoa
Berilah tanda
centang (V) pada kolom sesuai dengan indikator di
atas
NO.
|
Nama Siswa
|
KB
|
CB
|
B
|
SB
|
Keterangan:
KB
= Kurang Baik B = Baik
CB
= Cukup Baik SB = Sangat
Baik
2.
Penilaian
Sikap
Rubrik:
Indikator sikap jujur ketika menyelesaikan tugas
mandiri:
1.
Kurang
baik,
jika sama sekali tidak jujur
dan selalu mendapat bantuan orang lain ketika menyelesaikan tugas mandiri.
2.
Cukup baik, jika sebagian
kecil tugas mandiri dikerjakan secara jujur dan sering mendapatkan bantuan dari
orang lain.
3.
Baik,
jika sebagian besar tugas mandiri dikerjakan secara jujur
dan tidak pernah mendapat bantuan orang lain.
4. Sangat baik, jika
seluruh
tugas mandiri dikerjakan secara jujur dan tidak pernah mendapat bantuan orang
lain.
Indikator sikap bertanggung jawab dalam mengikuti pelajaran dan mengumpulkan tugas:
1. Kurang baik, jika
sama sekali tidak bertanggung
jawabdalam mengikuti pelajaran
dan tidak mengumpulkan tugas.
2. Cukup
baik, jika menunjukkan
ada sedikit sikap bertanggung jawabdalam mengikuti pelajaran dan sebagian kecil
mengumpulkan tugas serta sering terlambat saat mengumpulkan tugas.
3. Baik, jika menunjukkan sudah ada
usaha untuk bersikap bertanggung jawabdalam mengikuti pelajaran dan mengumpulkan
sebagian besar tugas yang diberikan sertatepat waktu dalam mengumpulkannya.
4. Sangat baik, jika
menunjukkan adanya usaha untuk selalu bertanggung
jawabdalam mengikuti pelajaran
dan mengumpulkan tugas secara keseluruhan serta selalu tepat waktu dalam mengumpulkan
tugas.
Isilah kolom berikut dengan KB, CB, B, dan SB sesuai
pedoman indikator di atas.
No
|
Nama
|
Sikap
|
|
Jujur
|
Bertanggung jawab
|
||
Keterangan:
KB
= Kurang Baik B = Baik
CB
= Cukup Baik SB = Sangat
Baik
3.
Penilaian
Pengetahuan
Indikator
|
Instrumen
|
Menentukannilaivariabel permasalahan persamaan linear
dua variabel
|
Tentukan
himpunan penyelesaian dari sistem persamaan linier x + 3y
= 1
2x – 4y = 9
Dengan
menggunakan metode substitusi, eliminasi dan campuran!
(Skor 100)
|
4.
Penilaian
Keterampilan
Indikator
|
Instrumen
|
Membuat
serta menyelesaikan model matematika dari permasalahan program linear dua
variabel.
|
Pak
Ahmad membeli tiket masuk kebun binatang sebanyak 2 lembar utuk dewasa dan 3 lembar
untuk anak-anak dengan harga Rp. 10.250,00. Tino membeli tiket 3 lembar utuk dewasa dan 1 lembar
untuk anak-anak dengan harga Rp. 9.250,00. Jika Andre membeli tiket 1 lembar untuk dewasa dan 1
lembar untuk anak-anak dengan menggunakan selembar uang Rp. 10.000,00. berapakah uang kembalian yang diterima
Andre?
(Skor
100)
|
H. Alat/Media/Sumber Belajar
4. Alat/Bahan : Kertas, pulpen
5. Media : LCD, 2 gambar tiket
dan slide powerpoint
6. Sumber Belajar :
a. Buku Peserta didik Hal. 60 - 68 , Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan
Republik Indonesia, 2014
b. Buku Guru Hal. 60 -
70, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik
Indonesia, 2014
c. Internet
Bangkalan, 15 Desember 2016
Mengetahui
Kepala SMP Negeri 1 Bangkalan Guru
Mata Pelajaran,
ANISA
SUBROTO RIDHO
NUR ARIFIN
NIK
1446611010 NIK1446611026
Tidak ada komentar:
Posting Komentar