RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
: SMAN 4
BANGKALAN
MATA PELAJARAN : MATEMATIKA
KELAS / SEMESTER : X / GANJIL
ALOKASI WAKTU : 3 X 45 Menit
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
1. Menghargaidanmenghayatiajaran
agama yang dianutnya
|
2. Mengembangkan
perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan,
gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan
bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam
serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
|
3. Memahami
dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan
kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
4. Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
B. KOMPETENSI
DASAR (KD)
1.1 Menghargaidanmenghayatiajaran agama yang di anut
2.2Menunjukkan sikap kerjasama dalam melakukan
kegiatan belajar membuat model matematika dari masalah yang berkaitan dengan
bunga dan angsuran
3.6Memahami dan menerapkan
konsep barisan dan deret pada konteks dunia nyata, seperti bunga, pertumbuhan,
dan peluruhan
4.3Menerapkan konsep dan
menemukan pola barisan dan deret dan menerapkannya dalam menyelesaikan masalah
nyata terkait perhitungan bunga majemuk, pertumbuhan dan peluruhan
C. INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
1.1 Melakukankegiatanberdoasebelumdansesudahpelajaran
2.2Bekerjasamadanberkomunikasidalamkelompokuntukkegiatanbelajarmembuatmodel
matematikadarimasalah yang berkaitandenganbungadanangsuran
3.6 Menjelaskan danmenerapkankonsep barisandanderetsepertibunga,
pertumbuhandanpeluruhan
4.3
Menemukanpolabarisandanderet
4.4 Menyelesaikanmasalah yang
berkaitandenganperhitunganbungamajemuk,
pertumbuhandanpeluruhandenganmenggunakankonsepbarisandanderet
D. MATERI
PEMBELAJARAN
BungaMajemukdanAngsuranAnuitas
E. MetodePembelajaran
a. Pendekatan : Saintifik
b. Model
Pembelajaran : BerdasarkanMasalah
c. Metode :
Ceramah, Diskusikelompok,tanyajawab, danpenugasan
F. KegiatanPembelajaran
A. PENILAIAN
PEMBELAJARAN
1.
TeknikdanInstrumen Penilaian:
PenilaianSikap : observasidanpenilaiantemansebaya
PenilaianPengetahuan :
testertulis
PenilaianKeterampilan :
unjukkerja
2.
Prosedur
Penilaian:
No
|
Aspek
yang dinilai
|
Teknik
Penilaian
|
Waktu
Penilaian
|
1.
|
Sikap
Kerjasamakelompok
yang dikembangkansaatmemecahkanmasalah
|
Observasi dan
penilaian teman sebaya
|
Selamapembelajarandansaatdiskusi
|
2.
|
Pengetahuan
Menjelaskansifat-sifatbilanganPerpangkatandanBentukAkar
|
Tes tulis
|
Diakhirpenyampaianmateri
|
3.
|
Keterampilan
Menyajikanpermasalahannyata
yang berkaitandenganfungsikuadrat
|
Penilaian Unjuk kerja
|
Saat proses pembelajaran
Setelahlaporanselesai
(denganbataswaktu yang ditentukan ± 1minggu).
|
3.
InstrumendanPedomanPenilaian
1. PenilaianReligius
Indikatorpenilaianreligius:
·
KurangBaik,
jikasetiapakanmemulaidanmengakhiri proses pembelajarantidakberdoa.
·
CukupBaik, jikamemulai
proses pembelajarandenganberdoatetapisaatmengakhiritidakberdoaatausebaliknya
·
Baik,
jikamemulaidanmengakhiri proses pembelajarandenganberdoatetapitidaksetiapsaat
·
SangatBaik,
jikaselalusetiapmemulaidanmengakhiri proses pembelajarandenganberdoa
Berilahtandacentang
() pada kolom
sesuai dengan indikator di atas
NO.
|
NamaSiswa
|
KB
|
CB
|
B
|
SB
|
Keterangan:
KB
= KurangBaik B = Baik
CB
= CukupBaik SB = SangatBaik
2. PenilaianSikap
Rubrik:
Indikator sikap bekerjasamadanberkomunikasi dalam kegiatan kelompok:
·
Kurang baik,jika sama sekali tidak
berusaha untuk bekerjasamadanberkomunikasidalamkegiatankelompok.
·
Cukupbaik, jika menunjukkan ada sedikit usaha untuk bekerjasamadanberkomunikasidalamkegiatankelompok.
·
Baik, jika menunjukkan sudah
ada usaha untuk bekerjasamadanberkomunikasidalamkegiatankelompok.
·
Sangat baik, jika menunjukkan adanya usaha bekerjasamadanberkomunikasisecaraterus-menerusdalamkegiatankelompok.
Isilahkolomberikutdengan KB, CB, B, dan SB sesuaipedomanindikator di
atas.
No
|
Nama
|
Sikap
|
Kerjasama
dan
komunikasi
|
||
Keterangan:
KB = KurangBaik B = Baik
CB = CukupBaik SB = SangatBaik
3. Penilaian Pengetahuan
Indikator
|
Instrumen
|
menjelaskan danmenerapkankonsep barisandanderetsepertibunga,
pertumbuhandanpeluruhan
|
1. Perusahaan genteng Magetanmenghasilkan 3000 buahgentengpadabulanpertamaproduksinya.
Denganpenambahantenagakerjadanpeningkatanproduktifitas
,perusahaanmampumenambahproduksinyasebanyak 500 buahsetiapbulan.
Jikaperkembanganproduksinyakonstan. Berapabuahgenteng yang
dihasilkansampaidenganbulantersebut ?
(SKOR 100)
|
4. Penilaian Keterampilan
H.
ALAT
/ BAHAN, MEDIA, SUMBER BELAJAR
1. Alat
/ Bahan :
Kartonkecilberwarna, guntingkertas
2. Media : Power Point
3. SumberBelajar :
·
Buku
Peserta Didik Hal 74 - 77, Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan, 2015
·
Internet
·
Buku Peserta Didik Hal 92
- 100, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, 2015
Bangkalan,
............................. 2016
Mengetahui,
Kepala SMAN 4 BANGKALAN Guru
Mata Pelajaran,
............................................ Gr. RIDHO NUR ARIFIN, M.Pd.
NIP. ....................................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar