RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMA Negeri 2 Bangkalan
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : XII / Ganjil
Materi
Pokok : Matriks
Alokasi
Waktu : 3x 45 menit (1 kali pertemuan)
A. Kompetensi
Inti
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun,
responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
3. Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian
yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan pengembangandari yang dipelajarinya di sekolah
secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B. Kompetensi Dasar
1.1 Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menghayati perilaku disiplin, sikap kerjasama, sikap kritis dan
cermat dalam bekerja menyelesaikan masalah kontekstual.
3.1
Menganalisis konsep, nilai
determinan dan sifat operasi matriks serta menerapkannya dalam menentukan
invers matriks dan dalam memecahkan masalah.
4.1 Menyajikan dan menyelesaikan model matematika dalam bentuk
persamaan matriks dari suatu masalah nyata yang berkaitan dengan persamaan
linear
C.
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.1 Membaca doa sebelum dan sesudah pelajaran
2.1 Mengumpulkan tugas tepat waktu
2.2 Bekerjasama dan berkomunikasi dalam kelompok
2.3 Menunjukkan sikap kritis dan cermat dalam
menyelesaikan masalah yang diberikan guru.
3.1 Menjelaskan konsep matriks
3.2 Menjelaskan sifat-sifat operasi matriks
3.3 Menentukan nilai determinan suatu matriks
3.4 Menentukan nilai invers suatu matriks
4.1 Menyajikan model matematika dalam bentuk
persamaan matriks dari masalah yang berkaitan dengan persamaan linear.
4.2 Menyelesaikan model matematika dalam bentuk
persamaan matriks dari masalah yang berkaitan dengan persamaan linear.
D. Materi Pembelajaran
Matriks
E. Metode Pembelajaran
1.
Pendekatan : Saintifik
2.
Model Pembelajaran : Berdasarkan
Masalah
3.
Metode : Diskusi
kelompok,tanya jawab, dan penugasan
F.
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
|
1. Guru
meminta peserta didik untuk berdoa sebelum memulai pelajaran dan peserta
didik mengikuti.
2. Guru memeriksa kehadiran siswa
sebagai sikap disiplin.
3. Guru
mengingatkan kembali materi sebelumnya yang terkait dengan materi yang diajarkan yaitu konsep matriks pada
kelas X.
4. Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran yang harus dicapai siswa yaitu siswa dapatmenjelaskan konsep matrik, sifat-sifat matrik, menentukan determinan dan
invers suatu matriks dan menyelesaikan model matematika dalam bentuk
persamaan matriks dari masalah yang berkaitan dengan persamaan linear.
5. Guru memberikan motivasi bahwa
jika siswa mengerti tentang materi matriks,
maka siswa dapat mengerjakan soal ujian dan mendapatkan nilai bagus.
6. Guru membagi kelompok menjadi 4-5
kelompok yang masing-masing kelompok beranggota 8 orang.
|
15
menit
|
Kegiatan Inti
|
100 menit
|
|
Mengamati
|
Fase I : Mengorientasikan peserta didik
pada masalah
1.
Guru menjelaskan tujuan
pembelajaran yang akan dicapaiyaitu menjelaskan konsep matrik, sifat-sifat
matrik, menentukan determinan dan invers suatu matriks dan menyelesaikan
model matematika dengan persamaan matriks.
2.
Guru menjelaskan aktivitas yang
akan dilakukan pada pembelajaran hari ini yaitu peserta didik akan dihadapi
dengan suatu masalah dan menyelidiki masalah terebut serta menyelesaikannya
secara berkelompok, masalah tersebut berkaitan dengan menentukan determinan
dan invers suatu matriks dan menyelesaikan model matematika dengan persamaan
matriks.
3.
Peserta didik diminta untuk
mengamati dan memahami slide pada power point yang berkaitan dengan konsep
dasar matriks dan sifat-sifat matriks serta cara menentikan determinan dan
invers matriks..
4.
Guru memberikan suatu masalah
dengan menampilkann slide pada power pint, serta memberikan LKS pada
masing-masing kelompok
Ayo, Berlatih Menyelesaikan SPLDV Menggunakan Invers Matriks.
Bu Anik membeli 3 buku paket kue. Paket A berisi 5 kue donat, 5 kue
lapis, dan 5 kue bolu seharga Rp 15.000. Paket B berisi 6 kue donat, 6 kue
lapis, dan 5 kue bolu seharga Rp 17.000. Paket C berisi 8 kue donat, 10 kue
lapis, dan 8 kue bolu seharga Rp 25.000. Dapatkah kalian menghitung harga
satu kue donat, satu kue lapis, dan satu kue bolu?
Diskusikan bersama kelompokmu!
5.
Peserta didik diminta untuk
mengamati, menyelidiki dan selanjutnya mengajukan pertanyaan dan mencari
informasi selama tahap penyelidikan masalah.
6.
Peserta didik diminta untuk
menyatakan ide-idenya dalam menyelesaikan masalah yang diberikan guru.
|
|
Menanya
|
Fase II : Mengorganisasikan
peserta didik
1.
Peserta didik diminta kembali untuk memperhatikan LKS
yang telah diberikan guru.
2.
Guru menjelaskan kembali ide-ide yang telah disampaikan
peserta didik,bahwa untu menyelesaikan masalah tersebut peserta didik harus
membuat model matematika dengan bentuk persamaan, dan kemudian mengubahnya
kedalam bentuk matriks.
3.
Guru juga menjelaskan bahwa untuk mengerjakan masalah
tersebut peserta didik harus mencari invers matriks dari persamaan tersebut.
4.
Peserta didik diminta berdiskusi dengan kelompok
terkait dengan penjelasa guru tersebut.
|
|
Mencoba
|
Fase III : Membimbing penyelidikan individu
dan kelompok
1.
Peserta didik dibantu oleh guru
mencari informasi untuk menyelesaikan masalah yang diberikan guru.
2.
Guru bertindak sebagai
failitator bagi peserta didik untuk membantu menyelesaikan masalah yang
diberikan.
3.
Guru memberikan informasi
kepada peserta didik, bahwa untk mencari invers dari suatu matriks, maka
siswa harus mencari nilai determinan matriks tersebut, menentukan matriks
kofaktor dan selanjutnya menentukan adjoin matriks tersebut, baru kemudian
siswa dapat mnentukan invers matriks.
4.
Peserta didik mencoba memadukan
sifat-sifat matriks yang telah diamati pada awal pembelajaran untuk
menyelesaikan masalah tersebut.
|
|
Menalar
|
Fase IV : Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
1.
Peserta didik berdiskusi
kembali untuk menyeleaikan masalah yang diberikan guru.
2.
Peserta didik menuliskan
cara-cara menyelesaikan permasalahan di LKS yang telah diberikan guru.
3.
Guru membimbing peserta didik
menuliskan laporan yaitu berkaitan dengan cara-cara untuk menyelesaikan
permasaahan yang dibeikan pada lembar LKS yang telah disediakan.
|
|
Mengkomunikasikan
|
Fase V : Menganalisa dan mengevaluasi proses pemecahan masalah
1.
Guru meminta perwakilan setiap
kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusinya.
2.
Kelompok yang lain
memperhatikan dan memberikan tanggapan terhadap penampilan perwakilan kelopok
yang sedang presentasi.
3.
Guru mengevaluasi setiap
penampilan masing-masing kelompok dan memberikan penghargaan kepada kelompok
terbaik.
4.
Peserta didik diminta untuk
menyimpulkan pembelajaran hari ini.
|
|
Penutup
|
1. Peserta
didik merefleksi penguasaan materi yang telah dipelajari dengan membuat
catatan penguasaan materi.
2. Peserta
didik saling memberikan umpan balik hasil evaluasi pembelajaran yang telah
dicapai.
3.
Guru memberikan tes tulis (sesuai dengan instrumen pengetahuan yang
ada dihalaman berikutnya)
4.
Guru meminta peserta didik untuk mempelajari materi pada pertemuan
berikutnya yaitu bunga, pertumbuhan, dan peluruhan.
5.
Guru mengakhiri pembelajaran
dengan berdoa.
|
20 menit
|
G.
Penilaian Pembelajaran
a.
Teknik
dan Instrumen Penilaian:
Penilaian Sikap: observasi dan penilaian
rekan sebaya
Penilaian Pengetahuan: tes tertulis
Penilaian Keterampilan: unjuk kerja
b.
Prosedur
Penilaian:
No
|
Aspek yang dinilai
|
Teknik penilaian
|
Waktu penilaian
|
1
|
Sikap
1.
Disiplin dalam
mengikuti pelajaran dan mengumpulkan tugas
2.
Kerjasama
kelompok yang dikembangkan saat memecahkan masalah
3.
Kritis
dalam menanggapi permasalahan
4.
Cermat dalam
mengerjakan tugas kelompok yang diberikan
|
Observasi
Observasi
dan penilaian teman sebaya
Observasi
dan penilaian teman sebaya
Pemberian
tes tertulis
|
Selama
pembelajaran dan pengumpulan tugas
Selama
pembelajaran dan diskusi
Selama
pembelajaran dan diskusi kelompok
Selama
pembelajaran dan diskusi kelompok
|
2
|
Pengetahuan
1.
Menjelaskan
konsep matrikss
2.
Menentukan
nilai determinan suatu matris
3.
Menjelaskan
sifat operasi matriks
4.
Menentukan
inves suatu matriks
|
Tes
tertulis
|
Diakhiri dengan penghargaan kelompok
terbaik
|
3
|
Keterampilan
Menyelesaikan model matematika dalam bentuk
persamaan matriks dari masalah yang berkaitan
dengan persamaan linear
|
Penilaian
Unjuk kerja
|
Saat
proses pembelajaran
Setelah
laporan selesai (dengan batas waktu yang ditentukan ± 1 minggu).
|
c.
Instrumen dan Pedoman Penilaian
1 Penilaian
Religius
Indikator
penilaian religius:
Kurang Baik, jika setiap akan memulai dan mengakhiri
proses pembelajaran tidak berdoa.
Cukup Baik, jika memulai proses pembelajaran dengan
berdoa tetapi saat mengakhiri tidak berdoa atau sebaliknya
Baik, jika memulai dan mengakhiri proses pembelajaran
dengan berdoa tetapi tidak setiap saat
Sangat Baik, jika selalu setiap memulai dan mengakhiri
proses pembelajaran dengan berdoa
Berilah
tanda centang (
) pada kolom sesuai dengan indikator
di atas
NO.
|
Nama
Siswa
|
KB
|
CB
|
B
|
SB
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
KB
= Kurang Baik B = Baik
CB
= Cukup Baik SB = Sangat
Baik
2. Penilaian
Sikap
Rubrik:
Indikator sikap bekerjasama
dan berkomunikasi
dalam kegiatan kelompok:
1.
Kurang
baik,jika sama sekali tidak berusaha untuk bekerjasama dan berkomunikasi dalamkegiatankelompok.
2.
Cukup baik, jika
menunjukkan ada sedikit usaha untuk bekerjasama
dan berkomunikasi dalamkegiatankelompok.
3.
Baik,
jika menunjukkan sudah
ada usaha untuk bekerjasama
dan berkomunikasi dalamkegiatankelompok.
4.
Sangat
baik, jika menunjukkan adanya
usaha bekerjasama dan berkomunikasi secara
terus-menerus dalamkegiatankelompok.
Indikator sikap disiplin dalam mengikuti
pelajaran
dan mengumpulkan tugas:
1. Kurang baik, jika
sama sekali tidak disiplin dalam
mengikuti pelajaran
dan mengumpulkan tugas.
2. Cukup
baik, jika menunjukkan
ada sedikit sikap disiplin dalam mengikuti pelajaran dan mengumpulkan tugas.
3. Baik, jika
menunjukkan sudah ada usaha untuk bersikap disiplin dalam
mengikuti pelajaran
dan mengumpulkan tugas.
4. Sangat baik, jika
menunjukkan adanya usaha untuk selalu disiplin dalam
mengikuti pelajaran
dan mengumpulkan tugas.
Indikator sikap kritis dalam bekerja menyelesaikan
masalah
1. Kurang, jika
sama sekali tidak mengajukan pertanyaan dan memberi pendapat saat pembelajaran
berlangsung.
2. Cukup, jika
mengajukan satu kali pertanyaan dan memberi sedikit pendapat saat pembelajaran
berlangsung
3. Baik, jika
mengajukan dua satu pertanyaa dan memberi pendapat saat pembelajaran
berlangsung
4. Sangat baik, jika
mengajukan lebih dari dua pertanyaan dan selalu memberi pendapat saat
pembelajaran berlangsung.
Indikator sikap cermat dalam menyelesaikan masalah
1.
Kurang, jika sama sekali tidak teliti dan tidak
menyadari adanya kesalah saat menyelesaikan masalah yang diberikan saat
pembelajaran berlangsung.
2.
Cukup, jika menunjukkan ada sikap telit dan
sedikit menyadari adanya kesalahan dalam menyelesaikan masalah yang diberikan saat
pembelajaran berlangsung.
3.
Baik, jika sudah ada sikap teliti dan
menyadari jika ada kesalahan dalam myelesaikan masalah yang diberikan.
4.
Sangat baik, jika menunjukkan adanya sikap teliti dan
tidak ada kesalahan dalam menyelesaikan masalah yang diberikan.
Isilah kolom berikut dengan KB, CB, B, dan SB sesuai
pedoman indikator di atas.
No
|
Nama
|
Sikap
|
|||
Kerjasama
dan
komunikasi
|
Cermat
|
Disiplin
|
Kritis
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
KB
= Kurang Baik B = Baik
CB
= Cukup Baik SB = Sangat
Baik
2.penilaian
pengetahuan
indikator
|
instrumen
|
1.
Menjelaskan
konsep matrikss
2.
Menentukan
nilai determinan suatu matris
3.
Menjelaskan
sifat operasi matriks
4.
Menentukan
inves suatu matriks
|
Jelaskan
pengertian matriks dan bagian –bagian dari matriks?
Skor (15 )
Tentukan
determinal dari matriks
A =
Skor ( 20 )
Diketahui matriks A=
dan matriks B =
tentukan :
a.
B
+ A
b.
2A
- B
c.
3A
x 2B
Skor (40)
Tentukan
inves dari matriks
A =
Skor (25)
|
x + 3y = 1
2x – 4y = 9
|
3. Penilaian
Keterampilan
Indikator
|
Instrumen
|
Memuat dan menyelesaikan model matematika dalam bentuk
persamaan matriks dari masalah yang
berkaitan dengan persamaan linear
|
Wawan membeli 4 buku dan 2
bolpoin seharga Rp 11.400. Tina membeli 3 buku dan 4 bolpoin seharga Rp
11.300. Arman membeli sebuah buku dan sebuah bolpoin, ia membayar uang
5.000-an. Uang kembalian yang diterima Arman sebesar...
(Skor 100)
|
H. Alat/Media/Sumber
Belajar
1. Alat/Bahan : Kertas, pulpen
2. Media : LCD, power point, LKS
3. Sumber Belajar :
a. Buku Peserta didik Hal. 42 - 56 , Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik
Indonesia, 2014
b. Buku Guru Hal. 42 -60, Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, 2014
c. Internet
Bangkalan,23
Desember 2016
Mengetahui
Kepala SMA Negeri 2 Bangkalan Guru
Mata Pelajaran,
............................ RIDHO NUR ARIFIN, M.Pd
NIP. NIK
1446611026
Tidak ada komentar:
Posting Komentar