RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMPN 1 BANGKALAN
MATA PELAJARAN : MATEMATIKA
KELAS / SEMESTER : IX / GANJIL
ALOKASI WAKTU : 3 x 40 Menit
A.
KOMPETENSI
INTI (KI)
1. Menghargaidanmenghayatiajaran
agama yang dianutnya
|
2. Menghargaidanmenghayatiperilakujujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotongroyong), santun,
percayadiri,
dalamberinteraksisecaraefektifdenganlingkungansosialdanalamdalamjangkauanpergaulandankeberadaannya
|
3. Memahamidanmenerapkanpengetahuan
(faktual, konseptual, danprosedural) berdasarkan rasa
ingintahunyatentangilmupengetahuan, teknologi, seni,
budayaterkaitfenomenadankejadiantampakmata
|
4. Mengolah,
menyaji, danmenalardalamranahkonkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, danmembuat) danranahabstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, danmengarang) sesuaidengan yang dipelajari di sekolahdansumber
lain yang samadalamsudutpandang/teori
|
B.
KOMPETENSI
DASAR (KD)
1.1 Menghargaidanmenghayatiajaran
agama yang di anut
2.3Menunjukkanperilakujujurdanbertanggungjawabsebagaiwujudimplementasikejujurandalammelaporkan
data pengamatan
3.1 Memahamisifat-sifatbilanganberpangkatdanbentukakardalamsuatupermasalahan
4.1Menyelesaikanpermasalahannyata yang
berkaitandenganfungsikuadrat
C.
INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
1.1 Melakukankegiatanberdoasebelumdansesudahpelajaran
2.3
Mengarahkankepadapermasalahanataukegiatanuntuktidakmencontekataumeniru sesamateman
2.4 Mengumpulkan tugas tepat waktu.
3.1 Menjelaskansifat-sifatbilanganPerpangkatandanBentukAkar
4.1 Menyajikanpermasalahannyata yang
berkaitandenganfungsikuadrat
D.
MATERI
PEMBELAJARAN
PerpangkatandanBentukAkar
E.
MetodePembelajaran
a. Pendekatan : Saintifik
b. Model
Pembelajaran : Discovery Learning
c. Metode :
Diskusikelompok,tanyajawab, danpenugasan
F.
KegiatanPembelajaran
G. PENILAIAN PEMBELAJARAN
1.
Teknik
dan Instrumen Penilaian:
Penilaian Sikap :
observasi dan penilaian teman sebaya
Penilaian Pengetahuan :
tes tertulis
Penilaian Keterampilan :
unjuk kerja
2. Prosedur Penilaian:
No
|
Aspek
yang dinilai
|
Teknik
Penilaian
|
Waktu
Penilaian
|
1.
|
Sikap
1. Jujur
didalam mengerjakan tugas mandiri yang diberikan
2. Bertanggung
jawab dalam mengikuti
pelajaran dan mengumpulkan tugas
|
Observasi
Observasi dan penilaian teman sebaya
|
Selama
proses pengerjaan tugas mandiri
Selama
proses pembelajaran dan saat mengumpulkan tugas
|
2.
|
Pengetahuan
Menjelaskan
sifat-sifat bilangan Perpangkatan dan Bentuk Akar
|
Tes tulis
|
Diakhir
penyampaian materi
|
3.
|
Keterampilan
Menyajikan
permasalahan nyata yang berkaitan dengan fungsi kuadrat
|
Penilaian Unjuk kerja
|
Saat proses pembelajaran
Setelah
laporan selesai (dengan batas waktu yang ditentukan ± 1 minggu).
|
3.
Instrumen dan Pedoman Penilaian
1. Penilaian
Religius
Indikator
penilaian religius:
·
Kurang Baik, jika setiap
akan memulai dan mengakhiri proses pembelajaran tidak berdoa.
·
Cukup Baik, jika memulai
proses pembelajaran dengan berdoa tetapi saat mengakhiri tidak berdoa atau
sebaliknya
·
Baik, jika memulai dan
mengakhiri proses pembelajaran dengan berdoa tetapi tidak setiap saat
·
Sangat Baik, jika selalu
setiap memulai dan mengakhiri proses pembelajaran dengan berdoa
Berilah
tanda centang (V) pada kolom
sesuai dengan indikator di atas
NO.
|
Nama
Siswa
|
KB
|
CB
|
B
|
SB
|
Keterangan:
KB
= Kurang Baik B = Baik
CB
= Cukup Baik SB = Sangat
Baik
2. Penilaian
Sikap
Rubrik:
Indikator sikap jujur ketika
menyelesaikan tugas mandiri:
1.
Kurang
baik, jika sama sekali tidak jujur
dan selalu mencontekketika
menyelesaikan tugas mandiri.
2.
Cukup baik, jika
sebagian kecil tugas mandiri dikerjakan
secara jujur dan sering mencontek ketika
menyelesaikan tugas mandiri..
3.
Baik,
jika sebagian besar tugas mandiri dikerjakan
secara jujurtidak mencontek saat
menyelesaikan tugas mandiri.
4. Sangat baik, jika
seluruh tugas mandiri dikerjakan secara
jujur dan tidak pernah mencontek ketika
menyelesaikan tugas mandiri.
Indikator sikap bertanggung jawab dalam mengikuti
pelajaran
dan mengumpulkan tugas:
1. Kurang baik, jika
sama sekali tidak bertanggung
jawabdalam mengikuti pelajaran
dan tidak mengumpulkan tugas.
2. Cukup
baik, jika menunjukkan
ada sedikit sikap bertanggung jawabdalam
mengikuti pelajaran
dan sebagian kecil mengumpulkan tugas serta sering terlambat saat mengumpulkan
tugas.
3. Baik, jika
menunjukkan sudah ada usaha untuk bersikap bertanggung
jawabdalam mengikuti pelajaran
dan mengumpulkan sebagian besar tugas yang diberikan sertatepat waktu dalam mengumpulkannya.
4. Sangat baik, jika
menunjukkan adanya usaha untuk selalu bertanggung
jawabdalam mengikuti pelajaran
dan mengumpulkan tugas secara keseluruhan serta selalu tepat waktu dalam mengumpulkan
tugas.
Isilah kolom berikut dengan KB,
CB, B, dan SB sesuai pedoman indikator di atas.
No
|
Nama
|
Sikap
|
|
Jujur
|
Bertanggung Jawab
|
||
Keterangan:
KB = Kurang Baik B = Baik
CB = Cukup Baik SB = Sangat Baik
3. Penilaian
Pengetahuan
Indikator
|
Instrumen
|
Menjelaskan
sifat-sifat bilangan Perpangkatan dan Bentuk Akar
|
1.
Jabarkanlah
soal berikut untuk menemukan sifat-sifat bilangan berpangkat
(SKOR 100)
|
4. Penilaian
Keterampilan
Indikator
|
Instrumen
|
||||
Menyajikan
permasalahan nyata yang berkaitan dengan fungsi kuadrat
|
Tono dapat mengisi penuh sebuah keranjang bauh
waktu 12 menit. Jika tono mengisi keranjang tersebut dengan kecepatan dua
kali dari biasanya. Berapa menitkah waktu yang dibutuhkan Tono untuk mengisi
penuh keranjang buah tersebut ?
(SKOR 100)
|
||||
NO
|
Rubrik Penilaian
|
Skor
|
|||
1
|
Dapat
memahami langkah-langkah kegiatan 1.1 dan melakukannya dengan benar
|
3
|
|||
Dapat
memahami langkah-langkah kegiatan 1.1 dan namun belum melakukannya
dengan benar
|
2
|
||||
Belum dapat memahami langkah-langkah kegiatan 1.1 dan
namun belum melakukannya dengan benar
|
1
|
||||
2
|
Mampu
merumuskan pertanyaan yang berkaitan dengan kegiatan 1.1 dan mengarahkannya
ke masalah perpangkatan
|
3
|
|||
Mampu
merumuskan pertanyaan yang berkaitan dengan kegiatan 1.1 dan namun belum
mengarah ke masalah perpangkatan
|
2
|
||||
Pertanyaan
yang dirumuskan tidak berkaitan dengan kegiatan 1.1 dan namun belum mengarah
ke masalah perpangkatan
|
1
|
||||
3
|
Mendapatkan
data dengan benar dan menuliskan data pada tabel dengan benar
|
3
|
|||
Mendapatkan
data dengan benar dan namun tidak menuliskan data pada tabel dengan benar
|
2
|
||||
Tidak
mendapatkan data dengan benar dan tidak menuliskan data pada tabel dengan
benar
|
1
|
||||
4
|
Menemukan
hubungan antara dua variabel dan menguraikan penjelasan dengan benar
|
3
|
|||
Menemukan
hubungan antara dua variabel dan namun uraian penjelasan belum benar
|
2
|
||||
Tidak
menemukan hubungan antara dua variabel dan uraian penjelasan belum benar
|
1
|
||||
5
|
Dapat
memahami langkah-langkah kegiatan no 5 dan melakukannya dengan benar
|
3
|
|||
Dapat
memahami langkah-langkah kegiatan no 5 dan namun belum melakukannya
dengan benar
|
2
|
||||
Belum dapat memahami langkah-langkah kegiatan no 5
dan namun belum melakukannya dengan benar
|
1
|
||||
6
|
Dapat
merumuskan kesimpulan dengan benar dan memahami konsep perpangkatan
|
3
|
|||
Dapat
merumuskan kesimpulan dengan benar dan namun belum memahami konsep
perpangkatan
|
2
|
||||
Belum dapat
merumuskan kesimpulan dengan benar dan belum memahami konsep perpangkatan
|
1
|
||||
H.
ALAT
/ BAHAN, MEDIA, SUMBER BELAJAR
1. Alat
/ Bahan : Karton
kecil berwarna, gunting kertas
2. Media : Power Point
3. Sumber
Belajar :
·
Buku
Peserta Didik Hal 4 - 7 , Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan, 2015
·
Internet
·
Buku Peserta Didik Hal 34
- 37, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, 2015
Bangkalan,
............................. 2016
Mengetahui,
Kepala SMPN 1 BANGKALAN Guru Mata Pelajaran,
RIDHO NUR ARIFIN ANISA
SUBROTO
NIP. ....................................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar