RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
Sekolah : SMP Negeri 1 Bangkalan
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas
/ Semester : VIII / Ganjil
Alokasi
Waktu : 3 x 40 menit
A.
Kompetensi
Inti :
1.
Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi,
gotong-royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.
Memahami dan
menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata.
4.
Mengolah,
menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.
Kompetensi
Dasar :
1.1 Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan perilaku teliti dan sesuai prosedur dalam melakukan
ativitas di rumah, sekolah, dan masyarakat sebagai wujud implementasi
menggambar sketsa grafik fungsi aljabar sederhana pada sistem koordinat
Kartesius mengikuti prosedur.
3.5
Menyajikan fungsi dalam berbagai bentuk relasi,
pasangan berurut, rumus fungsi, tabel,
grafik, dan diagram.
4.2
Menggunakan konsep perbandingan untuk menyelesaikan
masalah nyata dengan
menggunakan tabel, grafik, dan persamaan.
C.
Indikator
Pencapaian Kompetensi :
1. Melakukan
proses berdoa sebelum dan sesudah proses pembelajaran.
2. Menyelesaikan
soal relasi dengan teliti.
3. Menyelesaikan soal fungsi dalam bentuk :
a. Relasi
b. Pasangan berurut
c. Rumus fungsi
d. Grafik
e. Diagram
4. Menyelesaikan
masalah nyata dengan tabel dan grafik
menggunakan konsep perbandingan.
D.
Materi
Pembelajaran
Fungsi
E.
Kegiatan
Pembelajaran
1.
Pendahuluan
( 20 menit)
·
Apersepsi : Guru bersama
siswa melakukan proses berdoa sebelum memulai pembelajaran. Guru melakukan tanya jawab dengan siswa tentang materi
himpunan yang sudah didapatkan di kelas VII SMP , yaitu guru menanyakan tentang pengertian
himpunan kepada siswa.
·
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran yaitu :
o
Siswa dapat menyelesaikan
soal dalam bentuk relasi.
o Siswa
dapat menyelesaikan soal fungsi dalam bentuk relasi, pasangan berurut, rumus
fungsi, grafik, dan diagram.
o Siswa
dapat masalah nyata dengan tabel dan grafik
menggunakan konsep perbandingan.
·
Motivasi :
Guru memotivasi peserta didik dengan
memberikan pengaruh, jika peserta didik memperhatikan materi yang disampaikan
maka peserta didik mampu menyelesaikan soal di akhir pembelajaran ataupun saat
UTS dan UAS.
2.
Kegiatan
Inti ( 90 menit)
o Mengamati
Fase 1 : Orientasi peserta didik kepada
masalah
ü Peserta didik mengamati permasalahan
yang disajikan oleh guru pada slide
power point :
Misalkan
fungsi f dari P = {1, 2, 3, 4, 5} ke Q = {1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10}. Relasi yang
didefinisikan adalah “dua kali dari”.
didefinisikan adalah “dua kali dari”.
ü Guru meminta peserta didik untuk menyelesaikan soal fungsi dalam
bentuk relasi, pasangan berurut, rumus fungsi,
grafik, dan diagram.
o Menanya
Fase 2 : Mengorganisasikan peserta didik
ü Guru memfasilitasi peserta
didik untuk menanyakan hal-hal
yang belum dipahami terkait dengan tugas
yang diberikan.
ü Guru mengarahkan
dan memancing peserta didik dengan cara mengajukan pertanyaan yang terkait
dengan konsep fungsi:
1.
Apa syarat suatu relasi merupakan fungsi?
2.
Mungkinkah ada fungsi dari suatu himpunan ke
himpunan itu sendiri?
ü Peserta didik mendiskusikan jawaban pertanyaan pancingan yang
diberikan oleh guru tentang konsep
fungsi secara berkelompok.
o Mencoba
Fase 3 : Membimbing penyelidikan individu dan
kelompok
ü Guru memfasilitasi peserta
didik untuk mengarahkan peserta
didik kepada kesimpulan bahwa:
1. Jika
semua daerah pada domain memiliki pasangan di daerah kodomain dan hanya boleh
memiliki satu pasangan saja.
2. Mungkin
ada fungsi dari
suatu himpunan ke himpunan itu sendiri jika anggota himpunan kedua himpunan
sama nilainya.
ü Guru memfasilitasi peserta didik untuk menyimpulkan bahwa dikatakan
fungsi jika memiliki pasangan tepat satu pada himpunan lainnya.
ü Peserta didik
secara berkelompok menuliskan
kesimpulan
dari hasil diskusi.
o Menalar
Fase 4 : Mengembangkan dan menyajikan hasil
karya
ü Guru meminta perwakilan setiap kelompok untuk menyajikan/mempresentasikan hasil diskusi masing-masing kelompok.
ü Kelompok lain menanggapi dan memberi saran terhadap apa yang disampaikan oleh kelompok yang presentasi.
o Mengkomunikasikan
Fase 5 : Menganalisa dan mengevaluasi proses
pemecahan masalah
ü Guru memfasilitasi peserta
didik untuk mengarahkan kesimpulan bahwa konsep fungsi dapat digunakan dengan syarat-syarat tertentu.
3. Penutup
ü Peserta
didik merefleksi penguasaan materi yang telah dipelajari dengan membuat catatan
penguasaan materi.
ü Peserta
didik saling memberikan umpan balik hasil evaluasi pembelajaran yang telah
dicapai.
ü
Guru memberikan tes tulis (sesuai
dengan instrumen pengetahuan yang ada dihalaman berikutnya)
ü Guru
meminta peserta didik untuk mempelajari
materi pada pertemuan berikutnya yaitu tentang persamaan garis lurus.
F. Penilaian
1. Teknik
Penilaian
Penilaian Sikap: observasi dan penilaian
rekan sebaya
Penilaian Pengetahuan: tes tertulis
Penilaian Keterampilan: unjuk kerja
a.
Prosedur
Penilaian :
No
|
Aspek
yang dinilai
|
Teknik
Penilaian
|
Waktu
Penilaian
|
1.
|
Sikap
1. Menyelesaikan
soal relasi dengan teliti.
2. Menyelesaikan
tugas sesuai dengan prosedur.
|
Observasi
Observasi
|
Selama
pembelajaran dan saat diskusi .
Selama
proses pembelajaran dan saat mengumpulkan tugas.
|
2.
|
Pengetahuan
Menyelesaikan soal fungsi
dalam bentuk relasi, pasangan
berurut, rumus fungsi, grafik dan
diagram.
|
Tes
tulis
|
Diakhir
penyampaian materi.
|
3.
|
Keterampilan
Menyelesaikan suatu masalah nyata
dengan konsep perbandingan.
|
Penilaian
Unjuk kerja
|
Saat
proses pembelajaran
Setelah
laporan selesai (dengan batas waktu yang ditentukan ± 1 minggu).
|
b.
Instrumen dan Pedoman Penilaian
1. Penilaian
Religius
Indikator penilaian
religius:
Kurang
Baik, jika setiap akan memulai dan mengakhiri proses pembelajaran tidak berdoa.
Cukup Baik, jika memulai proses
pembelajaran dengan berdoa tetapi saat mengakhiri tidak berdoa atau sebaliknya
Baik, jika selalu setiap memulai dan
mengakhiri proses pembelajaran dengan berdoa.
Berilah
tanda centang (V)
pada kolom sesuai dengan indikator di atas
NO.
|
Nama Siswa
|
KB
|
CB
|
B
|
Keterangan:
KB = Kurang Baik B = Baik
CB = Cukup Baik
2. Penilaian
Pengetahuan
Indikator
|
Instrumen
|
Menyelesaikan
soal fungsi dalam bentuk relasi, pasangan berurut, rumus fungsi, grafik dan
diagram.
|
1. h adalah fungsi dari
Himpunan Bilangan Asli {1, 2, 3, 4, …} ke Himpunan Bilangan Real R
dengan rumus: h(n) = 2n - 1 Nyatakan fungsi di atas dengan cara: a. pasangan berurut b. diagram panah c. tabel d. grafik
e. relasi
(SKOR 50)
2. Pak Mahir mempunyai
tiga anak: bernama Budi, Ani, dan Anton. Pak Ridwan mempunyai dua anak:
bernama Alex dan Rini. Pak Rudi mempunyai seorang anak bernama Suci.
a. Nyatakan dalam diagram panah, relasi “ayah dari” . b. Apakah relasi tersebut merupakan fungsi ? Jelaskan c. Nyatakan dalam diagram panah, relasi “anak dari” . d. Apakah relasi pada soal c merupakan fungsi ? Jelaskan . (SKOR 50) |
3.
Penilaian Keterampilan
Indikator
|
Instrumen
|
Menyelesaikan suatu masalah nyata dengan konsep
perbandingan.
|
Sebuah rumah mempunyai bak penampung
air. Melalui sebuah pipa, air dialirkan dari bak penampungan ke dalam bak
mandi. Volume air dalam bak mandi setelah 5 menit adalah 25 liter dan setelah
10 menit adalah 50 liter. Volume air dalam bak mandi setelah dialiri air
selama t menit dinyatakan sebagai V (t) = (V0
+ at) liter, dengan V0 adalah volume air dalam bak
mandi sebelum air dialirkan dan a adalah debit air (volume air) yang
dialirkan setiap menit.
a. Tentukan volume air dalam bak mandi sebelum air dialirkan . b. Berapa volume air dalam bak mandi setelah 15 menit ?
(SKOR 100)
|
4. Penilaian
Sikap
Rubrik:
Indikator
sikap teliti dalam kegiatan
kelompok:
1. Kurang baik, jika
sama sekali tidak menyelesaikan
soal relasi dengan teliti dalam kegiatan kelompok.
2. Cukup
baik, jika menunjukkan
sebagian
menyelesaikan soal relasi dengan teliti dalam kegiatan kelompok.
3. Baik, jika menunjukkan semua menyelesaikan soal
relasi dengan teliti dalam
kegiatan kelompok.
Indikator sikap
sesuai prosedur ketika menyelesaikan tugas mandiri:
1.
Kurang
baik, jika
hanya 1 prosedur yang benar dari
5 prosedur yang ada ketika menyelesaikan tugas mandiri.
2. Cukup
baik, jika hanya
3 prosedur yang benar dari 5 prosedur yang ada ketika
menyelesaikan tugas mandiri
3. Baik,
jika 5
prosedur yang ada benar ketika menyelesaikan tugas mandiri
Isilah kolom berikut dengan KB, CB, B, dan SB sesuai
pedoman indikator di atas.
No
|
Nama
|
Sikap
|
||
Teliti
|
Sesuai
Prosedur
|
|||
Keterangan:
KB = Kurang Baik B = Baik
CB = Cukup Baik
G.
Metode Pembelajaran
a. Model Pembelajaran : Berdasarkan Masalah
b. Metode : Diskusi kelompok, tanya
jawab, dan penugasan.
H.
Alat/Media/Sumber Belajar
a.
Alat/Bahan : Spidol.
penggaris, dan pulpen
b.
Media : LCD
dan power point
c.
Sumber
Belajar :
-
Kebudayaan, K. P. (2014).
Matematika SMP/MTs Kelas VIII Semester 1. Jakarta: Kementerian Pendidikan
dan Kebudayaan.
-
Madhavi, V. D. (2014). Jelajah
Matematika SMP Kelas VIII. Jakarta: Yudhistira.
- - Internet
Bangkalan, 15 Desember 2016
Mengetahui
Kepala SMP Negeri 1 Bangkalan Guru Mata Pelajaran,
Duriyah,
S.Pd., M.Pd RIDHO NUR ARIFIN , M.Pd.
NIP. 0788230998710
Tidak ada komentar:
Posting Komentar