Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
SATUAN PENDIDIKAN
|
:
|
SMA
Negeri 4 Bangkalan
|
MATA PELAJARAN
|
:
|
Matematika
|
KELAS / SEMESTER
|
:
|
X / satu
|
POKOK BAHASAN
|
:
|
Sistem Persamaan Linear
|
W A K T U
|
:
|
4 x
45 Menit
|
A. KOMPETENSI INTI :
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran
agama yang dianutnya.
2.
Menghayati dan mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama,
toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai
bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia.
3.
Memahami, menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa
ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
4.
Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B. KOMPETENSI DASAR dan Indikator
1.1 Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.1. Memiliki motivasi internal, kemampuan
Bekerjasama, konsisten, sikap disiplin, rasa percayadiri, dan sikap toleransi
dalam perbedaan strategi berpikir dalam memilih dan menerapkan
strategi menyelesaikannya
3.3 Mendeskripsikan
konsep sistem persamaan linier dua variabel dan tiga variabel serta
pertidaksamaan linier dua variabel dan mampu menerapkan berbagai strategi yang
efektif dalam menentukan himpunan penyelesaiannya serta memeriksa kebenaran
jawabannya dalam masalah matematika.
Indikator : Mediskripsikan
sistem persamaan linier dua variabel
Menentukan
penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel
Menentukan tafsiran geometri
dari sistem persamaan linear dua variabel
4.4 Menggunakan SPLDV, SPLTV dan
sistem pertidaksamaan
linear
duavariabel (SPtLDV) untuk menyajikan
masalah
kontekstual dan menjelaskan
makna tiap besaran
secara lisan maupun tulisan
Inikator : Terampil menggunakan SPLDV untuk menyelesaikan masalah
kontekstual
C.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Dengan proses mengamati, menanya, mengumpulkan informasi,
mengasosiasi dan mengomunikasikan melalui kegiatan di dalam kelas atau di luar
kelas, siswa dapat :
a. mendiskripsikan konsep persamaan linier
b. menentukan penyelesaian sistem
persamaan linear dua variabel.
c.memberikan tafsiran geometri dari
penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel
d.
terampil menggunakan SPLDV untuk menyelesaikan masalah kontekstual
D.
MATERI
AJAR
SPLDV
dan penyelesaiannya. ( Lihat Buku Siswa/Guru halaman 75 s/d 114)
E.
Metode
Pembelajaran :
a. Pendekatan : Saintifik
b. Model
Pembelajaran : Berdasarkan Masalah
c. Metode :
Diskusi kelompok,tanya jawab, dan penugasan
F.
Alat/Media/Sumber Belajar
a. Alat/Bahan : Spidol. penggaris,
dan pulpen
b. Media : LCD
c. Sumber Belajar :
a. Buku Peserta didik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013
b. Buku Guru Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013
c. Internet
G. KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR
KEGIATAN
|
WAKTU
|
||||||
PENDAHULUAN
|
1. Menyampaikan tujuan pembelajaran, meliputi tujuan proses dan afektif
2. Menginformasikan
pembelajaran yang akan digunakan
yaitu pembelajaran berdasarkan masalah .Pembahasan
masalah sistem persamaan linear dua variabel
(metode subtitusi,Eliminasi,Campuran
) yang berhubungan dengan kehidupan
sehari-hari
3. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai yaitu menemukan konsep
sistem persamaan linier dua variabel, tafsiran geometri
dari sistem persamaan linear dua variabel dan terampil menggunakan SPLDV
untuk menyelesaikan masalah kontekstual
4. Memotivasi
siswa agar dapat menggunakan pengetahuannya tentang sistem persamaan linear
dua variabel (metode subtitusi,
Eliminasi, Campuran)
5. Guru membagi kelompok menjadi 4-5
kelompok yang masing-masing kelompok beranggota 8 orang.
|
15 menit
|
|||||
Inti
Mengamati
Menanya
Mencoba
Menalar
Mengkomunikasikan
|
|
60 menit
|
|||||
PENUTUP
|
1.
Merefleksi materi yang
sudah diperoleh siswa
2.
Memberi tugas siswa
untuk dikerjakan di rumah
3.
Guru
mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan untuk tetap belajar.
|
15 menit
|
H. PENILAIAN
Alat/ Media/ Sumber pembelajaran
1.
Buku panduan siswa kelas X
2.
Lembar Aktifitas Siswa
3.
Lembar penilaian
LEMBAR
AKTIFITAS SISWA
Keliling suatu persegi panjang adalah 80
cm, dan panjangnya 13 cm
lebih dari lebarnya.
Tentukan panjang
dan lebar dari persegi panjang tersebut.
Jawab :
Misal : panjang =
x cm dan lebar = y cm.
Maka di penuhi :
Keliling Persegi Panjang = ........( panjang
.+....................)
K =.........( x
+....................)
80 = ........(
x +..................)
80 =
......x + ..... ......
...... x
+ ..... ..... =
80
x. + ..........
= 40 à persamaan Keliling ( persamaan 1)
Panjang = .........
+ 13
x. =
........ + 13 à persamaan hubungan panjang dan lebar ( persamaan 2)
Sehingga di peroleh
x + ...... =
40 à
Pers 1
x = ........ + 13 à Pers 2
CARA I
Dengan substitusi di dapat :
x +
....... = 40 à ( persm 1)
ó
(....... + 13)
+ ........ =
40
ó ......
...... + 13
= 40
ó ..... ...... =
40 - ........
ó ..... ...... =
27
..... = ........ Cm
Jadi Lebarnya =
...............cm
dan
x = ........... + 13 --à
pers 2
x = .......... + 13
x = ............ Cm
•
Jadi
panjangnya adalah .......... cm
CARA II : Eliminasi
...........................................
CARA III : Campuran
......................................
Penilaian Hasil Belajar
1.
Tehnik penilaian : pengamatan , tes tertulis
2.
Prosedur Penilaian
NO
|
Aspek yang
dinilai
|
Teknik
Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
1
|
Sikap
1.
Disiplin dalam
mengikuti pelajaran dan mengumpulkan tugas
2.
Kerjasama
kelompok yang dikembangkan saat memecahkan masalah
3. Kritis
dalam menanggapi permasalahan
4. Cermat dalam
mengerjakan tugas kelompok yang diberikan
|
Observasi
Observasi dan penilaian teman sebaya
Observasi dan penilaian teman sebaya
Pemberian tes
tertulis
|
Selama pembelajaran dan pengumpulan tugas
Selama pembelajaran dan diskusi
Selama pembelajaran dan diskusi kelompok
Selama
pembelajaran dan diskusi kelompok
|
2
|
Pengatahuan
|
Pengamatan dan
tes
|
Penyelesaian
tugas individu dan kelompok
|
3
|
Ketrampilan
Terampil
menerapkan strategi penyelesaian
masalah yang berkaitan dengan SPLDV secara tepat dan sistematis
|
Pengamatan
|
Penyelesaian
tugas individu dan kelompok saat diskusi
|
I.
Instrumen
Penilaian Hasil Belajar
Tes Tertulis
Lampiran 1, 2 dan 3
Mengetahui
Kepala SMA Negeri 4 Bangkalan
..............................................
|
Bangkalan, - -
201
Guru Mata Pelajaran
Ridho
Nur Arifin M.Pd
|
LAMPIRAN : 1
Lembar
Perngamatan Penilaian Sikap
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : X / 01
Pertemuan : 1
Waktu : 4 x 45 menit
No
|
Nama
Siswa
|
Sikap
|
||||||||
Aktif
|
Bekerja
sama
|
Toleran
|
||||||||
KB
|
B
|
SB
|
KB
|
B
|
SB
|
KB
|
B
|
SB
|
||
1
|
||||||||||
2
|
||||||||||
3
|
||||||||||
...
|
......
|
|||||||||
...
|
.......
|
|||||||||
Ket
KB : Kurang Baik
B : Baik
SB
: Sangat Baik
LAMPIRAN : 2
Lembar Perngamatan Penilaian Ketrampilan
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : X / 01
Pertemuan : 1
Waktu : 4 x 45 menit
No
|
Nama
Siswa
|
Ketrampilan
|
||
Menerapkan konsep/prinsip dan
strategi pemecahan masalah
|
||||
KT
|
T
|
ST
|
||
1
|
||||
2
|
||||
3
|
||||
...
|
......
|
|||
...
|
.......
|
|||
Ket
KT: Kurang Trampil
T
: Trampil
ST : Sangat Trampil
LAMPIRAN : 3
SOAL PENGETAHUAN/PEMECAHAN MASALAH
UNTUK KELOMPOK
Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan system
persamaan linear
1. Jumlah dua bilangan cacah adalah 112, dan
selisih kedua bilangan tersebut adalah 36. Tentukanlah bilangan-bilangan
tersebut.
1. Tiga tahun yang lalu umur Ayah 5 kali umur
anaknya, 3 tahun mendatang umur Ayah
tiga kali umur anaknya. Berapakah umur masing-masing saat ini ?
2.
Dari kedua
sudut diketahui bahwa yang satu ialah komplomen sudut yang lain (berpenyiku).
Jika sudut yang satu 570 lebih
besar dan yang lain, tentukan besar sudut masing-masing.
4. Enam piringan hitam dari suatu pabrik dan
empat piringan hitam dari pabrik yang lain harganya Rp. 158.000,-. Tiga piringan hitam dari pabrik pertama dan
sepuluh piringan hitam dari pabrik kedua harganya Rp. 215.000,- Hitunglah harga
satu piringan hitam dari masing-masing pabrik tersebut.
KUNCI JAWABAN SOAL KELOMPOK
NO
|
KUNCI JAWABAN
|
SKOR
|
1.
|
Misal :
bilangan pertama : x
Bilangan kedua
: y
Maka : x + y
= 112
.................................. (persm 1)
X
- y = 36
..................................
(persm 2)
Persamaan
(1) dan persm (2) dieliminasi
x + y = 112
X
- y = 36
____________ -
2y
= 76
Y = 38
Y= 38 di
substitusikan ke pers (2)
.x -
y = 36
.x - 38 = 36
X = 36
+ 38
X = 74
Jadi
bilangan itu x =74
Y=38
|
1
1
3
3
1
1
|
10
|
||
2
|
Misal : Umur
Ayah sekarang= x
Umur Anak sekarang = y
Dengan
demikian kita peroleh
X - 3 = 5 ( y - 3
)
X
- 3 = 5y - 15
X
- 5y = -
12 .....................(persm
1)
Tiga tahun
yang akan datang Umur Ayah = 3 kali umur anak sehingga diperoleh: ( x +
3 ) = 3 ( y + 3 )
X +
3 = 3y +9
X - 3 y
= 6 ........ (pers 2)
Dengan
demikian masalah diperoleh sistim
persamaan linear
X – 5y
= -12 .................(persm 1)
X – 3y
= 6 ................( persm
2)
Pers (1) dan
(2) di eliminasikan
X – 5y =
-12
X – 3y =
6
____________ -
. – 2y = -18
Y = 9
Sehingga x – 3y = 6
X - 3. 9 = 6
X = 6 + 27
X = 33
Jadi Umur
Ayah = 33 Th
Umur Anak = 9 Th
|
1
2
2
2
2
1
1
|
11
|
||
3.
|
Misal :
Sudut itu x da y
Karena
saling berpenyiku maka di peroleh :
X +
y = 90 ................(pers 1)
Sudut x
lebih besar 570 dari sudut y shingga diperoleh
X = y + 57
Maka
x - y = 57
.................. ( pers 2)
Pers (1) dan (2) dieliminasi
X +
y = 90
x -
y = 57
_____________ +
2x =
147
X = 73,5
X= 73,5
disubtitusikan ke pers (1)
X
+ y = 90
73,5 +
y = 90
Y = 16, 5
Jadi Besar
sudut x = 73,5
Besar sudut x = 16,5
|
1
2
2
2
1
1
1
1
11
|
4.
|
Misal : Piringan Hitam Pabrik ke 1 = x
Piringan
Hitam Pabrik ke 1 = y
Maka didapat pers
1
Sedangkan pers
2
Dengan menggunakan cara campuran (Eliminasi &
Subtitusi )
Pertama
Eliminasi dengan mengeliminir salah satu variabel. (Mis variabel x )
Jadi
-
16y =
-272.000
y = 17.000
Untuk y =
17.000 disubstitusikan ke pers 1 atau pers 2
Misal ke pers
1, didapat
Jadi harga piringan hitam dari pabrik ke 1 = Rp
17.000
harga piringan hitam dari pabrik ke 2 = Rp
15.000
|
1
2
2
1
2
1
1
1
|
13
|
Nilai = Skor Yang diperoleh
___________________ x 100
Skor Total
SOAL PENGETAHUAN/PEMECAHAN MASALAH UNTUK INDIVIDU
1.
Keliling
suatu persegi panjang ialah 98 cm, panjangnya 23 lebih dari lebarnya.
Hitunglah panjang dan lebarnya, kemudian tentukan pula luas persegi panjang
tersebut.
.
2. Seorang
penjual permen pada suatu
sore telah menjual 12 bungkus permen A dan 8 bungkus permen
B, seharga Rp. 88.000,-. Pada pagi harinya ia berhasil menjual 20 bungkus permen A dan 30 bungkus permen B dan uang yang diterima ialah Rp.
230.000,-. Tentukan besarnya harga jual untuk masing-masing permen perbungkusnya
KUNCI JAWABAN SOAL INDIVIDU
No
|
Jawaban
|
Skor
|
1.
|
Diketahui :
Keliling persegi panjang 98 cm
panjang adalah 23 dari lebarnya atau p = 23 + l
Ditanya :
Luas Persegi panjang
Jawab :
Misal
Panjang = x Lebar = y
p
= 23 + y
Maka didapat
K = 2 ( p + l )
K = 2 ( x + y )
98 = 2 ( 23 + y + y )
98 = 2 ( 23 + 2y )
98 = 46 + 4y
4y = 98 – 46
4y = 52
, Jadi Lebar = 13 cm
Ø
Untuk panjang didapat
Ø
Jadi Luas Persegi Panjang
|
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
|
Jumlah Skor
|
10
|
KUNCI JAWABAN INDIVIDUAL DAN PENSKORAN
No
|
Jawaban
|
Skor
|
Misal
Permen A = A
Permen B
= B
Maka didapat
pers (1)
pers (2)
Dengan menggunakan cara campuran (Eliminasi &
Subtitusi )
Pertama
Eliminasi dengan mengeliminir salah satu variabel.(Mis variabel B )
Jadi
50
A =
200.000
A = 40.000
Untuk A =
40.000 disubstitusi ke pers 1
Jadi harga
permen A perbungkusnya Rp 4.000
harga permen B perbungkusnya Rp
5.000
|
2
2
4
2
|
|
Jumlah Skor
|
10
|
Nilai = Skor Yang diperoleh
___________________ x 100
Skor Total
Tidak ada komentar:
Posting Komentar