RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SMA 4 Bangkalan
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/ semester : X /I
Alokasi Waktu : 4 x 45 menit ( 4 Jam pertemuan)
A. Kompetensi
Inti (KI)
KI
1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI
2 : Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai
bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia
KI
3: Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
KI
4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan
B. Kompetensi
Dasar (KD) dan Indikator
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
3.1
Menyusun
persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel yang memuat nilai mutlak
dari masalah kontekstual
|
3.1.1 Mengingat
kembali pengertian persamaan linear satu variabel
3.1.2 Mengingat
kembali pengertian pertidaksamaan linear satu variabel
3.1.3
Mendefinisikan pengertian nilai mutlak
3.1.4
Menuliskan sifat- sifat nilai mutlak
3.1.5 Menyusun
persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak linear satu variabel
3.1.6 Menentukan
penyelesaian pertidaksamaan nilai mutlak linear satu variabel
|
4.1 Menyelesaikan
masalah kontekstual yang berkaitan dengan persamaan atau pertidaksamaan nilai
mutlak dari bentuk linear satu
variabel
|
4.1.1 Mengunakan
konsep nilai mutlak untuk menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan
dengan nilai mutlak
4.1.2 Mengunakan
konsep persamaan dan pertidaksamaan untuk menentukan penyelesaian
permasalahan nilai mutlak
|
C. Materi
Pembelajaran
-
Persamaan
linear satu variabel
-
Pertidaksamaan
linear satu variabel
-
Definisi
nilai mutlak
-
Sifat-sifat
nilai mutlak
-
Fungsi
nilai mutlak
-
Persamaan
nilai mutlak linear satu variabel
-
Pertidaksamaan
nilai mutlak linear satu variabel
D. Kegiatan
Pembelajaran
1.
Pertemuan
Pertama (2JP)
Indikator
:
3.1.1Mengingat kembali pengertian
persamaan linear satu variabel
3.1.2 Mengingat kembali pengertian
pertidaksamaan linear satu variabel
3.1.3 Mendefinisikan pengertian
nilai mutlak
Kegiatan
|
Diskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Berdoa
2.
Guru mengabsen peserta didik
3.
Guru mengondisikan suasana belajar yang menyenangkan
4.
Guru mendiskusikan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya
berkaitan dengan kompetensi yang akan dipelajari.
5.
Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya
dalam kehidupan sehari-hari
6.
Guru menyampaikan menyampaikan garis besar cakupan materi,
kegiatan yang akan dilakukan, lingkup dan teknik penilaian yang akan
digunakan dalam pembelajaran.Guru
mengkondisikan suasana belajar yang menyenangkan
|
10 menit
|
Inti
|
Discovery
Learning:
1.
Stimulation (Pemberian Stimulus)
·
Guru
menyajikan suatu permasalahan yang berkaitan dengan materi pembelajaran.
2.
Problem
Satatement
(Identifikasi Masalah)
·
Siswa
mengidentifikasi permasalahan yang diberikan oleh guru..
3.
Data
Callecting
(Mengumpulkan Data)
Data Processing (Mengolah Data)
·
Semua
siswa mendapat tugas untuk menyelesaikan permasalahan.
·
Selama
siswa bekerja, guru memperhatikan dan mendorong semua siswa untuk
menyelesaikan pekerjaannya.
4.
Verification (Menguji Hasil)
·
Setelah
selesai siswa mengerjakan hasil pekerjaannya di papan tulis.
5.
Generalization (Menyimpulkan)
·
Siswa
bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran.
|
65 menit
|
Penutup
|
1.
Siswa
diminta membuat rangkuman tentang konsep nilai mutlak.
2.
Guru
dan siswa melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran yang telah
berlangsung.
3.
Guru
memberikan tes akhir kepada siswa.
4.
Guru
menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya
5.
Guru
mengakhiri kegiatan pembelajaran.
|
15 menit
|
2.
Pertemuan
Kedua (2JP)
Indikator
3.1.4 Menuliskan sifat- sifat nilai mutlak
3.1.5 Menyusun persamaan dan
pertidaksamaan nilai mutlak linear satu variabel
3.1.6 Menentukan penyelesaian persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak
linear satu variabel
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Berdoa
2.
Guru mengabsen peserta didik
3.
Guru mengondisikan suasana belajar yang menyenangkan
4.
Guru mendiskusikan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya
berkaitan dengan kompetensi yang akan dipelajari.
5.
Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya
dalam kehidupan sehari-hari
6.
Guru menyampaikan menyampaikan garis besar cakupan materi,
kegiatan yang akan dilakukan, lingkup dan teknik penilaian yang akan
digunakan dalam pembelajaran.Guru
mengkondisikan suasana belajar yang menyenangkan
|
10
menit
|
Inti
|
Discovery
Learning:
1.
Stimulation (Pemberian Stimulus)
·
Guru
menyajikan suatu permasalahan yang berkaitan dengan materi pembelajaran.
2.
Problem
Satatement
(Identifikasi Masalah)
·
Siswa
mengidentifikasi permasalahan yang diberikan oleh guru.
3.
Data
Callecting
(Mengumpulkan Data)
4.
Data
Processing
(Mengolah Data)
·
Semua
siswa mendapat tugas untuk menyelesaikan permasalahan.
·
Selama
siswa bekerja, guru memperhatikan dan mendorong semua siswa untuk
menyelesaikan pekerjaannya.
5.
Verification (Menguji Hasil)
·
Setelah
selesai siswa mengerjakan hasil pekerjaannya di papan tulis.
6.
Generalization (Menyimpulkan)
·
Siswa
bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran.
|
65
menit
|
Penutup
|
1.
Siswa
diminta membuat rangkuman tentang konsep nilai mutlak.
2.
Guru
dan siswa melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran yang telah
berlangsung.
3.
Guru
memberikan tes akhir kepada siswa.
4.
Guru
menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya
5.
Guru
mengakhiri kegiatan pembelajaran.
|
15
menit
|
E. Penilaian,
pembelajaran remedial, dan Pengayaan:
1. Teknik penilaian:
No
|
Aspek
yang dinilai
|
Teknik
Penilaian
|
Waktu
Penilaian
|
1.
|
Pengetahuan
a.
Menjelaskan
kembali konsep nilai mutlak.
b.
Mampu
menyelesaikan masalah nyata yang berkaitan dengan konsep nilai
mutlak.
|
Tes
tertulis
|
Penyelesaian tugas
|
2.
|
Keterampilan
a.
Terampil
menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan
dengan konsep nilai mutlak.
|
Pengamatan
|
Penyelesaian tugas
|
2. Instrumen penilaian:
Pertemuan
Pertama
1)
Pengetahuan
(terlampir)
2)
Keterampilan
(terlampir)
3.
Pembelajaran
Remedial dan Pengayaan
F. Media/alat,
Bahan, dan Sumber Belajar
1.
Media/alat:
Lembar
kegiatan siswa (terlampir)
2.
Bahan:
Konsep
Nilai Mutlak
3.
Sumber
Belajar
Matematika
untuk kelas X, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013.
Mengetahui,
Kepala SMA
4 Bangkalan
..............................................
|
Bangkalan
, 28 Desember 2016
Guru
Mata Pelajaran
Ridho Nur Arifin M.Pd
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar