RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMA NEGERI 4 Bangkalan
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : XI/2
Materi Pokok : Peluang
Alokasi Waktu : 2 × 45 menit
A. Kompetensi
Inti (KI)
1. Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.
Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.
Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, procedural berdasarkan
rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural
pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk
memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, dan menyaji
dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah
keilmuan.
B. Indikator
1.1 Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.1 memiliki motivasi
internal, kemampuan bekerja sama, konsisten,sikap disiplin,rasa percaya diri,
dan sikap toleransi dalam perbedaan strategi berpikir dalam memilih dan menerapkan
strategi menyelesaikan masalah.
3.1 mendeskripsikan konsep
peluang dan harapan suatu kejadian dan
menggunakannya dalam pemecahan masala.
4.1Mengidentifikasi, menyajikan model
matematika dan menentukan peluang dan harapan suatu kejadian dari masalah
kontektual.
C.
Materi Pembelajaran
Peluang
D.
Metode Pembelajaran
(problem-based learning).
E.
Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
Buku Siswa Matematika XI, LKS, Internet
F.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Siswa merespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan
dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
2.
Siswa menerima informasi tentang
pembelajaran yang akan dilaksanakan dengan materi yang memiliki keterkaitan
dengan materi sebelumnya.
3.
Siswa menerima informasi tentang
kompetensi, ruang lingkup materi, tujuan, manfaat, dan langkah
pembelajaran serta metode yang akan
dilaksanakan
4.
Melaksanakan pre tes tentang aturan
perkalian dalam kaidah pencacahan.
|
5 menit
|
Inti
|
Fase 1: Orientasi siswa kepada masalah
1.
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran dan aktivitas-aktivitas yang akan
dilakukan.
2.
Siswa didorong untuk mengajukan pertanyaan dan mencari informasi, guru
sebagai pembimbing dan fasilitator.
Fase 2: Mengorganisasikan siswa
1.
Membentuk kelompok-kelompok belajar.
2.
Guru dan siswa menetapkan subtopik-subtopik yang spesifik
3.
Guru mengupayakan agar siswa aktif terlibat dalam kegiatan
pembelajaran
Fase 3: Membimbing penyelidikan individu dan
kelompok
1.
Siswa melakukan pengumpulan data dengan mencari informasi dari
berbagai sumberGuru membantu pengumpulan data dengan mengajukan beberapa
pertanyaan untuk berfikir tentang masalah dan ragam informasi yang
dibutuhkan.
2.
Siswa menawarkan penjelasan dalam bentuk hipotesis dan pemecahan
masalah.
3.
Guru mendorong agar siswa dapat menyampaikan semua ide yang dimiliki
dalam upaya pemecahan masalah.
Fase 4: Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
1.
Siswa mempresentasikan hasil karyanya dalam pemecahan masalah (ada
kelompok yang menyampaikan masalah-1, sedangkan masalah-2 oleh kelompok yang
berbeda).
2. Guru memberi kesempatan kepada kelompok lain ataupun
siswa lain yang memiliki pendapat berbeda maupun ide yang berbeda untuk
mengemukakan gagasannya.
3. Guru
memberi penguatan kepada hasil karya siswa, apabila ada hasil yang tidak
sesuai dengan harapan guru wajib mengarahkan ke jalan yang benar.
Fase 5: Menganalisa dan mengevaluasi proses
pemecahan masalah
1.
Siswa menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah yang
telah dilakukan.
2.
Guru mendorong siswa untuk
merekonstruksi pemikiran dan aktivitas yang telah dilakukan selama proses
pembelajaran.
|
5 menit
5 menit
20 menit
20 menit
15 menit
|
Penutup
|
1.
Siswa menyimpulkan materi yang telah
dipelajari.
2.
Siswa merefleksi penguasaan materi
yang telah dipelajari dengan membuat catatan penguasaan materi.
3.
Siswa melakukan evaluasi pembelajaran.
4.
Siswa saling memberikan umpan balik
hasil evaluasi pembelajaran yang telah dicapai.
5.
Guru memberikan
tugas mandiri sebagai pelatihan keterampilan dalam
menyelesaikan masalah matematika yang berkaitan dengan peluang.
6.
Melaksanakan postes.
7.
Siswa yang belum mencapai
kompetensi dilakukan remidi,
8.
Siswa mendengarkan arahan guru untuk
materi pada pertemuan berikutnya
|
20 menit
|
G. Penilaian
- Jenis/teknik Penilaian
No
|
Aspek yang dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
1.
|
Sikap
a.
Terlibat aktif dalam pembelajaran peluang.
b.
Bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
c.
Toleran terhadap proses pemecahan
masalah yang berbeda dan kreatif.
|
Pengamatan
|
Selama pembelajaran dan saat diskusi
|
2.
|
Pengetahuan
a.
Menentukan ruang
sampel.
b.
Menentukan peluang
suatu kejadian.
c.
Menggunakan konsep
peluang dan harapan suatu kejadian untuk memecahkan masalah.
|
Pengamatan dan tes
|
Penyelesaian tugas individu dan
kelompok
|
3.
|
Keterampilan
a.
Terampil menyajikan
model matematika dari suatu masalah nyata yang berkaitan dengan peluang
suatu kejadian, serta
b.
Terampil menyelesaikan masalah
kontekstual yang berkaitan dengan peluang dan harapan suatu kejadian.
|
Pengamatan
|
Penyelesaian tugas (baik individu
maupun kelompok) dan saat diskusi
|
a.
Instrumen dan
Pedoman Penilaian
1. Penilaian Religius
Indikator
penilaian religius:
Kurang Baik, jika setiap akan memulai dan mengakhiri proses
pembelajaran tidak berdoa.
Cukup Baik, jika memulai proses
pembelajaran dengan berdoa tetapi saat mengakhiri tidak berdoa atau sebaliknya
Baik, jika memulai dan mengakhiri
proses pembelajaran dengan berdoa tetapi tidak setiap saat
Sangat Baik, jika selalu setiap memulai
dan mengakhiri proses pembelajaran dengan berdoa
Berilah tanda centang ()
pada kolom sesuai dengan indikator di atas
NO.
|
Nama Siswa
|
KB
|
CB
|
B
|
SB
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
KB = Kurang Baik B
= Baik
CB = Cukup Baik SB = Sangat Baik
2.
Penilaian
pengetahuan
Indikator
|
Instrumen
|
Mendeskripsikan
konsep peluang dan harapan suatu kejadian dan menggunakannya dalam pemecahan
masalah
|
1.
Dalam sebuah kotak
terdapat 12 bola yang sama dan berbeda warna, yaitu 5 bola berwarna merah, 4
bola berwarna kuning dan 3 bola berwarna biru. Jika seorang anak mengambil 3
bola secara acak, maka tentukan:
a.
banyaknya
anggota ruang sampel,
b.
peluang
terambil 2 bola berwarna merah,
c.
peluang
ketiga bola berwarna merah,
d.
peluang
ketiga bola berlainan warna,
e.
peluang
minimal 1 bola berwarna biru.
(Skor
50 )
|
|
2.
Di dalam kandang terdapat 30 ekor ayam, yaitu 10 ekor ayam
jantan, 6 di antaranya berbulu tidak hitam dan 20 ekor ayam berwarna hitam.
Ibu memilih 2 ekor ayam untuk dipotong, maka tentukan peluang bahwa ayam yang
terpilih untuk dipotong keduanya ayam betina berbulu tidak hitam.
(skor
50)
|
3.
Penilaian keterampilan
Indikator
|
Instrumen
|
Mengidentifikasi,
menyajikan model matematika dan menentukan peluang dan harapan suatu kejadian
dari masalah kontektual.
|
1.
Dalam sebuah kotak
terdapat 15 botol yang sama dan berbeda warna, yaitu 6 botol berwarna merah,
5 botol berwarna kuning dan 4 botol berwarna biru. Jika seorang anak
mengambil 3 botol secara acak, maka tentukan:
a.
banyaknya
anggota ruang sampel,
b.
peluang terambil
2 botol berwarna kuning,
c.
peluang
ketiga botol berwarna kuning,
d.
peluang
ketiga botol berlainan warna,
e.
peluang
minimal 1 botol berwarna merah
|
|
2.
Di dalam peternakan
terdapat 40 kambing, yaitu 30 ekor kambing jantan, 26 di antaranya berbulu
putih dan 12 ekor kambing berwarna hitam. Seorang pembeli memilih 2 ekor
kambing untuk dijual, maka tentukan peluang bahwa kambing yang terpilih untuk
dijual keduanya kambing betina berbulu putih.
|
4.
Penilaian
sikap
Rubrik :
Indikator
sikap
aktif dalam pembelajaran peluang
1.
Kurang baik jika menunjukkan sama sekali tidak ambil
bagian dalam pembelajaran
2.
Baik jika menunjukkan sudah ada usaha ambil bagian dalam pembelajaran tetapi belum
ajeg/konsisten
3.
Sangat baik jika menunjukkan sudah ambil bagian dalam menyelesaikan tugas kelompok secara terus menerus dan ajeg/konsisten
Indikator sikap bekerjasama
dalam kegiatan kelompok.
1.
Kurang baik jika sama sekali tidak berusaha untuk bekerjasama
dalam kegiatan kelompok.
2.
Baik jika menunjukkan sudah ada usaha untuk bekerjasama
dalam kegiatan kelompok tetapi masih belum
ajeg/konsisten.
3.
Sangat baik jika menunjukkan adanya usaha bekerjasama
dalam kegiatan kelompok secara terus menerus dan
ajeg/konsisten.
Indikator sikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan
kreatif.
1. Kurang baik jika
sama sekali tidak bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
2. Baik jika
menunjukkan sudah ada usaha untuk bersikap
toleran terhadap proses pemecahan masalah yang
berbeda dan kreatif tetapi masuih belum ajeg/konsisten.
3. Sangat baik jika menunjukkan sudah
ada usaha untuk bersikap
toleran terhadap proses pemecahan masalah yang
berbeda dan kreatif secara terus menerus dan ajeg/konsisten.
Bubuhkan tanda √ pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
No
|
Nama Siswa
|
Sikap
|
||||||||
Aktif
|
kejujuran
|
Toleran
|
||||||||
|
|
KB
|
B
|
SB
|
KB
|
B
|
SB
|
KB
|
B
|
SB
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
KB :
Kurang baik
B :
Baik
SB :
Sangat baik
Bangkalan , .............................
2016
Mengetahui
Kepala SMAN 4 Bangkalan Guru
Mata Pelajaran,
............................................ Ridho Nur Arifin M.Pd
NIP.
....................................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar