RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
SMPN 1 Kamal
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas /Semester :
VII/I
Alokasi waktu : 3 x 40 Menit
A.Standar
Kompetensi
2.Memahami
bentukaljabar, persamaan danpertidaksamaan linearsatu variabel
B.Kompetensi
Dasar
2.2
Melakukan operasi pada bentuk aljabar
C.Indikator
1.Memberikan
contoh bentuk aljabar
2.
Menyelesaikan operasi penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar
3.Menyelesaikan
Perkalian Konstanta dengan bentuk aljabar bersuku dua
D.Tujuan
Pembelajaran
1.Siswa
dapat memberikan contoh bentuk aljabar
2.Siswa
dapat menyelesaikan operasi penjumlahan dan operasi pengurangan bentuk aljabar
3.Siswa
dapat Menyelesaikan Perkalian Konstanta dengan bentuk aljabar bersuku dua
E.Materi
Pembelajaran
Penjumlahan,Pengurangan
dan Perkalian Konstanta dengan bentuk aljabar bersuku dua
F.Model/Metode/Strategi
Pembelajaran
Strategi
Pembelajaran Ekspositori
G.Langkah-langkah
Kegiatan
Langkah
Pembelajaran
|
Kegiatan
belajar
|
Alokasi
waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
-
Apersepsi
a.
Mengingat kembali tentang aljabar
b.
Guru mengingatkan kembali materi penjumlahan,pengurangan dan perkalian Bilangan bulat
-Tujuan
Siswa
dapat melakukan operasi penjumlahan, pengurangan dan perkalian.
-
Motivasi
Apabila
materi ini dikuasai dengan baik akan dapat membantu peserta didik
menyelesaikan masalah sehari-hari. Seperti : transaksi jual beli.
|
10
Menit
|
Kegiatan
Inti
|
a.Mengkaitkanpengetahuan
awal peserta didik tentang operasi hitung pada aljabar.
b.
Guru menjelaskan materi penjumlahan,pengurangan dan perkalian bentuk aljabar.
c.Guru
memberikan contoh soal penjumlahan,pengurangan dan perkalian bentuk aljabar.
d.Guru
meminta siswa mengerjakan soal latihan yang bersumber pada Buku Paket
Matematika.
e.Peserta didik diberi kesempatan untuk menanyakan materi
yang belum dipahami.
|
90
Menit
|
Kegiatan
Penutup
|
a.Guru
bersama siswa menyimpukan tentang operasi aljabar
c.Guru
memberikan pekerjaan rumah (PR).
|
20
Menit
|
Total waktu
|
|
120
Menit
|
H.Media/Sumber
belajar
Media : -
Sumber belajar :
Simangunsong, S. d. (2006). Matematika Untuk SMP
Kelas VII. Jakarta: ERLANGGA.
Sudirman. (2007). Cerdas Aktif Matematika Pelajaran
Matematika untuk SMP Kelas VII. Jakarta: Ganeca exact.
1.Bentuk Instrumen: pertanyaan
tertulis
2.Instrumen
Latihan soal
1.
berilah contoh bentuk aljabar ?
2.
Tentukan hasil penjumlahan dan pengurangan
berikut :
a. (5a2 + 3a + 1) + (4a2 + a + 3 ) =
b. (4x2
+ 2x – 1 ) – (2x2 + x + 1 ) =
3.
Tentukan hasil perkalian berikut ini, 5 (
p + 2q ) =
4.
Pedoman Penskoran
Jawaban
:
1. 5x
+ 2x (setiap siswa berbeda) Skor (10)
2.a. (5a2
+ 3a + 1) + (4a2 +
a + 3 ) = 5a2 + 4a2 +3a + a + 1 + 3 skor (20)
= 9a2
+ 4a + 4 Skor (15)
b.(4x2 + 2x – 1 ) – (2x2 +
x + 1 ) = 4x2 – 2x2 + 2x – x -1 -1 skor (20)
=
2x2+ x – 2 skor (15)
2. 5
( p + 2q ) = 5p + 10q skor (20)
Total skor = 100
Mengetahui Bangkalan,
15 November 2016
Kepala
Sekolah
SMPN
1 Kamal
Guru Mata Pelajaran
(
........................ ) ( Ridho Nur Arifin,M.Pd )
Tidak ada komentar:
Posting Komentar