RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
Sekolah : SMP Negeri 1 Bangkalan
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas
/ Semester : VIII / Ganjil
Alokasi
Waktu : 3 x 40 menit
A.
Kompetensi
Inti :
1.
Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi,
gotong-royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.
Memahami dan
menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata.
4.
Mengolah,
menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.
Kompetensi
Dasar :
1.1 Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.3 Menunjukkan perilaku jujur dan bertanggung jawab sebagai wujud
implementasi kejujuran dalam melaporkan data pengamatan
3.1 Menerapkan operasi aljabar yang melibatkan bilangan rasional
dan pecahan
4.4 Menyelesaikan permasalahan dengan menaksir besaran yang tidak
diketahui menggunakan grafik, aljabar, dan aritmatika.
C.
Indikator
Pencapaian Kompetensi :
1. Melakukan
proses berdoa sebelum dan sesudah proses pembelajaran.
2. Bersikap
jujur dan bertanggung jawab dalam melaporkan data pengamatan.
3. Menyelesaikan soal aljabar dalam bentuk bilangan rasional dan
pecahan.
4. Menyelesaikan
permasalahan tentang soal aljabar.
D.
Materi
Pembelajaran
Operasi
aljabar
E.
Kegiatan
Pembelajaran
1.
Pendahuluan
( 20 menit)
·
Apersepsi : Guru bersama
siswa melakukan proses berdoa sebelum memulai pembelajaran. Guru melakukan tanya jawab dengan siswa tentang materi aljabar yang sudah
didapatkan di kelas VII SMP ,
yaitu guru menanyakan tentang bentuk variabel, koefisien,dan konstanta
dalam aljabar.
·
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran yaitu :
ü
Siswa dapat menyelesaikan soal aljabar dalam bentuk bilangan rasional
dan pecahan
ü
Siswa dapat menyelesaikan
permasalahan tentang soal aljabar
·
Motivasi :
Guru memotivasi peserta didik dengan
memberikan pengaruh, jika peserta didik memperhatikan materi yang disampaikan
maka peserta didik mampu menyelesaikan soal di akhir pembelajaran ataupun saat
UTS dan UAS.
Kegiatan
Inti ( 90 menit)
o
Mengamati
Fase 1
1.
Orientasi peserta didik kepada masalah
ü Peserta didik
mengamati
permasalahan yang disajikan
oleh guru pada slide power
point .
ü Soal
: Suatu ketika Pak Veri membeli dua karung beras untuk kebutuhan hajatan di
rumahnya. Setelah dibawa pulang, istri Pak Veri merasa beras yang dibeli
kurang. Kemudian Pak Veri membeli lagi sebanyak 5 kg. Nyatakan bentuk aljabar
dari beras yang dibeli Pak Veri.
ü Guru
meminta peserta didik untuk menyelesaikan soal bentuk aljabar
o
Menanya
Fase 2
Mengorganisasikan peserta didik
ü Guru
memfasilitasi
peserta didik
untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami terkait dengan tugas yang diberikan.
ü Guru mengarahkan
dan memancing peserta didik dengan cara mengajukan pertanyaan yang terkait
dengan aljabar :
1. Apakah
simbol (variabel) yang boleh digunakan hanya x dan y?
ü Peserta didik mendiskusikan
jawaban pertanyaan pancingan
yang diberikan
oleh guru tentang bentuk aljabar secara berkelompok.
o
Mencoba
Fase 3
Membimbing penyelidikan individu dan
kelompok
ü peserta didik Guru memfasilitasi untuk mengarahkan peserta didik kepada kesimpulan bahwa :
1. Variabel
atau peubah yang boleh digunakan pada operasi aljabar tidak hanya x dan y saja
akan tetapi huruf alphabet dari a, b, c, d, ......, z .
ü Guru memfasilitasi peserta didik untuk menyimpulkan bahwa dikatakan operasi
aljabar tidak hanya menggunakan variabel x dan y saja akan tetapi semua huruf
alphabet dari a, b, c, ...., z.
ü Peserta didik
secara berkelompok menuliskan
kesimpulan
dari hasil diskusi.
o
Menalar
Fase 4
Mengembangkan dan menyajikan hasil
karya
ü Guru meminta perwakilan setiap kelompok untuk menyajikan/mempresentasikan hasil diskusi masing-masing kelompok.
ü Kelompok lain menanggapi dan memberi saran terhadap apa yang disampaikan oleh kelompok yang presentasi.
o
Mengkomunikasikan
Fase 5
Menganalisa dan mengevaluasi proses
pemecahan masalah
ü Guru memfasilitasi peserta didik untuk mengarahkan kesimpulan bahwa operasi
aljabar tidak hanya digunakan pada bilangan bulat akan tetapi bilangan
rasional.
3. Penutup
ü Peserta
didik merefleksi penguasaan materi yang telah dipelajari dengan membuat catatan
penguasaan materi.
ü Peserta
didik saling memberikan umpan balik hasil evaluasi pembelajaran yang telah
dicapai.
ü
Guru memberikan tes tulis (sesuai
dengan instrumen pengetahuan yang ada dihalaman berikutnya)
ü Guru
meminta peserta didik untuk mempelajari
materi pada pertemuan berikutnya yaitu tentang fungsi.
F. Penilaian
1. Teknik
Penilaian
Penilaian Sikap: observasi dan penilaian
rekan sebaya
Penilaian Pengetahuan: tes tertulis
Penilaian Keterampilan: unjuk kerja
a.
Prosedur
Penilaian :
No
|
Aspek yang dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
1.
|
Sikap
1. Jujur
dalam melaporkan data pengamatan
2. Bertanggung
jawab dalam melaporkan data pengamatan
|
Observasi
Observasi
|
Selama
pembelajaran dan saat diskusi .
Selama
proses pembelajaran dan saat mengumpulkan tugas.
|
2.
|
Pengetahuan
Menyelesaikan soal aljabar dalam
bentuk bilangan rasional dan
pecahan.
|
Tes
tulis
|
Diakhir
penyampaian materi.
|
3.
|
Keterampilan
Menyelesaikan permasalahan
tentang soal aljabar.
|
Penilaian
Unjuk kerja
|
Saat
proses pembelajaran
Setelah
laporan selesai (dengan batas waktu yang ditentukan ± 1 minggu).
|
b.
Instrumen dan Pedoman Penilaian
1. Penilaian
Religius
Indikator penilaian
religius:
Kurang
Baik, jika setiap akan memulai dan mengakhiri proses pembelajaran tidak berdoa.
Cukup Baik, jika memulai proses
pembelajaran dengan berdoa tetapi saat mengakhiri tidak
berdoa atau sebaliknya
Baik, jika selalu setiap memulai dan
mengakhiri proses pembelajaran dengan berdoa
Berilah
tanda centang (V)
pada kolom sesuai dengan indikator di atas
NO.
|
Nama Siswa
|
KB
|
CB
|
B
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
KB = Kurang Baik B = Baik
CB = Cukup Baik
Penilaian Pengetahuan
Indikator
|
Instrumen
|
Menyelesaikan
soal aljabar dalam bentuk bilangan rasional dan pecahan.
|
1. Misalkan m dan
n adalah bilangan bulat positif yang memenuhi 1/m + 1/n = 4/7 . Nilai m2 + n2 adalah
…
(SKOR 50)
2. Diketahui bahwa (1+1/2)(1+1/3)(1+1/4)(1+1/5).......
( 1 + 1/n ) = 11. Berapakah nilai n
yang memenuhi?
a. Sederhanakan bilangan yang di dalam kurung. b. Amati pola perkalian beberapa bilangan awal. c. Dengan mengamati, tentukan nilai n yang yang memenuhi persamaan di atas.
(SKOR 50)
|
2.
Penilaian Keterampilan
Indikator
|
Instrumen
|
Menyelesaikan permasalahan tentang soal aljabar.
|
Bu Marhawi membeli 14 kg
tepung, 17 kg wortel, dan 4 kg tomat. Karena terlalu lama disimpan 4 kg
tepung, 3 kg wortel, dan 3 kg tomat ternyata rusak/busuk. Tentukan tepung,
wortel, dan tomat yang tersisa. Jika harga tepung, wortel, dan tomat secara
berurutan adalah x rupiah, y rupiah, dan z rupiah,
nyatakan harga barang yang dibeli Bu Marhami tersebut dalam bentuk aljabar.
(SKOR 100)
|
3. Penilaian
Sikap
Rubrik:
Indikator
sikap Jujur dalam melaporkan data
pengamatan:
- Kurang baik,jika sama sekali tidak Jujur dalam melaporkan data pengamatan
2. Cukup
baik, jika menunjukkan
sudah ada sikap
Jujur
dalam melaporkan data pengamatan
3. Baik, jika menunjukkan sikap Jujur dalam melaporkan data
pengamatan
Indikator sikap
bertanggung
jawab dalam melaporkan data pengamatan.:
1.
Kurang
baik, jika sama sekali tidak bertanggung
jawab dalam melaporkan data pengamatan.
2. Cukup
baik, jika sebagian kecil bertanggung jawab dalam
melaporkan data pengamatan.
3. Baik, jika bertanggung
jawab dalam melaporkan data pengamatan.
Isilah kolom berikut dengan KB, CB, B, dan SB sesuai
pedoman indikator di atas.
No
|
Nama
|
Sikap
|
|
Jujur
|
Bertanggung jawab
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
KB = Kurang Baik B = Baik
CB = Cukup Baik
G. Metode
Pembelajaran
a. Model Pembelajaran : Berdasarkan Masalah
b. Metode : Diskusi kelompok, tanya jawab, dan penugasan.
H.
Alat/Media/Sumber Belajar
a.
Alat/Bahan : Spidol.
penggaris, dan pulpen
b.
Media : LCD dan
power point
c.
Sumber
Belajar :
-
Kebudayaan, K. P. (2014).
Matematika SMP/MTs Kelas VIII Semester 1. Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan.
-
Madhavi, V. D. (2014). Jelajah
Matematika SMP Kelas VIII. Jakarta: Yudhistira.
-
Internet
Bangkalan, 19 Desember 2016
Mengetahui
Kepala SMP Negeri 1 Bangkalan Guru Mata
Pelajaran,
........................................... Ridho Nur Arifin , M.Pd.
NIP. ..................................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar