RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
Sekolah : SMP Negeri 1 Bangkalan
Mata
Pelajaran : Matematika
Materi Pokok :
Operasi Aljabar
Kelas
/ Semester : VIII / Ganjil
Alokasi
Waktu : 3 x 40 menit
A.
Kompetensi
Inti :
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (toleransi, gotong-royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya.
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. Kompetensi Dasar :
1.1 Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.2
Menunjukkan
perilaku ingin tahu dalam melakukan aktivitas di rumah, sekolah, Dan,
masyarakat sebagai wujud implementasi penyelidikan operasi aljabar.
3.1 Menerapkan operasi aljabar yang melibatkan bilangan rasional
dan pecahan.
4.4 Menyelesaikan permasalahan dengan menaksir besaran yang tidak
diketahui menggunakan grafik, aljabar, dan aritmatika.
C. Indikator Pencapaian Kompetensi :
1.
Melakukan proses berdoa sebelum dan
sesudah proses pembelajaran.
2.
merespon
masalah yang diberikan oleh guru.
3.
Menyelesaikan
operasi aljabar menggunakan bilangan rasional dan pecahan.
4.
Menyelesaikan permasalahan tentang soal
aljabar.
D. Tujuan
Pembelajaran
Melalui proses pengamatan,
bertanya, mengumpulkan informasi, bernalar, diskusi, serta mengasosiasi peserta
didik dapat:
1.
Membandingkan berbagai jenis operasi aljabar.
2.
Menjelaskan
konsep operasi aljabar.
3. Menyatakan
suatu fenomena atau fakta dalam bentuk operasi aljabar.
4.
Menunjukkan perilaku ingin tahu respon
masalah yang diberikan guru
Keterangan:
· tujuan no.1 sampai 3 dicapai melalui proses pembelajaran
langsung
· tujuan no.4 dicapai mealui proses pembelajaran
tidak langsung.
E. Metode
Pembelajaran
1.
Pendekatan : Saintifik
2.
Model
Pembelajaran : Discovery
Learning
3.
Metode : Diskusi kelompok,tanya jawab, dan penugasan
F. Alat/Media/Sumber
Belajar
1. Alat/Bahan : Spidol. penggaris, dan
pulpen
2. Media :
LCD
3. Sumber Belajar :
a.
Buku
Peserta didik, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014
b.
Buku
Guru Hal, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014
c.
Internet
G. Materi Pembelajaran
Operasi
aljabar
H. Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
|
1. Guru
meminta peserta didik untuk berdoa sebelum memulai pelajaran dan peserta
didik mengikuti.
2. Guru
memberikan rangsangan berupa pertanyaan kepada peserta didik tentang bilangan bulat sebagai apersepsi
dan peserta didik memberikan respon.
3. Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran yang harus dicapai siswa
4. Guru
membagi peserta didik ke dalam kelompok kecil yang tediri dari 4-5 orang.
|
15 menit
|
Kegiatan
Inti
|
60 Menit
|
|
Mengamati
Menanya
Mencoba
Menalar
Mengkomunikasi
|
Fase 1
Stimulation
(stimulasi/pemberian
rangsangan)
1.
Peserta didik mengamati permasalahan
yang disajikan oleh guru dan menuliskan
apa yang diketahui serta ditanyakan:
pak
deni membeli tiga gelodong kain untuk keperluan menjahit baju seragam pesanan
sekolah SMP semangat 45. Setelah semua seragam selesai dijahit, ternyata kain
masih sisa 4 meter. Nyatakan bentuk aljabar kain yang digunakan untuk
menjahit?
|
|
2.
Peserta didik diminta menyatakan dalam bentuk
aljabar dari permasalahan
di atas.
|
||
Fase II
Problem statemen
(pertanyaan/ identifikasi masalah)
1.
Guru memfasilitasi peserta
didik untuk menanyakan hal-hal
yang belum dipahami terkait dengan tugas
yang diberikan.
2.
Guru
mengarahkan dan memancing peserta didik dengan cara mengajukan pertanyaan yang terkait dengan
aljabar:
Apakah pada penyelesaian operasi aljabar variabel yang
boleh digunakan hanya x dan y?
|
||
Fase III
Data collection
(pengumpulan data)
1.
Peserta didik mendiskusikan jawaban pertanyaan pancingan yang
diberikan oleh guru tentang aljabar
secara berkelompok.
|
||
Fase IV
Data processing (pengolahan data)
1.
Guru memfasilitasi peserta didik untuk mengarahkan peserta
didik kepada kesimpulan bahwa:
Dalam penyelesaian operasi aljabar variabel yang boleh
digunakan tidak hanya x dan y, tetapi huruf alphabet dari a, b, c, d, ......,
z .
2.
Peserta didik secara berkelompok menuliskan kesimpulan dari hasil diskusi
|
||
Fase V
Verification
(pembuktian)
1.
Guru meminta perwakilan setiap kelompok untuk menyajikan/mempresentasikan hasil diskusi masing-masing kelompok.
2.
Kelompok lain menanggapi dan memberi
saran terhadap apa yang disampaikan oleh kelompok
yang presentasi
|
||
Fase VI
Generalization
(menarik kesimpulan/generalisasi)
1.
Guru memfasilitasi peserta didik untuk mengarahkan kesimpulan bahwa
Dalam
penyelesaian operasi aljabar variabel yang boleh digunakan tidak hanya x dan
y, tetapi huruf alphabet dari a, b, c, d, ......, z .
|
|
|
Penutup
|
1. Peserta
didik merefleksi penguasaan materi yang telah dipelajari dengan membuat
catatan penguasaan materi.
2. Peserta
didik saling memberikan umpan balik hasil evaluasi pembelajaran yang telah
dicapai.
3.
Guru memberikan tes tulis (sesuai dengan
instrumen pengetahuan yang ada dihalaman berikutnya)
4. Guru
meminta peserta didik untuk
mempelajari materi pada pertemuan berikutnya.
|
15 menit
|
I.
Penilaian
1.
Teknik Penilaian
Penilaian Sikap: observasi dan penilaian rekan sebaya
Penilaian Pengetahuan: tes tertulis
Penilaian Keterampilan: unjuk kerja
a.
Prosedur
Penilaian:
No
|
Aspek
yang dinilai
|
Teknik
Penilaian
|
Waktu
Penilaian
|
1.
|
Rasa
ingin tahu
|
Pengamatan
|
Selama
proses pembelajaran saat merespon guru
|
2.
|
Pengetahuan
Menyelesaikan soal aljabar dalam
bentuk bilangan rasional dan
pecahan.
|
Tes
tulis
|
Diakhir
penyampaian materi.
|
3.
|
Keterampilan
Menyelesaikan
permasalahan tentang soal aljabar.
|
Penilaian
Unjuk kerja
|
Saat
proses pembelajaran
Setelah
laporan selesai (dengan batas waktu yang ditentukan ± 1 minggu).
|
b.
Instrumen dan Pedoman Penilaian
1. Penilaian
Religius
Indikator penilaian religius:
Kurang
Baik, jika setiap akan memulai dan mengakhiri proses pembelajaran tidak berdoa.
Cukup Baik, jika memulai proses pembelajaran dengan
berdoa tetapi saat mengakhiri tidak
berdoa atau sebaliknya
Baik, jika memulai dan mengakhiri proses pembelajaran
dengan berdoa tetapi tidak setiap saat
Sangat Baik, jika selalu setiap memulai dan mengakhiri
proses pembelajaran dengan berdoa
Berilah
tanda centang () pada kolom sesuai
dengan indikator di atas
NO.
|
Nama Siswa
|
KB
|
CB
|
B
|
SB
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
KB = Kurang Baik B = Baik
CB = Cukup Baik SB
= Sangat Baik
2. Penilaian
Pengetahuan
Indikator
|
Instrumen
|
Menyelesaikan
soal aljabar.
|
1.
a. Tentukan penjumlahan 7a +
4b dengan 8a - 6b
b.Tentukan pengurangan 7a +
4a dengan 8a – 6b
(SKOR 50)
2.
Tentukan
hasil kali dari bentuk- bentukaljabar berikut
a. (x + 5) x (5x
– 1)
b. (7 – 2x) x (2x – 7)
(SKOR 50)
|
3.
Penilaian Keterampilan
Indikator
|
Instrumen
|
Menyelesaikan permasalahan tentang soal aljabar.
|
Pak Tohir memiliki dua jenis hewan ternak, yaitu sapi dan ayam.
Banyaknya sapi dan ayam yang dimiliki pak tohir secara berturut turut adalah
27 sapi dan 1500 ayam. Seluruh sapi dan ayam tersebut akan dijual kepada
seorang pedagang ternak. (SKOR 100)
|
4.
Penilaian rasa ingin tahu
Rubrik:
Indikator
rasa
ingin tahu sebagai wujud implementasi penyelidikan operasi aljabar
1. Kurang baik,jika
sama sekali tidak berusaha untuk menyelesaikan
masalah dalam kegiatan
kelompok.
2. Cukup
baik, jika menunjukkan
ada sedikit usaha untuk menyelesaikan masalah
dalam kegiatan kelompok.
3. Baik, jika menunjukkan sudah ada
usaha untuk menyelesaikan masalah dalam kegiatan kelompok.
4. Sangat baik, jika
menunjukkan adanya usaha untuk menyelesaikan
masalah dalam kegiatan
kelompok.
Berilah tanda centang () pada kolom sesuai
dengan indikator di atas
NO.
|
Nama Siswa
|
KB
|
CB
|
B
|
SB
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
KB = Kurang Baik B = Baik
CB = Cukup Baik SB
= Sangat Baik
Bangkalan,
19 Desember 2016
Mengetahui
Kepala SMP Negeri 1 Bangkalan Guru Mata
Pelajaran,
................................... Ridho Nur Arifin
NIP............................
terima kasih sobat
BalasHapus