RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
Sekolah                       : SMP Negeri 1 Bangkalan
Mata
Pelajaran                      : Matematika
Materi Pokok                         :
Operasi Aljabar
Kelas
/ Semester                    : VIII / Ganjil
Alokasi
Waktu                      : 3 x 40 menit
A.   
Kompetensi
Inti :
1.      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (toleransi, gotong-royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya.
3.      Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.      Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.     Kompetensi Dasar :
1.1  Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.2
Menunjukkan
perilaku ingin tahu dalam melakukan aktivitas di rumah, sekolah, Dan,
masyarakat sebagai wujud implementasi penyelidikan operasi aljabar.
3.1 Menerapkan operasi aljabar yang melibatkan bilangan rasional
dan pecahan.
4.4 Menyelesaikan permasalahan dengan menaksir besaran yang tidak
diketahui menggunakan grafik, aljabar, dan aritmatika.
C.    Indikator Pencapaian Kompetensi :
1.     
Melakukan proses berdoa sebelum dan
sesudah proses pembelajaran.
2.     
merespon
masalah yang diberikan oleh guru.
3.     
Menyelesaikan
operasi aljabar menggunakan bilangan rasional dan pecahan.
4.     
Menyelesaikan permasalahan tentang soal
aljabar.
D.    Tujuan
Pembelajaran
Melalui proses pengamatan,
bertanya, mengumpulkan informasi, bernalar, diskusi, serta mengasosiasi peserta
didik dapat:
1.   
Membandingkan berbagai jenis operasi aljabar.
2.   
Menjelaskan
konsep operasi aljabar.
3.    Menyatakan
suatu fenomena atau fakta dalam bentuk operasi aljabar.
4.   
Menunjukkan perilaku ingin tahu respon
masalah yang diberikan guru
Keterangan: 
·      tujuan no.1 sampai 3 dicapai melalui proses pembelajaran
langsung
·      tujuan no.4 dicapai mealui proses pembelajaran
tidak langsung.
E.      Metode
Pembelajaran
1.      
Pendekatan                 : Saintifik
2.      
Model
Pembelajaran   : Discovery
Learning
3.      
Metode                        : Diskusi kelompok,tanya jawab, dan penugasan
F.      Alat/Media/Sumber
Belajar
1.       Alat/Bahan      : Spidol. penggaris, dan
pulpen 
2.       Media              :
LCD
3.       Sumber Belajar  :
a.      
Buku
Peserta didik, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014
b.     
Buku
Guru Hal, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014
c.      
Internet
G.     Materi Pembelajaran 
Operasi
aljabar
H.      Kegiatan Pembelajaran
| 
    
Kegiatan 
 | 
   
    
Deskripsi
   Kegiatan 
 | 
   
    
Alokasi
   waktu 
 | 
  
| 
   
Pendahuluan 
 | 
  
   
1.      Guru
  meminta peserta didik untuk berdoa sebelum memulai pelajaran dan peserta
  didik mengikuti. 
2.      Guru
  memberikan rangsangan berupa pertanyaan kepada peserta didik tentang bilangan bulat sebagai apersepsi
  dan  peserta didik memberikan respon. 
3.      Guru menyampaikan tujuan
  pembelajaran yang harus dicapai siswa 
4.      Guru
  membagi peserta didik ke dalam kelompok kecil yang tediri dari 4-5 orang. 
 | 
  
   
15 menit 
 | 
 
| 
   
Kegiatan
  Inti 
 | 
  
   
 60 Menit 
 | 
 |
| 
   
Mengamati 
Menanya 
Mencoba 
Menalar 
Mengkomunikasi 
 | 
  
   
Fase 1 
Stimulation
  (stimulasi/pemberian
  rangsangan) 
1.     
  Peserta didik mengamati permasalahan
  yang disajikan oleh guru dan menuliskan
  apa yang diketahui serta ditanyakan: 
pak
  deni membeli tiga gelodong kain untuk keperluan menjahit baju seragam pesanan
  sekolah SMP semangat 45. Setelah semua seragam selesai dijahit, ternyata kain
  masih sisa 4 meter. Nyatakan bentuk aljabar kain yang digunakan untuk
  menjahit? 
 | 
 |
| 
   
2.     
  Peserta didik diminta menyatakan dalam bentuk
  aljabar dari permasalahan
  di atas.  
 | 
 ||
| 
   
Fase II 
Problem statemen
  (pertanyaan/ identifikasi masalah) 
1.   
  Guru memfasilitasi peserta
  didik untuk menanyakan hal-hal
  yang belum dipahami terkait dengan tugas
  yang diberikan. 
2.   
  Guru
  mengarahkan dan memancing peserta didik dengan cara mengajukan pertanyaan yang terkait dengan
  aljabar: 
Apakah pada penyelesaian operasi aljabar variabel yang
  boleh digunakan hanya x dan y? 
 | 
 ||
| 
   
Fase III 
Data collection
  (pengumpulan data) 
1.       
  Peserta didik mendiskusikan jawaban pertanyaan pancingan yang 
  diberikan oleh guru tentang aljabar
  secara berkelompok. 
 | 
 ||
| 
   
Fase IV 
Data processing (pengolahan data) 
1.     
  Guru memfasilitasi peserta didik untuk mengarahkan peserta
  didik kepada kesimpulan bahwa: 
Dalam penyelesaian operasi aljabar variabel yang boleh
  digunakan tidak hanya x dan y, tetapi huruf alphabet dari a, b, c, d, ......,
  z . 
2.     
  Peserta didik secara berkelompok menuliskan kesimpulan dari hasil diskusi 
 | 
 ||
| 
   
Fase V 
Verification
  (pembuktian) 
1.     
  Guru meminta perwakilan setiap kelompok untuk menyajikan/mempresentasikan hasil diskusi masing-masing kelompok. 
2.     
  Kelompok lain menanggapi dan memberi
  saran terhadap apa yang disampaikan oleh kelompok
  yang presentasi 
 | 
 ||
| 
   
Fase VI 
Generalization
  (menarik kesimpulan/generalisasi) 
1.     
  Guru memfasilitasi peserta didik untuk mengarahkan kesimpulan bahwa  
Dalam
  penyelesaian operasi aljabar variabel yang boleh digunakan tidak hanya x dan
  y, tetapi huruf alphabet dari a, b, c, d, ......, z . 
 | 
  
   | 
 |
| 
   
Penutup 
 | 
  
   
1.     Peserta
  didik merefleksi penguasaan materi yang telah dipelajari dengan membuat
  catatan penguasaan materi. 
2.     Peserta
  didik saling memberikan umpan balik hasil evaluasi pembelajaran yang telah
  dicapai. 
3.    
  Guru memberikan tes tulis (sesuai dengan
  instrumen pengetahuan yang ada dihalaman berikutnya) 
4.     Guru
  meminta peserta didik  untuk
  mempelajari materi pada pertemuan berikutnya. 
 | 
  
   
15 menit 
 | 
 
I.        
Penilaian
1.     
Teknik Penilaian
Penilaian Sikap: observasi dan penilaian rekan sebaya
Penilaian Pengetahuan: tes tertulis 
Penilaian Keterampilan: unjuk kerja
a.   
Prosedur
Penilaian:
| 
    
No 
 | 
   
    
Aspek
   yang dinilai 
 | 
   
    
Teknik
   Penilaian 
 | 
   
    
Waktu
   Penilaian 
 | 
  
| 
   
1. 
 | 
  
   
Rasa
  ingin tahu 
 | 
  
   
Pengamatan 
 | 
  
   
Selama
  proses pembelajaran saat merespon guru 
 | 
 
| 
   
2. 
 | 
  
   
Pengetahuan 
Menyelesaikan soal aljabar dalam 
bentuk bilangan rasional dan 
pecahan. 
 | 
  
   
Tes
  tulis 
 | 
  
   
Diakhir
  penyampaian materi. 
 | 
 
| 
   
3. 
 | 
  
   
Keterampilan 
Menyelesaikan
  permasalahan tentang soal aljabar. 
 | 
  
   
Penilaian
  Unjuk kerja 
 | 
  
   
Saat
  proses pembelajaran 
Setelah
  laporan selesai (dengan batas waktu yang ditentukan ± 1 minggu). 
 | 
 
b.     
Instrumen  dan Pedoman Penilaian
1.    Penilaian
Religius
Indikator penilaian religius:
Kurang
Baik, jika setiap akan memulai dan mengakhiri proses pembelajaran tidak berdoa.
Cukup Baik, jika memulai proses pembelajaran dengan
berdoa tetapi saat mengakhiri tidak
berdoa atau sebaliknya
Baik, jika memulai dan mengakhiri proses pembelajaran
dengan berdoa tetapi tidak setiap saat
Sangat Baik, jika selalu setiap memulai dan mengakhiri
proses pembelajaran dengan berdoa 
Berilah
tanda centang (
) pada kolom sesuai
dengan indikator di atas
| 
   
NO. 
 | 
  
   
Nama Siswa 
 | 
  
   
KB 
 | 
  
   
CB 
 | 
  
   
B 
 | 
  
   
SB 
 | 
 
| 
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
Keterangan:
KB = Kurang Baik             B   = Baik
CB = Cukup Baik               SB
= Sangat Baik
2.    Penilaian
Pengetahuan
| 
   
Indikator 
 | 
  
   
Instrumen 
 | 
 
| 
   
Menyelesaikan
  soal aljabar. 
 | 
  
   
1.     
  a. Tentukan penjumlahan 7a +
  4b dengan 8a - 6b 
b.Tentukan pengurangan 7a +
  4a dengan 8a – 6b 
(SKOR 50) 
2.     
  Tentukan
  hasil kali dari bentuk- bentukaljabar  berikut 
a.      (x + 5) x (5x 
  – 1) 
b.      (7 – 2x) x (2x – 7) 
(SKOR 50) 
 | 
 
3.       
Penilaian Keterampilan
| 
   
Indikator 
 | 
  
   
Instrumen 
 | 
 
| 
   
Menyelesaikan permasalahan tentang soal aljabar. 
 | 
  
   
Pak Tohir memiliki dua jenis hewan ternak, yaitu sapi dan ayam.
  Banyaknya sapi dan ayam yang dimiliki pak tohir secara berturut turut adalah
  27 sapi dan 1500 ayam. Seluruh sapi dan ayam tersebut akan dijual kepada
  seorang pedagang ternak. (SKOR 100) 
 | 
 
4.       
Penilaian rasa ingin tahu
Rubrik:
Indikator
rasa
ingin tahu sebagai wujud implementasi penyelidikan operasi aljabar
1.    Kurang baik,jika
sama sekali tidak berusaha untuk menyelesaikan
masalah dalam kegiatan
kelompok.
2.    Cukup
baik, jika menunjukkan
ada sedikit usaha untuk menyelesaikan masalah
dalam kegiatan kelompok.
3.    Baik, jika menunjukkan sudah ada 
usaha untuk menyelesaikan masalah dalam kegiatan kelompok.
4.    Sangat baik, jika
menunjukkan adanya  usaha untuk menyelesaikan
masalah dalam kegiatan
kelompok.
Berilah tanda centang (
) pada kolom sesuai
dengan indikator di atas
| 
   
NO. 
 | 
  
   
Nama Siswa 
 | 
  
   
KB 
 | 
  
   
CB 
 | 
  
   
B 
 | 
  
   
SB 
 | 
 
| 
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
Keterangan:
KB = Kurang Baik             B   = Baik
CB = Cukup Baik               SB
= Sangat Baik
                                                                                                Bangkalan,
 19 Desember 2016
Mengetahui
Kepala SMP Negeri 1 Bangkalan                                                       Guru Mata
Pelajaran,
...................................                                                                          Ridho Nur Arifin 
NIP............................                                                 
terima kasih sobat
BalasHapus