RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMAN 4 bangkalan
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : XI / II
MateriPokok : sistem persamaan dan pertidaksamaan duavariabel
AlokasiWaktu : 2x 45 menit (1 kali pertemuan)
A. Kompetensi Inti
1.
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia.
3.
Memahami, menerapkan, menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, procedural berdasarkan rasa ingintahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B.
Kompetensi Dasar
1.1 Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Memiliki motivasi internal,
kemampuan bekerjasama, konsisten, sikapdisiplin, rasa percayadiri,dansikaptoleransidalamperbedaanstrategiberpikirdalammemilihdanmenerapkanstrategimenyelesaikanmasalah.
3.7 Memahami konsep sistem persamaan dan pertidaksamaan linier
dua variabel dan menerapkannya dalam pemecahan masalah program linear.
4.5 Merancang dan mengajukan masalah nyata berupa masalah
program linear,
dan menerapkan berbagai konsep dan aturan penyelesaian sistem pertidaksamaan linier
danmenentukannilai optimum denganmenggunakanfungsiselidik yang ditetapkan.
C. Indikator
1. membaca do’a sesuai dengan agama
masing-masing.
2.menunjukkan sikap konsisten,kemampuanbekerja
sama,,sikap disiplin,rasa percaya diri dan sikap toleransi dalam memilih dan
menerapkan strategi menyelesaikan masalah.
3.menyelesaikan soal
sistem persamaan dan pertidaksamaan linier dua variabel dan menerapkannya
dalam pemecahan masalah program linear
4.menyelesaikan permasalahan tentang masalah program
linier.
D.Materi
Pembelajaran
Sistem
persamaan linier dan pertidaksamaan dua variabel
E.Metode
Pembelajaran
(problem-based
learning).
Media, Alat
dan Sumber Pembelajaran
1.
Buku paket Matematika XI,
2.
Lks matematika
kelas XI
3.
internet
|
F.Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Siswa merespon salam dan
pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
2.
Siswa menerima informasi tentang pembelajaran yang akan dilaksanakan
dengan materi yang memiliki keterkaitan dengan materi sebelumnya.
3.
Siswa menerima informasi tentang kompetensi, ruang lingkup materi,
tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran
serta metode yang akan dilaksanakan
|
5 menit
|
Inti
|
Fase 1: Orientasi siswa
kepada masalah
1.
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran dan
aktivitas-aktivitas yang akan dilakukan.
2.
Siswa didorong untuk mengajukan
pertanyaan dan mencari informasi, guru sebagai pembimbing dan fasilitator.
Fase 2: Mengorganisasikan siswa
1.
Membentuk kelompok-kelompok belajar.
2.
Guru dan siswa menetapkan
subtopik-subtopik yang spesifik
3.
Guru mengupayakan agar siswa aktif
terlibat dalam kegiatan pembelajaran
Fase 3: Membimbing
penyelidikan individu dan kelompok
1.
Siswa melakukan pengumpulan data dengan
mencari informasi dari berbagai sumberGuru membantu pengumpulan data dengan
mengajukan beberapa pertanyaan untuk berfikir tentang masalah dan ragam
informasi yang dibutuhkan.
2.
Siswa menawarkan penjelasan dalam bentuk
hipotesis dan pemecahan masalah.
3.
Guru mendorong agar siswa dapat
menyampaikan semua ide yang dimiliki dalam upaya pemecahan masalah.
Fase 4: Mengembangkan
dan menyajikan hasil karya
1.
Siswa mempresentasikan hasil karyanya
dalam pemecahan masalah (ada kelompok yang menyampaikan masalah-1, sedangkan
masalah-2 oleh kelompok yang berbeda).
2. Guru memberi
kesempatan kepada kelompok lain ataupun siswa lain yang memiliki pendapat
berbeda maupun ide yang berbeda untuk mengemukakan gagasannya.
3. Guru memberi penguatan kepada hasil
karya siswa, apabila ada hasil yang tidak sesuai dengan harapan guru wajib
mengarahkan ke jalan yang benar.
Fase 5: Menganalisa
dan mengevaluasi proses pemecahan masalah
1.
Siswa menganalisis dan mengevaluasi
proses pemecahan masalah yang telah dilakukan.
2.
Guru
mendorong siswa untuk merekonstruksi pemikiran dan aktivitas yang telah
dilakukan selama proses pembelajaran.
|
5 menit
5 menit
20 menit
20 menit
15 menit
|
Penutup
|
1.
Siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
2.
Siswa merefleksi penguasaan materi yang telah dipelajari dengan membuat
catatan penguasaan materi.
3.
Siswa melakukan evaluasi pembelajaran.
4.
Siswa saling memberikan umpan balik hasil evaluasi pembelajaran yang
telah dicapai.
5.
Guru memberikan
tugas mandiri
sebagai pelatihan keterampilan dalam menyelesaikan masalah matematika yang
berkaitan dengan peluang.
6.
Melaksanakan postes.
7.
Siswa yang belum mencapai kompetensi dilakukan remidi,
8.
Siswa mendengarkan arahan guru untuk materi pada pertemuan berikutnya
|
20 menit
|
A. Penilaian
- Jenis/teknik Penilaian
No
|
Aspek yang dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
1.
|
Sikap
a.
Terlibat aktif dalam
pembelajaran sistem persamaan linier dan pertidak samaan linier dua variabel
b.
Bekerjasama dalam
kegiatan kelompok.
c.
Toleran terhadap
proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
|
Pengamatan
|
Selama pembelajaran dan saat diskusi
|
2.
|
Pengetahuan
a.
Menentukan permasalahan yang berhubungan
dengan sistem persamaan linier dua variabel
b.
Menggunakan
konsep sistem persamaan
linier untuk memecahkan masalah
|
Pengamatan dan
tes
|
Penyelesaian
tugas individu dan kelompok
|
3.
|
Keterampilan
a.
Terampil
menyajikan model matematika dari suatu masalah nyata yang berkaitan dengan sistem persamaan linier dan pertidaksamaan dua variabel
b.
Terampil menyelesaikan masalah
kontekstual yang berkaitan dengan sistem persamaan linier
|
Pengamatan
|
Penyelesaian tugas
(baik individu maupun kelompok) dan saat diskusi
|
a.
.instrumen dan pedoman penilaian
1.
Penilaian Religius
Indikator
penilaian Religius:
Kurang Baik , jika
setiap akan memulai dan mengakhiri proses pembelajaran tidak berdoa.
Cukup Baik , jika
memulai proses pembelajaran dengan berdoa tetapi saat mengakhiri tidak berdoa atau sebaliknya.
Baik , jika
memulai dan mengakhiri proses pembelajaran dengan berdoa tetapi tidaksetiap
saat.
Sangat Baik , jika
selalu setiap memulai dan mengakhiri proses pembelajaran dengan berdoa.
Berilah tanda
centang (
)
pada kolom sesuai dengan indikator di atas
NO.
|
Nama Siswa
|
KB
|
CB
|
B
|
SB
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
KB
= Kurang Baik B = Baik
CB
= Cukup Baik SB = Sangat
Baik
1.
Penilaian
Pengetahuan
Indikator
|
Instrumen
|
Menjelaskankonsep
system persamaan linierdanpertidaksamaan linier
|
a)
Tentukanhasildari system persamaan linier berikut !
3x + 2y=18
(SKOR 50)
b ).Tentukandaerahpenyelesaindari
system pertidaksamaan linier berikut3x
+ 5y ≤ 15
x ≥ 0
y ≥ 0
(SKOR 50)
|
2.
Penilaian
Keterampilan
Indikator
|
Instrumen
|
Menyatakansuatufenomenaataufaktadalambentukpersamaan
linier danpertidaksamaan linier
|
Pak
adimerupakanseorangpedagang roti. Beliaumenjual roti menggunakangerobak yang
dapatmemuat 600 bungkus roti. Roti yang dijualnyayaitu roti manisdan roti
tawardenganhargamasing-masingRp. 5.500,00 untuk roti manisdanRp 4.500,00
untuk roti tawarperbungkusnya .daripenjualan roti
tersebutbeliaumemperolehkeuntunganRp 500,00 darisebungkus rotimanisdanRp
600,00 darisebungkus roti tawar, apabila modal yang dimilikiolehpakBudi
adalah 600.000. buatlah model matematika agar mendapat kan untung yang sebesar-besarnya!
(SKOR 100)
|
4.Penilaian Sikap
Rubrik:
Indikator sikap konsisten
dalam memecahkan masalah.
1. Kurang baik jika menunjukkan sama sekali tidak menerima kesepakatan meskipun berbeda dengan
pendapatnya
2. Baik jika menunjukkan sudah ada usaha untuk menerima pendapat orang lain
3. Sangat baik jika menunjukkan sudah menerima kesepakatan meskipun berbeda
dengan pendapanya.
Indikator sikap bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
1. Kurang baik jika sama sekali tidak berusaha untuk bekerjasama dalam kegiatan
kelompok.
2. Baik jika menunjukkan sudah ada usaha untuk bekerjasama dalam kegiatan kelompok tetapi
masih belum ajeg/konsisten.
3. Sangat baik jika menunjukkan adanya usaha bekerjasama dalam kegiatan kelompok secara terus menerus dan
ajeg/konsisten.
Indikator sikap disiplin dalam mengikuti pelajaran dan mengumpulkan
tugas:
1. Kurang
baik, jika sama sekali tidak disiplin dalam mengikuti pelajaran dan mengumpulkan
tugas.
2. Baik, jika menunjukkan sudah ada
usaha untuk bersikap disiplin dalam mengikuti pelajaran dan mengumpulkan
tugas.
3. Sangat
baik, jika menunjukkan adanya
usaha untuk selalu disiplin dalam mengikuti pelajaran dan mengumpulkan
tugas.
Bubuhkan
tanda √pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
Nno
1
|
Nama Siswa
|
Sikap
|
||||||||
konsisten
|
Bekerja sama
|
Disiplin
|
||||||||
KB
|
B
|
SB
|
KB
|
B
|
SB
|
KB
|
B
|
SB
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
KB : Kurang baik
B : Baik
SB : Sangat baik
Mengetahui
Bangkalan,
Kepala SMAN
4 Bangkalan Guru
Mata Pelajaran,
............................................ RidhoNur Arifin M.Pd
NIK. .............................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar