RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
Sekolah :
SMP Negeri 1 Bangkalan
Mata
Pelajaran :
Matematika
Kelas
/ Semester :
VIII / Ganjil
Alokasi
Waktu :
3 x 40 menit
Standar
Kompetensi :
2. Memahami
sistem persamaan linear dua variabel danmenggunakannya dalam pemecahan masalah.
Kompetensi Dasar :
2.1 Menyelesaikan sistem
persamaan linear dua variabel.
Indikator :
1. Membuat contoh SPLDV.
2. Menyelesaikan SPLDV dalam bentuk model matematika yang berhubungan
dengan kehidupan sehari-hari.
I.
Tujuan
Pembelajaran :
1.
Siswa dapat memberikan contoh tentang
tentang SPLDV.
2.
Siswa dapat menyelesaikan SPLDV dalam
bentuk model matematika yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari.
II.
Materi
Pembelajaran :
Sistem
Persamaan Linear Dua Variabel
III.
Strategi
Pembelajaran :
Strategi Peningkatan Kemampuan Berpikir
(SPKB).
IV.
Langkah
– Langkah Kegiatan
a. Kegiatan
Pendahuluan ( 10 menit )
-
Apersepsi
: Tanya jawab dengan siswa tentang materi PLSV , yaitu guru menanyakan tentang pengertian dari PLSV kepada siswa.
-
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
yaitu :
1.
Siswa
dapat memberikan contoh tentang materi
SPLDV.
2.
Siswa dapat menyelesaikan materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel.
(SPLDV) dalam bentuk model matematika yang berhubungan dengan kehidupan
sehari-hari.
- Motivasi :
Memotivasi peserta didik dengan cara menghubungkan materi Sistem
Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) suatu kejadian dengan kehidupan sehari-hari siswa.
Misalnya : proses transaksi jual beli di toko atau di pasar dengan berbagai
macam barang.
b. Kegiatan
Inti ( 90 menit )
Strategi
Peningkatan Kemampuan Berfikir (SPKB)
SPKB
: Strategi yang bertumpu / menekankan proses berfikir siswa.
a.
Orientasi : Tahap pengenalan bagi siswa.
Guru
memberikan pengenalan kepada siswa tentang materi SPLDV. Pada proses ini guru
menampilkan slide power point untuk membuka pemikiran siswa.
b.
Pelacak : mencari tahu sejauh mana siswa
mengenal / mengetahui.
Guru
bertanya kepada siswa tentang materi SPLDV untuk mengetahui pemahaman siswa
terhadap pertanyaan yang diberikan.
c.
Konfrontasi : mengajukan masalah (
pertanyaan ).
Guru
mengajukan suatu masalah dalam kehidupan sehari-hari kepada siswa yang
berhubungan dengan materi SPLDV.
d.
Inquiri : penelitian, observasi mengenai
masalah yang diberikan ( pertanyaan ).
Guru
membimbing siswa menyelesaikan suatu masalah yang telah diberikan tentang
materi SPLDV.
e.
Akomodasi : memberi kesimpulan terhadap
masalah yang suah diteliti.
Guru
bersama siswa menyimpulkan materi SPLDV yang telah dipelajari.
f.
Transfer : bisa memecahkan masalah baru.
Guru
memberikan masalah baru yang lebih sulit terhadap siswa tentang materi SPLDV.
c.
Kegiatan
Penutup ( 20 menit )
Guru bersama siswa membuat rangkuman /
kesimpulan dari materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV).
Guru memberikan kuis kepada siswa terkait
meteri yang sudah dipelajari tentang Sistem Persamaan Linear Dua Variabel
(SPLDV).
Guru meminta siswa mempelajari materi
selanjutnya yaitu tentang Sistem Pertidaksamaan Linear Dua Variabel.
V.
Media
/ Sumber Belajar :
-
Agus, N. A. (2007). Mudah
Belajar Matematika 2. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan
Nasional.
-
Hadi, S. (2015). Aplikasi
Matematika. Jakarta: Yudhistira.
-
Simangunson, S. d.
(2006). Matematika SMP Jilid 2 Kelas VIII. Jakarta: Erlangga.
-
Sugiyono, M. A. (2007). Matematika
untuk Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Erlangga.
-
Power point
VI.
Penilaian
Bentuk Instrumen
: Uraian
Instrumen / Soal :
1.
Nyatakan
variabel p dalam variabel q dan variabel q dalam variabel p untuk
persamaan linear dua variabel berikut :
a.p-3q= 15
b.2p+3q-12= 0
2.
Susan
membeli 5 buah apel dan 10 buah mangga dengan harga Rp 85.000,- sedangkan Rani
membeli 3 buah apel dan 5 buah mangga dengan harga Rp 46.000,-
a.
Susunlah
persamaan linear dua variabel dari kejadian tersebut
b.
Apakah
keduanya termasuk sistem persamaan linear dua variabel ?
3.
Susunlah
SPLDV dari kalimat –kalimat berikut :
a.
Rony
membeli 8 buku tulis dan 2 batang pensil dengan harga Rp 46.000,-
b.
Jumlah
dari 5 kali jarak kota A ke kota B dan 3 kali jarak kota C ke kota D adalah
1.350 km
4.
Andika
dan Yolanda pergi ke sebuah toko alat tulis. Mereka ingin membeli pensil dan
buku. Andika membeli 3 kotak pensil dan
2 lusin buku seharga Rp.74.500,- , sedangkan Yolanda membeli 5 kotak pensil dan
3 lusin buku seharga Rp 115.500,- .
a.Susunlah kalimat matematika dari
masalah diatas.
b.Tentukan harga selusin buku dan
harga sekotak pensi dengan cara SPLDV
Penyelesaian :
No
|
Penyelesaian
|
Skor
|
|||||||||||
1.
|
a. p-3q=
15
·
p=3q+ 5 (variabel p dinyatakan dalam variabel
q)
·
-3q = 15 - p
-q =
q = (variabel q dinyatakan dalam variabel p )
b. 2p+3q-12= 0
·
2p = 12 – 3q
p =
p = 6 - q (variabel p dinyatakan dalam variabel q)
·
3q = 12 – 2p
q =
q = 4 - p (variabel q dinyatakan dalam variabel p )
|
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
3
|
|||||||||||
2.
|
a.Misalkan:
a = harga
sebuah apel
m =harga
sebuah mangga
persamaan linear dua variabel adalah:
b.Kedua persamaan linear dua variabel tersebut
termasuk sistem persamaan linear dua variabel yang mempunyai penyelesaian a = 7.000 dan m = 5.000
|
5
5
10
|
|||||||||||
3.
|
a.Rony membeli 8 buku tulis dan 2 batang pensil
dengan harga Rp 46.000,-
SPLDV :
8x + 2y = 46.000
b.Jumlah dari 5 kali jarak kota A ke kota B dan 3
kali jarak kota C ke kota D adalah 1.350 km
SPLDV :
5x + 3y = 1350
|
10
10
|
|||||||||||
4.
|
a. 3x +
2y = 74.500
5x + 3y = 115.500
b. 3x +
2y = 74.500 . . . . . . . . . . . (1)
5x + 3y = 115.500 . . . . . . . . . . (2)
Eliminasi
persamaan 1 dan 2 :
3x + 2y =
74.500 x3 9x + 6y = 223.500
5x + 3y = 115.500 x2
10x + 6y = 231.000
-x = - 7.500
x = 7.500
Substitusikan nilai x = 7.500 ke persamaan
1.
3x + 2y = 74.500
3(7.500)
+ 2y = 74.500
22.500 + 2y = 74.500
2y = 74.500 – 22.500
2y = 52.000
y =
y = 26.000
jadi harga selusin buku adalah Rp 26.000 dan harga
sekotak pensil adalah Rp 7.500
|
5
5
5
15
5
|
|||||||||||
Total Skor
|
100
|
Mengetahui
Kepala
Sekolah SMP Negeri 1 Bangkalan
....................................................
NIP. ..........................................
|
Bangkalan, 15 November 2016
Guru Matematika
Ridho Nur Arifin, M.Pd
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar