Kamis, 27 April 2017

RPP K13 Matematika SMA Kelas 10 Semester 1 | Materi Bunga Majemuk dan Angsuran Anuitas



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Sekolah                                   :          SMAN 4 BANGKALAN
MATA PELAJARAN            :           MATEMATIKA
KELAS / SEMESTER            :           X / GANJIL
ALOKASI WAKTU              :           3 X 45 Menit


A.    KOMPETENSI INTI (KI)
1.      Menghargaidanmenghayatiajaran agama yang dianutnya
2.      Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3.      Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4.      Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.   KOMPETENSI DASAR (KD)
1.1 Menghargaidanmenghayatiajaran agama yang di anut
2.2Menunjukkan sikap kerjasama dalam melakukan kegiatan belajar membuat model matematika dari masalah yang berkaitan dengan bunga dan angsuran
3.6Memahami dan menerapkan konsep barisan dan deret pada konteks dunia nyata, seperti bunga, pertumbuhan, dan peluruhan
4.3Menerapkan konsep dan menemukan pola barisan dan deret dan menerapkannya dalam menyelesaikan masalah nyata terkait perhitungan bunga majemuk, pertumbuhan dan peluruhan

C.     INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1.1  Melakukankegiatanberdoasebelumdansesudahpelajaran
2.2Bekerjasamadanberkomunikasidalamkelompokuntukkegiatanbelajarmembuatmodel matematikadarimasalah yang berkaitandenganbungadanangsuran
3.6 Menjelaskan danmenerapkankonsep barisandanderetsepertibunga, pertumbuhandanpeluruhan
            4.3 Menemukanpolabarisandanderet
      4.4 Menyelesaikanmasalah yang berkaitandenganperhitunganbungamajemuk, pertumbuhandanpeluruhandenganmenggunakankonsepbarisandanderet

D.    MATERI PEMBELAJARAN
BungaMajemukdanAngsuranAnuitas
E.     MetodePembelajaran
a.       Pendekatan                 : Saintifik
b.      Model Pembelajaran   : BerdasarkanMasalah
c.       Metode                        : Ceramah, Diskusikelompok,tanyajawab, danpenugasan

F.      KegiatanPembelajaran

 
 
 
 

A.    PENILAIAN PEMBELAJARAN
1.      TeknikdanInstrumen Penilaian:
PenilaianSikap                   :   observasidanpenilaiantemansebaya
PenilaianPengetahuan       :   testertulis
PenilaianKeterampilan      :   unjukkerja
2.      Prosedur Penilaian:
No
Aspek yang dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
1.
Sikap
Kerjasamakelompok yang dikembangkansaatmemecahkanmasalah


Observasi dan penilaian teman sebaya


Selamapembelajarandansaatdiskusi
2.
Pengetahuan
Menjelaskansifat-sifatbilanganPerpangkatandanBentukAkar

Tes tulis


Diakhirpenyampaianmateri
3.

Keterampilan
Menyajikanpermasalahannyata yang berkaitandenganfungsikuadrat

Penilaian Unjuk kerja



Saat proses pembelajaran
Setelahlaporanselesai (denganbataswaktu yang ditentukan ± 1minggu).


3.      InstrumendanPedomanPenilaian

1.    PenilaianReligius

Indikatorpenilaianreligius:
·         KurangBaik, jikasetiapakanmemulaidanmengakhiri proses pembelajarantidakberdoa.
·         CukupBaik, jikamemulai proses pembelajarandenganberdoatetapisaatmengakhiritidakberdoaatausebaliknya
·         Baik, jikamemulaidanmengakhiri proses pembelajarandenganberdoatetapitidaksetiapsaat
·         SangatBaik, jikaselalusetiapmemulaidanmengakhiri proses pembelajarandenganberdoa
Berilahtandacentang () pada kolom sesuai dengan indikator di atas
NO.
NamaSiswa
KB
CB
B
SB
























Keterangan:
KB = KurangBaik              B   = Baik
CB = CukupBaik                SB = SangatBaik

2.    PenilaianSikap
Rubrik:
Indikator sikap bekerjasamadanberkomunikasi dalam kegiatan kelompok:
·         Kurang baik,jika sama sekali tidak berusaha untuk bekerjasamadanberkomunikasidalamkegiatankelompok.
·         Cukupbaik, jika menunjukkan ada sedikit usaha untuk bekerjasamadanberkomunikasidalamkegiatankelompok.
·         Baik, jika menunjukkan sudah ada  usaha untuk bekerjasamadanberkomunikasidalamkegiatankelompok.
·         Sangat baik, jika menunjukkan adanya  usaha bekerjasamadanberkomunikasisecaraterus-menerusdalamkegiatankelompok.

Isilahkolomberikutdengan KB, CB, B, dan SB sesuaipedomanindikator di atas.
No
Nama
Sikap

Kerjasama
dan
komunikasi





















Keterangan:
KB = KurangBaik              B   = Baik
CB = CukupBaik                SB = SangatBaik
3.    Penilaian Pengetahuan
Indikator
Instrumen
menjelaskan danmenerapkankonsep barisandanderetsepertibunga, pertumbuhandanpeluruhan
1.      Perusahaan genteng Magetanmenghasilkan 3000 buahgentengpadabulanpertamaproduksinya. Denganpenambahantenagakerjadanpeningkatanproduktifitas ,perusahaanmampumenambahproduksinyasebanyak 500 buahsetiapbulan. Jikaperkembanganproduksinyakonstan. Berapabuahgenteng yang dihasilkansampaidenganbulantersebut ?

(SKOR 100)
 
4.  Penilaian Keterampilan

 


















H.    ALAT / BAHAN, MEDIA, SUMBER BELAJAR
1.      Alat / Bahan                      : Kartonkecilberwarna, guntingkertas
2.      Media                                : Power Point
3.      SumberBelajar                   :
·         Buku Peserta Didik Hal 74 - 77, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2015

·         Internet

·         Buku Peserta Didik Hal 92 - 100, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, 2015




Bangkalan,   ............................. 2016

Mengetahui,
Kepala SMAN 4 BANGKALAN                                                      Guru Mata Pelajaran,


............................................                                                      Gr. RIDHO NUR ARIFIN, M.Pd.
NIP. ....................................                                                   









Tidak ada komentar:

Posting Komentar