Jumat, 21 April 2017

RPP K13 Matematika SMP Kelas 9 Semester 1 | Materi Perpangkatan dan Bentuk Akar

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                                   :  SMPN 1 BANGKALAN
MATA PELAJARAN            :  MATEMATIKA
KELAS / SEMESTER            :  IX / GANJIL
ALOKASI WAKTU              :  3 x 40 Menit
      

A.    KOMPETENSI INTI (KI)
1.   Menghargaidanmenghayatiajaran agama yang dianutnya
2.   Menghargaidanmenghayatiperilakujujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotongroyong), santun, percayadiri, dalamberinteraksisecaraefektifdenganlingkungansosialdanalamdalamjangkauanpergaulandankeberadaannya
3.   Memahamidanmenerapkanpengetahuan (faktual, konseptual, danprosedural) berdasarkan rasa ingintahunyatentangilmupengetahuan, teknologi, seni, budayaterkaitfenomenadankejadiantampakmata
4.   Mengolah, menyaji, danmenalardalamranahkonkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, danmembuat) danranahabstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, danmengarang) sesuaidengan yang dipelajari di sekolahdansumber lain yang samadalamsudutpandang/teori

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
1.1  Menghargaidanmenghayatiajaran agama yang di anut
2.3Menunjukkanperilakujujurdanbertanggungjawabsebagaiwujudimplementasikejujurandalammelaporkan data pengamatan
3.1   Memahamisifat-sifatbilanganberpangkatdanbentukakardalamsuatupermasalahan
  4.1Menyelesaikanpermasalahannyata yang berkaitandenganfungsikuadrat

C.    INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1.1  Melakukankegiatanberdoasebelumdansesudahpelajaran
2.3 Mengarahkankepadapermasalahanataukegiatanuntuktidakmencontekataumeniru sesamateman
2.4 Mengumpulkan tugas tepat waktu.
3.1 Menjelaskansifat-sifatbilanganPerpangkatandanBentukAkar
4.1  Menyajikanpermasalahannyata yang berkaitandenganfungsikuadrat
D.    MATERI PEMBELAJARAN
PerpangkatandanBentukAkar
E.     MetodePembelajaran
a.       Pendekatan                 : Saintifik
b.      Model Pembelajaran   : Discovery Learning
c.       Metode                        : Diskusikelompok,tanyajawab, danpenugasan

F.     KegiatanPembelajaran
 








 
G.    PENILAIAN PEMBELAJARAN


1.      Teknik dan Instrumen Penilaian:

Penilaian Sikap                       :   observasi dan penilaian teman sebaya

Penilaian Pengetahuan            :   tes tertulis

Penilaian Keterampilan           :   unjuk kerja



2.      Prosedur Penilaian:
No
Aspek yang dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
1.
Sikap
1.    Jujur  didalam  mengerjakan  tugas mandiri yang diberikan

2.    Bertanggung jawab dalam mengikuti pelajaran dan mengumpulkan tugas


Observasi


Observasi dan penilaian teman sebaya

Selama proses pengerjaan tugas mandiri
Selama proses pembelajaran dan saat mengumpulkan tugas
2.
Pengetahuan
Menjelaskan sifat-sifat bilangan Perpangkatan dan Bentuk Akar

Tes tulis


Diakhir penyampaian materi
3.

Keterampilan
Menyajikan permasalahan nyata yang berkaitan dengan fungsi kuadrat

Penilaian Unjuk kerja



Saat proses pembelajaran
Setelah laporan selesai (dengan batas waktu yang ditentukan ± 1 minggu).


3.      Instrumen  dan Pedoman Penilaian
1.    Penilaian Religius
Indikator penilaian religius:
·         Kurang Baik, jika setiap akan memulai dan mengakhiri proses pembelajaran tidak berdoa.
·         Cukup Baik, jika memulai proses pembelajaran dengan berdoa tetapi saat mengakhiri tidak berdoa atau sebaliknya
·         Baik, jika memulai dan mengakhiri proses pembelajaran dengan berdoa tetapi tidak setiap saat
·         Sangat Baik, jika selalu setiap memulai dan mengakhiri proses pembelajaran dengan berdoa
Berilah tanda centang (V) pada kolom sesuai dengan indikator di atas
NO.
Nama Siswa
KB
CB
B
SB
























Keterangan:
KB = Kurang Baik             B   = Baik
CB = Cukup Baik               SB = Sangat Baik

2.    Penilaian Sikap
Rubrik:
Indikator sikap jujur ketika menyelesaikan tugas mandiri:
1.    Kurang baik, jika sama sekali tidak jujur dan selalu mencontekketika menyelesaikan tugas mandiri.
2.    Cukup baik, jika sebagian kecil tugas mandiri dikerjakan secara jujur dan sering mencontek ketika menyelesaikan tugas mandiri..
3.    Baik, jika sebagian besar tugas mandiri dikerjakan secara jujurtidak mencontek saat menyelesaikan tugas mandiri.
4.    Sangat baik, jika seluruh tugas mandiri dikerjakan secara jujur dan tidak pernah mencontek ketika menyelesaikan tugas mandiri.

Indikator sikap bertanggung jawab dalam mengikuti pelajaran dan mengumpulkan tugas:
1.    Kurang baik, jika sama sekali tidak bertanggung jawabdalam mengikuti pelajaran dan tidak mengumpulkan tugas.
2.    Cukup baik, jika menunjukkan ada sedikit sikap bertanggung jawabdalam mengikuti pelajaran dan sebagian kecil mengumpulkan tugas serta sering terlambat saat mengumpulkan tugas.
3.    Baik, jika menunjukkan sudah ada  usaha untuk bersikap bertanggung jawabdalam mengikuti pelajaran dan mengumpulkan sebagian besar tugas yang diberikan sertatepat waktu dalam mengumpulkannya.
4.    Sangat baik, jika menunjukkan adanya  usaha untuk selalu bertanggung jawabdalam mengikuti pelajaran dan mengumpulkan tugas secara keseluruhan serta selalu tepat waktu dalam mengumpulkan tugas.

Isilah kolom  berikut dengan KB, CB, B, dan SB sesuai pedoman indikator di atas.
No
Nama
Sikap
Jujur
Bertanggung Jawab



























Keterangan:
KB = Kurang Baik             B   = Baik
CB = Cukup Baik               SB = Sangat Baik
3.    Penilaian Pengetahuan
Indikator
Instrumen
Menjelaskan sifat-sifat bilangan Perpangkatan dan Bentuk Akar
1.     Jabarkanlah soal berikut untuk menemukan sifat-sifat bilangan berpangkat

(SKOR 100)
4.      Penilaian Keterampilan
Indikator
Instrumen
Menyajikan permasalahan nyata yang berkaitan dengan fungsi kuadrat
Tono dapat mengisi penuh sebuah keranjang bauh waktu 12 menit. Jika tono mengisi keranjang tersebut dengan kecepatan dua kali dari biasanya. Berapa menitkah waktu yang dibutuhkan Tono untuk mengisi penuh keranjang buah tersebut ?

(SKOR 100)






NO
Rubrik Penilaian
Skor


1
Dapat memahami langkah-langkah kegiatan 1.1 dan melakukannya dengan benar
3



Dapat memahami langkah-langkah kegiatan 1.1 dan namun belum melakukannya dengan benar
2



Belum dapat memahami langkah-langkah kegiatan 1.1 dan namun belum melakukannya dengan benar
1


2
Mampu merumuskan pertanyaan yang berkaitan dengan kegiatan 1.1 dan mengarahkannya ke masalah perpangkatan
3



Mampu merumuskan pertanyaan yang berkaitan dengan kegiatan 1.1 dan namun belum mengarah ke masalah perpangkatan
2



Pertanyaan yang dirumuskan tidak berkaitan dengan kegiatan 1.1 dan namun belum mengarah ke masalah perpangkatan
1


3
Mendapatkan data dengan benar dan menuliskan data pada tabel dengan benar
3



Mendapatkan data dengan benar dan namun tidak menuliskan data pada tabel dengan benar
2



Tidak mendapatkan data dengan benar dan tidak menuliskan data pada tabel dengan benar
1


4
Menemukan hubungan antara dua variabel dan menguraikan penjelasan dengan benar
3



Menemukan hubungan antara dua variabel dan namun uraian penjelasan belum benar
2



Tidak menemukan hubungan antara dua variabel dan uraian penjelasan belum benar
1


5
Dapat memahami langkah-langkah kegiatan no 5 dan melakukannya dengan benar
3



Dapat memahami langkah-langkah kegiatan no 5 dan namun belum melakukannya dengan benar
2



Belum dapat memahami langkah-langkah kegiatan no 5 dan namun belum melakukannya dengan benar
1


6
Dapat merumuskan kesimpulan dengan benar dan memahami konsep perpangkatan
3



Dapat merumuskan kesimpulan dengan benar dan namun belum memahami konsep perpangkatan
2



Belum dapat merumuskan kesimpulan dengan benar dan belum memahami konsep perpangkatan
1






H.     ALAT / BAHAN, MEDIA, SUMBER BELAJAR
1.      Alat / Bahan                      : Karton kecil berwarna, gunting kertas
2.      Media                                : Power Point
3.      Sumber Belajar                 :
·         Buku Peserta Didik Hal 4 - 7 , Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2015

·         Internet

·         Buku Peserta Didik Hal 34 - 37, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, 2015






Bangkalan,   ............................. 2016

Mengetahui,
Kepala SMPN 1 BANGKALAN                                            Guru Mata Pelajaran,


   RIDHO NUR ARIFIN                                                              ANISA SUBROTO
   NIP. ....................................            

Tidak ada komentar:

Posting Komentar