Sabtu, 22 April 2017

RPP K13 Matematika SMP Kelas 8 Semester 1 | Materi Fungsi



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah                       : SMP Negeri 1 Bangkalan
Mata Pelajaran                      : Matematika
Kelas / Semester                    : VIII / Ganjil
Alokasi Waktu                      : 3 x 40 menit

A.    Kompetensi Inti :
1.      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong-royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.      Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.      Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.     Kompetensi Dasar :
1.1  Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.1  Menunjukkan perilaku teliti dan sesuai prosedur dalam melakukan ativitas di rumah, sekolah, dan masyarakat sebagai wujud implementasi menggambar sketsa grafik fungsi aljabar sederhana pada sistem koordinat Kartesius mengikuti prosedur.
3.5 Menyajikan fungsi dalam berbagai bentuk relasi, pasangan berurut, rumus fungsi, tabel,
grafik, dan diagram.
4.2 Menggunakan konsep perbandingan untuk menyelesaikan masalah nyata dengan
menggunakan tabel, grafik, dan persamaan.

C.    Indikator Pencapaian Kompetensi :
1.      Melakukan proses berdoa sebelum dan sesudah proses pembelajaran.
2.      Menyelesaikan soal relasi dengan teliti.

3.      Menyelesaikan soal fungsi dalam bentuk :
a.       Relasi
b.      Pasangan berurut
c.       Rumus fungsi
d.      Grafik
e.       Diagram
4.      Menyelesaikan masalah nyata dengan tabel dan grafik menggunakan konsep perbandingan.

D.    Materi Pembelajaran
Fungsi 

E.     Kegiatan Pembelajaran
1.      Pendahuluan ( 20 menit)
·         Apersepsi : Guru bersama siswa melakukan proses berdoa sebelum memulai pembelajaran. Guru melakukan tanya jawab dengan siswa tentang materi himpunan yang sudah didapatkan di kelas VII SMP , yaitu guru menanyakan tentang pengertian himpunan kepada siswa.
·         Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yaitu  :
o   Siswa dapat menyelesaikan soal dalam bentuk relasi.
o   Siswa dapat menyelesaikan soal fungsi dalam bentuk relasi, pasangan berurut, rumus fungsi, grafik, dan diagram.
o   Siswa dapat masalah nyata dengan tabel dan grafik menggunakan konsep perbandingan.
·           Motivasi  : Guru memotivasi peserta didik dengan memberikan pengaruh, jika peserta didik memperhatikan materi yang disampaikan maka peserta didik mampu menyelesaikan soal di akhir pembelajaran ataupun saat UTS dan UAS.
2.      Kegiatan Inti ( 90 menit)
o   Mengamati
Fase 1 : Orientasi peserta didik kepada masalah
ü  Peserta didik mengamati permasalahan yang disajikan oleh guru pada slide power point :
Misalkan fungsi f dari P = {1, 2, 3, 4, 5} ke Q = {1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10}. Relasi yang
didefinisikan adalah “dua kali dari”.
ü  Guru meminta peserta didik untuk menyelesaikan soal fungsi dalam bentuk relasi, pasangan berurut, rumus fungsi, grafik, dan diagram.

o   Menanya
Fase 2 : Mengorganisasikan peserta didik
ü  Guru memfasilitasi peserta didik untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami terkait dengan tugas yang diberikan.
ü  Guru mengarahkan dan memancing peserta didik dengan cara mengajukan pertanyaan yang terkait dengan konsep fungsi:
1.      Apa syarat suatu relasi merupakan fungsi?
2.      Mungkinkah ada fungsi dari suatu himpunan ke himpunan itu sendiri?
ü  Peserta didik mendiskusikan jawaban pertanyaan pancingan yang  diberikan oleh guru tentang konsep fungsi secara berkelompok.
o   Mencoba
Fase 3 : Membimbing penyelidikan individu dan kelompok
ü  Guru memfasilitasi peserta didik untuk mengarahkan peserta didik kepada kesimpulan bahwa:
1.      Jika semua daerah pada domain memiliki pasangan di daerah kodomain dan hanya boleh memiliki satu pasangan saja.
2.      Mungkin ada fungsi dari suatu himpunan ke himpunan itu sendiri jika anggota himpunan kedua himpunan sama nilainya.
ü  Guru memfasilitasi peserta didik untuk menyimpulkan bahwa dikatakan fungsi jika memiliki pasangan tepat satu pada himpunan lainnya.
ü  Peserta didik secara berkelompok menuliskan kesimpulan dari hasil diskusi.
o   Menalar
Fase 4 : Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
ü  Guru meminta perwakilan setiap kelompok untuk menyajikan/mempresentasikan hasil diskusi masing-masing kelompok.
ü  Kelompok lain menanggapi dan memberi saran terhadap apa yang disampaikan oleh kelompok yang presentasi.
o   Mengkomunikasikan
Fase 5 : Menganalisa dan mengevaluasi proses pemecahan masalah
ü  Guru memfasilitasi peserta didik untuk mengarahkan kesimpulan bahwa konsep fungsi dapat digunakan dengan syarat-syarat tertentu.


3.      Penutup
ü  Peserta didik merefleksi penguasaan materi yang telah dipelajari dengan membuat catatan penguasaan materi.
ü  Peserta didik saling memberikan umpan balik hasil evaluasi pembelajaran yang telah dicapai.
ü  Guru memberikan tes tulis (sesuai dengan instrumen pengetahuan yang ada dihalaman berikutnya)
ü  Guru meminta peserta didik  untuk mempelajari materi pada pertemuan berikutnya yaitu tentang persamaan garis lurus.

F.     Penilaian
1.      Teknik Penilaian
Penilaian Sikap: observasi dan penilaian rekan sebaya
Penilaian Pengetahuan: tes tertulis
Penilaian Keterampilan: unjuk kerja
a.    Prosedur Penilaian :
No
Aspek yang dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
1.
Sikap
1.      Menyelesaikan soal relasi dengan teliti.

2.      Menyelesaikan tugas sesuai dengan prosedur.

Observasi


Observasi





Selama pembelajaran dan saat diskusi .
Selama proses pembelajaran dan saat mengumpulkan tugas.
2.
Pengetahuan
Menyelesaikan soal fungsi
dalam bentuk relasi, pasangan
berurut, rumus fungsi, grafik dan
diagram.

Tes tulis


Diakhir penyampaian materi.
3.

Keterampilan
Menyelesaikan suatu masalah nyata dengan konsep perbandingan.

Penilaian Unjuk kerja



Saat proses pembelajaran
Setelah laporan selesai (dengan batas waktu yang ditentukan ± 1 minggu).

b.    Instrumen  dan Pedoman Penilaian
1.    Penilaian Religius
Indikator penilaian religius:
Kurang Baik, jika setiap akan memulai dan mengakhiri proses pembelajaran tidak berdoa.
Cukup Baik, jika memulai proses pembelajaran dengan berdoa tetapi saat mengakhiri tidak berdoa atau sebaliknya
Baik, jika selalu setiap memulai dan mengakhiri proses pembelajaran dengan berdoa.
Berilah tanda centang (V) pada kolom sesuai dengan indikator di atas
NO.
Nama Siswa
KB
CB
B















Keterangan:
KB = Kurang Baik             B   = Baik
CB = Cukup Baik              
2.    Penilaian Pengetahuan
Indikator
Instrumen
Menyelesaikan soal fungsi dalam bentuk relasi, pasangan berurut, rumus fungsi, grafik dan diagram.
1.      h adalah fungsi dari Himpunan Bilangan Asli {1, 2, 3, 4, …} ke Himpunan Bilangan Real R
dengan rumus: h(n) = 2n - 1
Nyatakan fungsi di atas dengan cara:
a. pasangan berurut
b. diagram panah
c. tabel
d. grafik
e. relasi
(SKOR 50)
2.      Pak Mahir mempunyai tiga anak: bernama Budi, Ani, dan Anton. Pak Ridwan mempunyai dua anak: bernama Alex dan Rini. Pak Rudi mempunyai seorang anak bernama Suci.
a. Nyatakan dalam diagram panah, relasi “ayah dari” .
b. Apakah relasi tersebut merupakan fungsi ? Jelaskan
c. Nyatakan dalam diagram panah, relasi “anak dari” .
d. Apakah relasi pada soal c merupakan fungsi ? Jelaskan .
(SKOR 50)

3.        Penilaian Keterampilan
Indikator
Instrumen
Menyelesaikan suatu masalah nyata dengan konsep perbandingan.
Sebuah rumah mempunyai bak penampung air. Melalui sebuah pipa, air dialirkan dari bak penampungan ke dalam bak mandi. Volume air dalam bak mandi setelah 5 menit adalah 25 liter dan setelah 10 menit adalah 50 liter. Volume air dalam bak mandi setelah dialiri air selama t menit dinyatakan sebagai V (t) = (V0 + at) liter, dengan V0 adalah volume air dalam bak mandi sebelum air dialirkan dan a adalah debit air (volume air) yang dialirkan setiap menit.
a. Tentukan volume air dalam bak mandi sebelum air dialirkan .
b. Berapa volume air dalam bak mandi setelah 15 menit ?
 (SKOR 100)

4.    Penilaian Sikap
Rubrik:
Indikator sikap teliti dalam kegiatan kelompok:
1.    Kurang baik, jika sama sekali tidak menyelesaikan soal relasi dengan teliti dalam kegiatan kelompok.
2.    Cukup baik, jika menunjukkan sebagian menyelesaikan soal relasi dengan teliti dalam kegiatan kelompok.
3.    Baik, jika menunjukkan semua menyelesaikan soal relasi dengan teliti dalam kegiatan kelompok.
Indikator sikap sesuai prosedur ketika menyelesaikan tugas mandiri:
1.    Kurang baik,  jika hanya 1 prosedur yang benar dari 5 prosedur yang ada ketika menyelesaikan tugas mandiri.
2.    Cukup baik,  jika  hanya 3 prosedur yang benar dari 5 prosedur yang ada ketika menyelesaikan tugas mandiri
3.    Baik,  jika 5 prosedur yang ada benar ketika menyelesaikan tugas mandiri
Isilah kolom  berikut dengan KB, CB, B, dan SB sesuai pedoman indikator di atas.                           
No
Nama
Sikap
Teliti
Sesuai Prosedur


























Keterangan:
KB = Kurang Baik             B   = Baik
CB = Cukup Baik              

G.    Metode Pembelajaran
a.       Model Pembelajaran   : Berdasarkan Masalah
b.      Metode                        : Diskusi kelompok, tanya jawab, dan penugasan.









H.    Alat/Media/Sumber Belajar
a.       Alat/Bahan      : Spidol. penggaris, dan pulpen
b.      Media              : LCD dan power point
c.       Sumber Belajar :
-          Kebudayaan, K. P. (2014). Matematika SMP/MTs Kelas VIII Semester 1. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
-          Madhavi, V. D. (2014). Jelajah Matematika SMP Kelas VIII. Jakarta: Yudhistira. 
-                     -         Internet






                                                                         Bangkalan,  15 Desember 2016
Mengetahui
Kepala SMP Negeri 1 Bangkalan                               Guru Mata Pelajaran,


Duriyah, S.Pd., M.Pd                                      RIDHO NUR ARIFIN , M.Pd.
NIP. 0788230998710                                                 


















Tidak ada komentar:

Posting Komentar