Rabu, 26 April 2017

RPP K13 Matematika SMP Kelas 7 Semester 1 | Materi Bilangan Bulat



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                          : SMP Negeri 1 Bangkalan
Mata Pelajaran             : Metematika
Kelas/Semester             : VII (Tujuh)/ I (Satu)
Materi Pokok               : Bilangan Bulat
Alokasi Waktu             : 2 x 40 menit

A.      Kompetensi Inti
KI-1
:  :
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI-2
:
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotongroyong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI-3
:
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI-4
:
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
                      
B.      Kompetensi Dasar
1.1  Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.2Menunjukkan perilaku ingin tahu dalam melakukan aktivitas di rumah, sekolah, dan masyarakat sebagai wujud implementasi penyelidikan operasi bilangan bulat.
3.1 Membandingkan dan mengurutkan berbagai jenis bilangan serta menerapkan operasihitung bilangan bulat dan bilangan pecahan dengan memanfaatkan berbagai sifat operasi.
4.4 Menggunakan konsep perbandingan untuk menyelesaikan masalah nyata dengan menggunakan tabel dan grafik.

C.      Indikator
      1.1.1 Membaca doa dengan khusyu’ di awal dan akhir pembelajaran.
2.2.1 Memberikan pertanyaaan dan tugas yang memancing rasa ingin tahu siswa dalam menyatakan operasi bilangan bulat.
3.1.1 Menjelaskan pengertian bilangan bulat dan urutannya.
3.1.2 Menentukan operasi hitung bilangan bulat dan sifat operasi bilangan bulat.
4.4.1 Menyelesaikan permasalahan operasi hitung bilangan bulat dalam kehidupan nyata.



D.      Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran melalui pengamatan, bertanya, mengumpulkan informasi/eksplorasi, bernalar, diskusi, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan peserta didik dapat:
1.  Menjelaskan pengertian bilangan bulat dan urutannya
2.  Menyelesaikan operasi hitung bilangan bulat
3.  Menentukan sifat operasi bilangan bulat.
4.  Memancing rasa ingin tahu siswa terhadap operasi bilangan bulat beserta sifat-sifatnya.
5.  Menunjukkan sikap percaya diri dalam menyampaikan pendapat atau jawaban dalam setiap individu dan kelompok.

E.      Materi Pembelajaran
1.Pengertian Bilangan Bulat   (Terlampir)
2. Operasi Bilangan Bulat   (Terlampir)
3. Sifat-Sifat  Operasi Bilangan Bulat   (Terlampir)

F.      Model/Metode Pembelajaran
1.       Pendekatan                 : Pendekatan Saintifik
2.       Model Pembelajaran   : Pembelajaran Berdasarkan Masalah
3.       Metode                        : Diskusi kelompok dan  Tanya Jawab


G.     Media Pembelajaran
1.       Alat/Bahan      : Spidol. penggaris, dan pulpen
2.       Media              : LCD
3.       Sumber Belajar :
a.       Buku Peserta didikKementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, 2016 (edisi revisi)
b.      Internet

H. Kegiatan Pembelajaran
   
 






















i.    Penilaian
Penilaian dilakukan selamakegiatan pembelajaran yaitu Penilaian sikap, ketrampilan dan pengetahuan. Instrumen penilaian Sikap dan Pengetahuan terlampir

1.       Teknik Penilaian : Pengamatan dan tes tertulis
Penilaian Sikap: observasi dan penilaian rekan sebaya
Penilaian Pengetahuan: tes tertulis
Penilaian Keterampilan: unjuk kerja

2.       Prosedur Penilaian
No.
Aspek yang dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
1
Sikap
a.       Terlibat aktif dalam pembelajaran bilangan bulat
b.      Sikap rasa ingin tau siswa dalam menjawab pertanyaan guru.

Pengamatan
Selama Pembelajaran dan saat diskusi
2
Pengetahuan
·         Pengertian Bilangan bulat dan urutannya
·         Operasi hitung bilangan bulat

Pengamatan dan tes
Penyelesaian tugas individu dan kelompok
3
Ketrampilan
a.       Terampil menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan bilangan bulat
Pengamatan
Penyelesaian tugas individu,  kelompok dan saat diskusi


Mengetahui
Kepala SMPN 1 Bangkalan



.....................................
NIP. 19620207 198403 1 013

Bangkalan, 14 Desember 2016
Guru Mata Pelajaran



RIDHO NUR ARIFIN, M.Pd
NPM. 1446611063

   

Pedoman Observasi Sikap Spiritual
Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap spiritual peserta didik. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
Nama Peserta Didik                  : ………………….
Kelas                                          : ………………….
Tanggal Pengamatan                 : …………………..
Materi Pokok                             : …………………..
No
Aspek Pengamatan
Skor
1
2
3
4
1
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu




2
Mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan




3
Memberisalamsebelumdansesudahmenyampaikanpendapat/presentasi




4
Mengungkapakan kekaguman secara lisan maupun tulisan terhadap Tuhan saat melihat kebesaran Tuhan




5
Merasakan keberadaan dan kebesaran Tuhan saat mempelajari ilmu pengetahuan




Jumlah Skor





Petunjuk Penskoran :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :

Contoh :
Skor diperoleh 14, skor maksimal 4 x 5 pernyataan = 20, maka skor akhir :


SesuaiPermendikbud No 81A Tahun 2013 peserta didik memperoleh nilai adalah :
Sangat Baik   : apabila memperoleh skor :3,33 < skor ≤ 4,00
Baik                : apabila memperoleh skor : 2,33 < skor ≤ 3,33
Cukup            : apabila memperoleh skor :1,33 < skor≤ 2,33
Kurang           : apabila memperoleh skor:skor ≤ 1,33

Pedoman Observasi Sikap Rasa Ingin Tahu

Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap sosial peserta didik dalam sikap rasa ingin tahu. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap rasa ingin tahu yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu merespon, dan aktif dalam menjawab maupun menanggapi pertanyaan dan pernyataan dari guru.
3 = sering, apabila sering memberi tanggapan atas pernyatan dari guru dan sering bertanya kepada guru.
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan pertanyaan dan kadang-kadang melakukan pertanyaan.
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan pertanyaan maupun menanggapi pernyataan guru
Nama Peserta Didik                  : ………………….
Kelas                                          : ………………….
Tanggal Pengamatan                 : …………………..
Materi Pokok                             : …………………..


No
Aspek Pengamatan
Skor
1
2
3
4
1
Ketika Guru menjelaskan pengertian bilangan bulat, penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat.




2
Ketika guru mendemostrasikan dalam penjumlahan dan pengurangan menggunakan garis bilangan.




3
Ketika setiap kelompok mengemukakan pendapat hasil diskusi.




4
Ketika Guru menyimpulkan materi pembelajaran bilangan bulat.




Jumlah Skor






Petunjuk Penskoran :
Lihat petunjuk penskoran pada  pedoman observasi sikap spiritual   

SOAL:

1.          Gunakanlah sifat-sifat yang berlaku dalam penjumlahan bilangan bulat dan tentukan hasilnya dari:
a.         50 + (-75)
b.        20 + (-15) + 37
c.         -27 + (-38) + 40

2.          Gunakanlah sifat-sifat yang berlaku dalam operasi hitung pengurangan bilangan bulat berikut ini:
a.         15 – (-25)
b.        -37 – (-52)
c.         -24 – (-53) -25

3.          Gunakanlah sifat-sifat operasi hitung perkalian bilangan bulat yang berlaku untuk berikut ini:
a.   -15 x 25
b.   -35 x (-42)
c.   -23 x (-12) x (-21)

4.          Jika p = 9, q = -4, dan r = 5, maka tentukanlah hasil berikut ini:
a.         (p + q) : r
b.        (10 x q) : r
c.         (8 x r) : q
        

1 komentar: