Jumat, 21 April 2017

RPP K13 Matematika SMP Kelas 8 Semeter 1 | Materi Sistem Persamaan Linear DuaVariabel



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                       : SMP Negeri 1 Bangkalan
Mata Pelajaran            : Matematika
Kelas/Semester           : VIII/ 1 (Ganjil)
Alokasi Waktu            : 3 x 40 menit

A. Kompetensi Inti (KI)
1.      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.      Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.      Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.      Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

B. Kompetensi Dasar (KD)
1.1  Menghayatidanmengamalkanajaran agama yang dianutnya
2.3  Menunjukkan perilaku jujur dan bertanggung jawab sebagai wujud implementasi kejujuran dalam melaporkan data pengamatan
3.2  Menentukan nilai variabelpersamaan linear dua variabel dalam konteks nyata
4.1  Membuat dan menyelesaikan model matematika dari masalah nyata yang berkaitan dengan persamaan linear dua variabel

C. Indikator Pencapaian Kompetensi
1.1 Membaca doa sebelum dan sesudah pembelajaran.
2.2 Mengerjakan tugas tanpa bantuan orang lain
2.3 Mengumpulkan tugas secara keseluruhan dan tepat waktu
3.2  Menentukannilaivariabeldari sistem persamaan linear dua variabel
4.1  Membuat model matematika dari permasalahan yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dua variabel.
4.2  Menyelesaikan model matematikadaripermasalahanyang berkaitan dengan sistem persamaan linearduavariabel

D. Materi Pembelajaran
            Sistem Persamaan Linear DuaVariabel



E.Metode Pembelajaran
1.       Pendekatan                 : Saintifik
2.       Model Pembelajaran   : Discovery Learning
3.       Metode                        : Diskusi kelompok,tanya jawab, dan penugasan

F. Kegiatan Pembelajaran
 
 
 
 



























G. Penilaian Pembelajaran
a.    Teknik dan Instrumen Penilaian:
Penilaian Sikap: observasi dan penilaian rekan sebaya
Penilaian Pengetahuan: tes tertulis
Penilaian Keterampilan: unjuk kerja
b.    Prosedur Penilaian:
No
Aspek yang dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
1.
Sikap
1.      Jujur  didalam  mengerjakan  tugas mandiri yang diberikan

2.      Bertanggung jawabdalammengikutipelajarandanmengumpulkantugas


Observasi


Observasi dan penilaian teman sebaya

Selama proses pengerjaan tugas mandiri
Selama proses pembelajaran dan saat mengumpulkan tugas
2.
Pengetahuan
Menentukan nilai variabel sistem persamaan linear dua variabel

Tes tulis


Diakhir penyampaian materi
3.

Keterampilan
Membuat  dan menyelesaikan model matematika dari permasalahan program linear dua variabel.


Penilaian Unjuk kerja



Saat proses pembelajaran
Setelah laporan selesai (dengan batas waktu yang ditentukan ± 1 minggu).
c.       Instrumen  dan Pedoman Penilaian

1.    Penilaian Religius
Indikator penilaian religius:
Kurang Baik, jika setiap akan memulai dan mengakhiri proses pembelajaran tidak berdoa.
Cukup Baik, jika memulai proses pembelajaran dengan berdoa tetapi saat mengakhiri tidak berdoa atau sebaliknya
Baik, jika memulai dan mengakhiri proses pembelajaran dengan berdoa tetapi tidak setiap saat
Sangat Baik, jika selalu setiap memulai dan mengakhiri proses pembelajaran dengan berdoa
Berilah tanda centang (V) pada kolom sesuai dengan indikator di atas
NO.
Nama Siswa
KB
CB
B
SB
























Keterangan:
KB = Kurang Baik             B   = Baik
CB = Cukup Baik               SB = Sangat Baik

2.    Penilaian Sikap
Rubrik:
Indikator sikap jujur ketika menyelesaikan tugas mandiri:
1.    Kurang baik, jika sama sekali tidak jujur dan selalu mendapat bantuan orang lain ketika menyelesaikan tugas mandiri.
2.    Cukup baik, jika sebagian kecil tugas mandiri dikerjakan secara jujur dan sering mendapatkan bantuan dari orang lain.
3.    Baik, jika sebagian besar tugas mandiri dikerjakan secara jujur dan tidak pernah mendapat bantuan orang lain.
4.    Sangat baik, jika seluruh tugas mandiri dikerjakan secara jujur dan tidak pernah mendapat bantuan orang lain.

Indikator sikap bertanggung jawab dalam mengikuti pelajaran dan mengumpulkan tugas:
1.    Kurang baik, jika sama sekali tidak bertanggung jawabdalam mengikuti pelajaran dan tidak mengumpulkan tugas.
2.    Cukup baik, jika menunjukkan ada sedikit sikap bertanggung jawabdalam mengikuti pelajaran dan sebagian kecil mengumpulkan tugas serta sering terlambat saat mengumpulkan tugas.
3.    Baik, jika menunjukkan sudah ada  usaha untuk bersikap bertanggung jawabdalam mengikuti pelajaran dan mengumpulkan sebagian besar tugas yang diberikan sertatepat waktu dalam mengumpulkannya.
4.    Sangat baik, jika menunjukkan adanya  usaha untuk selalu bertanggung jawabdalam mengikuti pelajaran dan mengumpulkan tugas secara keseluruhan serta selalu tepat waktu dalam mengumpulkan tugas.

Isilah kolom  berikut dengan KB, CB, B, dan SB sesuai pedoman indikator di atas.
No
Nama
Sikap
Jujur
Bertanggung jawab



























Keterangan:
KB = Kurang Baik             B   = Baik
CB = Cukup Baik               SB = Sangat Baik

3.    Penilaian Pengetahuan
Indikator
Instrumen
Menentukannilaivariabel permasalahan persamaan linear dua variabel

Tentukan himpunan penyelesaian dari sistem persamaan linier    x + 3y = 1
           2x – 4y = 9
Dengan menggunakan metode substitusi, eliminasi dan campuran!
(Skor 100)






4.        Penilaian Keterampilan
Indikator
Instrumen
Membuat serta menyelesaikan model matematika dari permasalahan program linear dua variabel.
Pak Ahmad membeli tiket masuk kebun binatang sebanyak 2 lembar utuk dewasa dan 3 lembar untuk anak-anak dengan harga Rp. 10.250,00. Tino membeli tiket 3 lembar utuk dewasa dan 1 lembar untuk anak-anak dengan harga Rp. 9.250,00. Jika Andre membeli tiket 1 lembar untuk dewasa dan 1 lembar untuk anak-anak dengan menggunakan selembar uang Rp. 10.000,00. berapakah uang kembalian yang diterima Andre?
(Skor 100)


H. Alat/Media/Sumber Belajar
4.       Alat/Bahan      : Kertas, pulpen
5.       Media              : LCD, 2 gambar tiket dan slide powerpoint
6.       Sumber Belajar :
a.       Buku Peserta didik Hal. 60  - 68 , Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, 2014
b.      Buku Guru Hal.  60 - 70, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, 2014
c.       Internet




Bangkalan, 15 Desember 2016
Mengetahui
Kepala SMP Negeri 1 Bangkalan                                       Guru Mata Pelajaran,


ANISA SUBROTO                                             RIDHO NUR ARIFIN
NIK 1446611010                                                    NIK1446611026                                                       














Tidak ada komentar:

Posting Komentar