Rabu, 10 Mei 2017

RPP Matematika K13 SMP Kelas 8 Semester 1 | Materi SPLDV

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
-          Identitas RPP
Sekolah                       :  SMPN 1 Bangkalan
Mata pelajaran             : Matematika
Kelas/semester            :VIII/I
Alokasi waktu             : 2 x40 menit

A.    Kompetensi inti (KI)
1.        Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.        Mengargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (tolerasi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.        Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan ingin taunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.        Mencoba, menyaji, dan menalar dalam ranah kongret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang atau teori.
B.     Kompetensi dasar (KD)
1.1.             Menghayatidanmengamalkanajaran agama yang dianutnya.
2.2              Menunjukkan perilaku ingin tahu dalam melakukan aktivitas di   rumah, sekolah, dan masyarakat sebagai wujud implementasi mempelajari sistem persamaan linear dua variabel.
3.2              Menentukan nilai variabel persamaan linear dua variabel dalam konteks nyata
4.1              Membuat  model matematika dari masalah nyata yang berkaitan dengan persamaan linear dua variabel.

 C.     Indikator
1.      Membaca doa sebelum dan sesudah pembelajaran.
2.      Mencari informasi temtamg sistem persamaan linear dua variabel  sebelum pembelajaran berlangsung.
3.      Menjelaskan konsep sistem persamaan linear dua variabel.
4.      Membuat model dan Menyelesaikan sistem persamaan linear dua variabel dengan metode eliminasi dan substitusi.
D.    Materi pembelajaaran
Sistem persamaan linear dua variabel.
E.     Model/metode/strategi/teknik pembelajaran
-Strategi pembelajaran berdasarkan masalah.

F.      Langkah-langkah kegiatan pembelajaran 
 
 
 
H.      Penilaian Hasil Belajar
a.     Teknik dan Instrumen Penilaian:
Penilaian Sikap: observasi dan penilaian rekan sebaya
Penilaian Pengetahuan: tes tertulis
Penilaian Keterampilan: unjuk kerja
b.     Prosedur Penilaian:
No
Aspek yang dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
1.
Sikap
1.       Merespon saat guru menanyakan sesuatu kepada siswa.
2.       Merespon saat ada pertanyaan dari siswa ketika presentasi.
3.       Percaya diri dalam menyampaikan pendapatnya.


Observasi


observasi


observasi

Selama pembelajaran

Selama pembelajaran dan diskusi
Selama pembelajaran dan diskusi

2.
Pengetahuan
Menjelaskan konsep sistem persamaan linear dua variabel.

Tes tulis


Diakhir penyampaian materi
3.

Keterampilan
Membuat model dan Menyelesaikan sistem persamaan linear dua variabel dengan metode eliminasi dan substitusi.


Penilaian Unjuk kerja



Saat proses pembelajaran
Setelah laporan selesai.



a.               Instrumen  dan Pedoman Penilaian
1.   Penilaian Religius

Indikator penilaian religius:
Kurang Baik, jika setiap akan memulai dan mengakhiri proses pembelajaran tidak berdoa.
Cukup Baik, jika memulai proses pembelajaran dengan berdoa tetapi saat mengakhiri tidak berdoa atau sebaliknya
Baik, jika memulai dan mengakhiri proses pembelajaran dengan berdoa tetapi tidak setiap saat
Sangat Baik, jika selalu setiap memulai dan mengakhiri proses pembelajaran dengan berdoa
Berilah tanda centang () pada kolom sesuai dengan indikator di atas
NO.
Nama Siswa
KB
CB
B
SB
























Keterangan:
KB = Kurang Baik            B   = Baik
CB = Cukup Baik             SB = Sangat Baik

2.        Penilaian pengetahuan
Indikator
Instrumen
Menjelaskan konsep sistem persamaan linear dua variabel.

1.      Tentukan himpunan penyelesaian dari persamaan berikut. Dengan menggunakan metode eliminasi !
2x+y= 12
x-y= 3

(SKOR 50)


2.      Tentukan himpunan penyelesaian dari persamaan berikut. Dengan menggunakan metode subsitusi !
2x+y= 6
x-y= 3

(SKOR 50)


3.      Penilaian keterampilan
Indikator
Instrumen
Membuat model dan Menyelesaikan sistem persamaan linear dua variabel dengan metode eliminasi dan substitusi.

Suatu hari saat mata kuliah kosong lia dan eka pergi kekantin, lia membeli dua beng-beng dan satu air mineral dengan harga Rp. 5500 sementara itu, eka membeli 4 beng-beng dan air mineral dengan harga Rp. 8500. Jika samsul ingin membeli satu beng-beng dan satu air mineral berapa rupiah uang yang harus samsul keluarkan untuk membeli keduanya di toko yang sama?

(SKOR 100)

4.  Penilaian Sikap
Rubrik:
Indikator sikap Merespon saat guru menanyakan sesuatu kepada siswa.
1.       Kurang baik,jika sama sekali tidak berusaha untuk Merespon saat guru menanyakan sesuatu kepada siswa.
2.       Cukup baik, jika menunjukkan ada sedikit usaha untuk Merespon saat guru menanyakan sesuatu kepada siswa.
3.       Baik, jika menunjukkan sudah ada  usaha untuk Merespon saat guru menanyakan sesuatu kepada siswa.
4.       Sangat baik, jika menunjukkan adanya  usaha Merespon saat guru menanyakan sesuatu kepada siswa.

Indikator sikap Merespon saat ada pertanyaan dari siswa ketika presentasi.

1.     Kurang baik, jika sama sekali tidak Merespon saat ada pertanyaan dari siswa ketika presentasi.
2.     Cukup baik, jika menunjukkan ada sedikit sikap Merespon saat ada pertanyaan dari siswa ketika presentasi.
3.     Baik, jika menunjukkan sudah ada  usaha untuk bersikap Merespon saat ada pertanyaan dari siswa ketika presentasi.
4.     Sangat baik, jika menunjukkan adanya  usaha untuk selalu Merespon saat ada pertanyaan dari siswa ketika presentasi.

Indikator sikapPercaya diri dalam menyampaikan pendapatnya.

1.     Kurang baik, jika sama sekali tidak memiliki percaya diri dalam menyampaikan pendapatnya.
2.     Cukup baik, jika menunjukkan adanyasedikit sikap percaya diri dalam menyampaikan pendapatnya.
3.     Baik, jika menunjukkan sudah ada  usaha untuk bersikap percaya diri dalam menyampaikan pendapatnya.
4.     Sangat baik, jika menunjukkan adanya  usaha untuk selalu percaya diri dalam menyampaikan pendapatnya.





Isilah kolom  berikut dengan KB, CB, B, dan SB sesuai pedoman indikator di atas.


No
Nama
Sikap
Merespon saat guru menanyakan sesuatu kepada siswa.

Merespon saat ada pertanyaan dari siswa ketika presentasi.
Percaya diri dalam menyampaikan pendapatnya.


































Keterangan:
KB = Kurang Baik            B   = Baik
CB = Cukup Baik             SB = Sangat Baik



                                                      Bangkalan, 13Desember 2016
Mengetahui,
kepala sekolah





..............................
                  
Guru mata pelajaran Matematika






      Ridho Nur Arifin M.Pd


Tidak ada komentar:

Posting Komentar