Kamis, 18 Mei 2017

RPP Matematika K13 SMA Kelas 11 Semester 2 | Materi Sistem Persamaan dan Pertidaksamaan Linier Dua Variabel



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah                             : SMAN 4 bangkalan
Mata Pelajaran                : Matematika
Kelas/Semester                : XI / II
MateriPokok                    : sistem persamaan dan pertidaksamaan duavariabel
AlokasiWaktu                  : 2x 45 menit (1 kali pertemuan)
                                                                   
A.   Kompetensi Inti
1.    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.    Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.    Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, procedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.    Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.      Kompetensi Dasar
1.1   Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Memiliki motivasi internal, kemampuan bekerjasama, konsisten, sikapdisiplin, rasa percayadiri,dansikaptoleransidalamperbedaanstrategiberpikirdalammemilihdanmenerapkanstrategimenyelesaikanmasalah.
3.7 Memahami konsep sistem persamaan dan pertidaksamaan linier dua variabel dan menerapkannya dalam pemecahan masalah program linear.
4.5 Merancang dan mengajukan masalah nyata berupa masalah program linear, dan menerapkan berbagai konsep dan aturan penyelesaian sistem pertidaksamaan linier danmenentukannilai optimum denganmenggunakanfungsiselidik yang ditetapkan.

C.      Indikator
1. membaca do’a sesuai dengan agama masing-masing.
2.menunjukkan sikap konsisten,kemampuanbekerja sama,,sikap disiplin,rasa percaya diri dan sikap toleransi dalam memilih dan menerapkan strategi menyelesaikan masalah.
3.menyelesaikan soal sistem persamaan dan pertidaksamaan linier dua variabel dan menerapkannya dalam pemecahan masalah program linear
4.menyelesaikan permasalahan tentang masalah program linier.
D.Materi Pembelajaran
Sistem persamaan linier dan pertidaksamaan dua variabel
E.Metode Pembelajaran
(problem-based learning). 
Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
1.       Buku paket  Matematika XI,
2.       Lks matematika kelas XI
3.       internet

 
F.Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan
1.      Siswa merespon  salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
2.      Siswa menerima informasi tentang pembelajaran yang akan dilaksanakan dengan materi yang memiliki keterkaitan dengan materi sebelumnya.
3.      Siswa menerima informasi tentang kompetensi, ruang lingkup materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran  serta metode yang akan dilaksanakan

5 menit
Inti
Fase 1: Orientasi siswa kepada masalah
1.      Guru menjelaskan tujuan pembelajaran dan aktivitas-aktivitas yang akan dilakukan.
2.      Siswa didorong untuk mengajukan pertanyaan dan mencari informasi, guru sebagai pembimbing dan fasilitator.

Fase 2: Mengorganisasikan siswa
1.      Membentuk kelompok-kelompok belajar.
2.      Guru dan siswa menetapkan subtopik-subtopik yang spesifik
3.      Guru mengupayakan agar siswa aktif terlibat dalam kegiatan pembelajaran

Fase 3: Membimbing penyelidikan individu dan kelompok
1.      Siswa melakukan pengumpulan data dengan mencari informasi dari berbagai sumberGuru membantu pengumpulan data dengan mengajukan beberapa pertanyaan untuk berfikir tentang masalah dan ragam informasi yang dibutuhkan.
2.      Siswa menawarkan penjelasan dalam bentuk hipotesis dan pemecahan masalah.
3.      Guru mendorong agar siswa dapat menyampaikan semua ide yang dimiliki dalam upaya pemecahan masalah.

Fase 4: Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
1.      Siswa mempresentasikan hasil karyanya dalam pemecahan masalah (ada kelompok yang menyampaikan masalah-1, sedangkan masalah-2 oleh kelompok yang berbeda).
2.      Guru memberi kesempatan kepada kelompok lain ataupun siswa lain yang memiliki pendapat berbeda maupun ide yang berbeda untuk mengemukakan gagasannya.
3.      Guru memberi penguatan kepada hasil karya siswa, apabila ada hasil yang tidak sesuai dengan harapan guru wajib mengarahkan ke jalan yang benar.

Fase 5: Menganalisa dan mengevaluasi proses pemecahan masalah
1.        Siswa menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah yang telah dilakukan.
2.        Guru mendorong siswa untuk merekonstruksi pemikiran dan aktivitas yang telah dilakukan selama proses pembelajaran.

5    menit







5    menit





20 menit




20 menit












15 menit




Penutup
1.     Siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
2.     Siswa merefleksi penguasaan materi yang telah dipelajari dengan membuat catatan penguasaan materi.
3.     Siswa melakukan evaluasi pembelajaran.
4.     Siswa saling memberikan umpan balik hasil evaluasi pembelajaran yang telah dicapai.
5.     Guru memberikan tugas mandiri sebagai pelatihan keterampilan dalam menyelesaikan masalah matematika yang berkaitan dengan peluang.
6.     Melaksanakan postes.
7.     Siswa yang belum mencapai kompetensi dilakukan remidi,
8.     Siswa mendengarkan arahan guru untuk materi pada pertemuan berikutnya
20 menit

A.  Penilaian
  1. Jenis/teknik Penilaian
No
Aspek yang dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
1.
Sikap
a.       Terlibat aktif dalam pembelajaran sistem persamaan linier dan pertidak samaan linier dua variabel
b.      Bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
c.       Toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
Pengamatan
Selama pembelajaran dan saat diskusi
2.


Pengetahuan
a.    Menentukan permasalahan yang berhubungan dengan sistem persamaan linier dua variabel
b.   Menggunakan konsep sistem persamaan linier   untuk memecahkan masalah


Pengamatan dan tes

Penyelesaian tugas individu dan kelompok
3.

Keterampilan
a.    Terampil menyajikan model matematika dari suatu masalah nyata yang berkaitan dengan sistem persamaan linier dan pertidaksamaan  dua variabel
b.   Terampil menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan sistem persamaan linier

Pengamatan

Penyelesaian tugas (baik individu maupun kelompok) dan saat diskusi

a.       .instrumen dan pedoman penilaian
1.      Penilaian Religius
Indikator penilaian Religius:
Kurang Baik , jika setiap akan memulai dan mengakhiri proses pembelajaran tidak berdoa.
Cukup Baik , jika memulai proses pembelajaran dengan berdoa tetapi saat mengakhiri tidak berdoa atau sebaliknya.
Baik , jika memulai dan mengakhiri proses pembelajaran dengan berdoa tetapi tidaksetiap saat.
Sangat Baik , jika selalu setiap memulai dan mengakhiri proses pembelajaran dengan berdoa.



Berilah tanda centang ( ) pada kolom sesuai dengan indikator di atas
NO.
Nama Siswa
KB
CB
B
SB
























Keterangan:
KB = Kurang Baik             B   = Baik
CB = Cukup Baik               SB = Sangat Baik
1.    Penilaian Pengetahuan
Indikator
Instrumen
Menjelaskankonsep system persamaan linierdanpertidaksamaan linier
a)      Tentukanhasildari system persamaan linier berikut !
3x + 2y=18
(SKOR 50)
b ).Tentukandaerahpenyelesaindari system pertidaksamaan linier berikut3x + 5y ≤ 15
               x ≥ 0
               y  ≥ 0
(SKOR 50)

2.        Penilaian Keterampilan
Indikator
Instrumen
Menyatakansuatufenomenaataufaktadalambentukpersamaan linier danpertidaksamaan linier
Pak adimerupakanseorangpedagang roti. Beliaumenjual roti menggunakangerobak yang dapatmemuat 600 bungkus roti. Roti yang dijualnyayaitu roti manisdan roti tawardenganhargamasing-masingRp. 5.500,00 untuk roti manisdanRp 4.500,00 untuk roti tawarperbungkusnya .daripenjualan roti tersebutbeliaumemperolehkeuntunganRp 500,00 darisebungkus rotimanisdanRp 600,00 darisebungkus roti tawar, apabila modal yang dimilikiolehpakBudi adalah 600.000. buatlah model matematika agar mendapat kan untung yang sebesar-besarnya!
 (SKOR 100)

4.Penilaian Sikap
Rubrik:
Indikator sikap konsisten dalam memecahkan masalah.
1.       Kurang baik jika menunjukkan sama sekali tidak  menerima kesepakatan meskipun berbeda dengan pendapatnya
2.       Baik jika menunjukkan sudah ada  usaha untuk menerima pendapat orang lain
3.       Sangat baik jika menunjukkan sudah menerima kesepakatan meskipun berbeda dengan pendapanya.
Indikator sikap bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
1.       Kurang baik jika sama sekali tidak berusaha untuk bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
2.       Baik jika menunjukkan sudah ada  usaha untuk bekerjasama dalam kegiatan kelompok tetapi masih belum ajeg/konsisten.
3.       Sangat baik jika menunjukkan adanya  usaha bekerjasama dalam kegiatan kelompok secara terus menerus dan ajeg/konsisten.

Indikator sikap disiplin dalam mengikuti pelajaran dan mengumpulkan tugas:
1.     Kurang baik, jika sama sekali tidak disiplin dalam mengikuti pelajaran dan mengumpulkan tugas.
2.     Baik, jika menunjukkan sudah ada  usaha untuk bersikap disiplin dalam mengikuti pelajaran dan mengumpulkan tugas.
3.     Sangat baik, jika menunjukkan adanya  usaha untuk selalu disiplin dalam mengikuti pelajaran dan mengumpulkan tugas.



Bubuhkan tanda √pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.


Nno
1


Nama Siswa

Sikap
konsisten
Bekerja sama
Disiplin
KB
B
SB
KB
B
SB
KB
B
SB
1










2










3










4










Keterangan:
KB       : Kurang baik
B         : Baik
SB        : Sangat baik






Mengetahui
Bangkalan,
Kepala SMAN 4 Bangkalan                                                         Guru Mata Pelajaran,


............................................                                                          RidhoNur Arifin M.Pd
      NIK. .............................






Tidak ada komentar:

Posting Komentar