Jumat, 19 Mei 2017

RPP Matematika K13 SMA Kelas 11 Semester 2 | Materi Peluang



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan    : SMA NEGERI 4 Bangkalan
Mata Pelajaran          : Matematika
Kelas/Semester         : XI/2
Materi Pokok             : Peluang
Alokasi Waktu           : 2 × 45 menit

A.  Kompetensi Inti (KI)
1.       Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.       Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.       Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, procedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.       Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.  Indikator
1.1  Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.1  memiliki motivasi internal, kemampuan bekerja sama, konsisten,sikap disiplin,rasa percaya diri, dan sikap toleransi dalam perbedaan strategi berpikir dalam memilih dan menerapkan strategi menyelesaikan masalah.
3.1  mendeskripsikan konsep peluang dan harapan suatu kejadian dan         menggunakannya dalam pemecahan masala.
4.1Mengidentifikasi, menyajikan model matematika dan menentukan peluang dan harapan suatu kejadian dari masalah kontektual.

C.   Materi Pembelajaran
Peluang

D.  Metode Pembelajaran
(problem-based learning). 



E.   Media, Alat dan Sumber Pembelajaran

Buku Siswa Matematika XI, LKS, Internet

F.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan
1.      Siswa merespon  salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
2.      Siswa menerima informasi tentang pembelajaran yang akan dilaksanakan dengan materi yang memiliki keterkaitan dengan materi sebelumnya.
3.      Siswa menerima informasi tentang kompetensi, ruang lingkup materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran  serta metode yang akan dilaksanakan
4.      Melaksanakan pre tes tentang aturan perkalian dalam kaidah pencacahan.
5 menit
Inti
Fase 1: Orientasi siswa kepada masalah
1.      Guru menjelaskan tujuan pembelajaran dan aktivitas-aktivitas yang akan dilakukan.
2.      Siswa didorong untuk mengajukan pertanyaan dan mencari informasi, guru sebagai pembimbing dan fasilitator.

Fase 2: Mengorganisasikan siswa
1.      Membentuk kelompok-kelompok belajar.
2.      Guru dan siswa menetapkan subtopik-subtopik yang spesifik
3.      Guru mengupayakan agar siswa aktif terlibat dalam kegiatan pembelajaran

Fase 3: Membimbing penyelidikan individu dan kelompok
1.      Siswa melakukan pengumpulan data dengan mencari informasi dari berbagai sumberGuru membantu pengumpulan data dengan mengajukan beberapa pertanyaan untuk berfikir tentang masalah dan ragam informasi yang dibutuhkan.
2.      Siswa menawarkan penjelasan dalam bentuk hipotesis dan pemecahan masalah.
3.      Guru mendorong agar siswa dapat menyampaikan semua ide yang dimiliki dalam upaya pemecahan masalah.

Fase 4: Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
1.      Siswa mempresentasikan hasil karyanya dalam pemecahan masalah (ada kelompok yang menyampaikan masalah-1, sedangkan masalah-2 oleh kelompok yang berbeda).
2.      Guru memberi kesempatan kepada kelompok lain ataupun siswa lain yang memiliki pendapat berbeda maupun ide yang berbeda untuk mengemukakan gagasannya.
3.      Guru memberi penguatan kepada hasil karya siswa, apabila ada hasil yang tidak sesuai dengan harapan guru wajib mengarahkan ke jalan yang benar.

Fase 5: Menganalisa dan mengevaluasi proses pemecahan masalah
1.        Siswa menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah yang telah dilakukan.
2.        Guru mendorong siswa untuk merekonstruksi pemikiran dan aktivitas yang telah dilakukan selama proses pembelajaran.

5    menit







5    menit





20 menit
















20 menit












15 menit




Penutup
1.     Siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
2.     Siswa merefleksi penguasaan materi yang telah dipelajari dengan membuat catatan penguasaan materi.
3.     Siswa melakukan evaluasi pembelajaran.
4.     Siswa saling memberikan umpan balik hasil evaluasi pembelajaran yang telah dicapai.
5.     Guru memberikan tugas mandiri sebagai pelatihan keterampilan dalam menyelesaikan masalah matematika yang berkaitan dengan peluang.
6.     Melaksanakan postes.
7.     Siswa yang belum mencapai kompetensi dilakukan remidi,
8.     Siswa mendengarkan arahan guru untuk materi pada pertemuan berikutnya
20 menit










G.  Penilaian
  1. Jenis/teknik Penilaian
No
Aspek yang dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
1.
Sikap
a.       Terlibat aktif dalam pembelajaran peluang.
b.      Bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
c.       Toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
Pengamatan
Selama pembelajaran dan saat diskusi
2.


Pengetahuan
a.    Menentukan ruang sampel.
b.   Menentukan peluang suatu kejadian.
c.    Menggunakan konsep peluang dan harapan suatu kejadian untuk memecahkan masalah.


Pengamatan dan tes

Penyelesaian tugas individu dan kelompok
3.

Keterampilan
a.    Terampil menyajikan model matematika dari suatu masalah nyata yang berkaitan dengan peluang suatu kejadian, serta
b.   Terampil menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan peluang dan harapan suatu kejadian.


Pengamatan

Penyelesaian tugas (baik individu maupun kelompok) dan saat diskusi






a.     Instrumen  dan Pedoman Penilaian
1.   Penilaian Religius

Indikator penilaian religius:
Kurang Baik, jika setiap akan memulai dan mengakhiri proses pembelajaran tidak berdoa.
Cukup Baik, jika memulai proses pembelajaran dengan berdoa tetapi saat mengakhiri tidak berdoa atau sebaliknya
Baik, jika memulai dan mengakhiri proses pembelajaran dengan berdoa tetapi tidak setiap saat
Sangat Baik, jika selalu setiap memulai dan mengakhiri proses pembelajaran dengan berdoa
Berilah tanda centang () pada kolom sesuai dengan indikator di atas
NO.
Nama Siswa
KB
CB
B
SB
























Keterangan:
KB = Kurang Baik            B   = Baik
CB = Cukup Baik             SB = Sangat Baik

2.      Penilaian pengetahuan
Indikator
Instrumen
Mendeskripsikan konsep peluang dan harapan suatu kejadian dan         menggunakannya dalam pemecahan masalah

1.      Dalam sebuah kotak terdapat 12 bola yang sama dan berbeda warna, yaitu 5 bola berwarna merah, 4 bola berwarna kuning dan 3 bola berwarna biru. Jika seorang anak mengambil 3 bola secara acak, maka tentukan:
a.       banyaknya anggota ruang sampel,
b.      peluang terambil 2 bola berwarna merah,
c.       peluang ketiga bola berwarna merah,
d.      peluang ketiga bola berlainan warna,
e.       peluang minimal 1 bola berwarna biru.
(Skor 50 )

2.      Di dalam kandang terdapat 30 ekor ayam, yaitu 10 ekor ayam jantan, 6 di antaranya berbulu tidak hitam dan 20 ekor ayam berwarna hitam. Ibu memilih 2 ekor ayam untuk dipotong, maka tentukan peluang bahwa ayam yang terpilih untuk dipotong keduanya ayam betina berbulu tidak hitam.
(skor 50)

3.      Penilaian keterampilan
Indikator
Instrumen
Mengidentifikasi, menyajikan model matematika dan menentukan peluang dan harapan suatu kejadian dari masalah kontektual.


1.      Dalam sebuah kotak terdapat 15 botol yang sama dan berbeda warna, yaitu 6 botol berwarna merah, 5 botol berwarna kuning dan 4 botol berwarna biru. Jika seorang anak mengambil 3 botol secara acak, maka tentukan:
a.       banyaknya anggota ruang sampel,
b.      peluang terambil 2 botol berwarna kuning,
c.       peluang ketiga botol berwarna kuning,
d.      peluang ketiga botol berlainan warna,
e.       peluang minimal 1 botol berwarna merah

2.      Di dalam peternakan terdapat 40 kambing, yaitu 30 ekor kambing jantan, 26 di antaranya berbulu putih dan 12 ekor kambing berwarna hitam. Seorang pembeli memilih 2 ekor kambing untuk dijual, maka tentukan peluang bahwa kambing yang terpilih untuk dijual keduanya kambing betina berbulu putih.




4.      Penilaian sikap
Rubrik :

Indikator sikap aktif dalam pembelajaran peluang
1.       Kurang baik jika menunjukkan sama sekali tidak ambil bagian dalam pembelajaran
2.       Baik jika menunjukkan sudah ada  usaha ambil bagian dalam pembelajaran  tetapi belum ajeg/konsisten
3.       Sangat baik jika menunjukkan sudah ambil bagian  dalam menyelesaikan tugas kelompok  secara terus menerus dan ajeg/konsisten

Indikator sikap bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
1.       Kurang baik jika sama sekali tidak berusaha untuk bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
2.       Baik jika menunjukkan sudah ada  usaha untuk bekerjasama dalam kegiatan kelompok tetapi masih belum ajeg/konsisten. 
3.       Sangat baik jika menunjukkan adanya  usaha bekerjasama dalam kegiatan kelompok secara terus menerus dan ajeg/konsisten.

Indikator sikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
1.       Kurang baik jika sama sekali tidak bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
2.       Baik jika menunjukkan sudah ada usaha untuk bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif tetapi masuih belum ajeg/konsisten.
3.       Sangat baik jika menunjukkan sudah ada usaha untuk bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif secara terus menerus dan ajeg/konsisten.






Bubuhkan tanda √ pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
No
Nama Siswa
Sikap
Aktif
kejujuran
Toleran


KB
B
SB
KB
B
SB
KB
B
SB
1










2










3










4










5










6










7










8











Keterangan:
KB        : Kurang baik
B          : Baik
SB        : Sangat baik





       Bangkalan ,   ............................. 2016

Mengetahui
Kepala SMAN 4 Bangkalan                                                      Guru Mata Pelajaran,


............................................                                                    Ridho Nur Arifin M.Pd
NIP. ....................................                                                                                


Tidak ada komentar:

Posting Komentar