Sabtu, 20 Mei 2017

RPP Matematika K13 SMA Kleas 12 Semester 1 | Materi Barisan dan Deret



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah                                        : SMAN 1 BANGKALAN
Mata Pelajaran                         : Matematika
Kelas/Semester                          : XII / Ganjil
MateriPokok                             : Bunga,pertumbuhan dan peluruhan
AlokasiWaktu                           : 2x 40menit (1 kali pertemuan)
                                                                                         
A.    KompetensiInti
1.    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.    Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.    Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, procedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.    Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B.    Kompetensi Dasar
1.1.     Menghayatidanmengamalkanajaran agama yang dianutnya
1.1. Menghayati perilaku disiplin, sikap kerjasama, sikap kritis dan cermat dalam bekerja menyelesaikan masalah kontekstual.
3.2. Mendeskripsikan konsep barisan dan deret pada konteks dunia nyata, seperti bunga, pertumbuhan, dan peluruhan.
4.2. Mengidentifikasi, menyajikan model matematika dan menyelesaikan masalah keseharian yang berkaitan dengan barisan dan deret aritmetika, geometri dan yang lainnya.      
C.    Indikator
1.1   Membaca do’a sebelum dan setelah KBM
2.1   Mengerjakan soal bunga, pertumbuhan dan peluruhan dengan menunjukkan perilaku konsisten dan teliti serta senang dan rasa ingin tahu dan percaya diri.
3.1   Mendeskripsikan konsep barisan dan deret pada konteks dunia nyata, seperti bunga, pertumbuhan, dan peluruhan
4.1 Mengidentifikasi, menyajikan model matematika dan menyelesaikan masalah keseharian yang berkaitan dengan barisan dan deret aritmetika, geometri dan yang lainnya.       

                                         
D.    Tujuan Pembelajaran
Melalui proses pengamatan, bertanya, mengumpulkaninformasi, bernalar, diskusi, serta mengasosiasi pesertadidikdapat:
1.       Mampu menjelaskan pengertian bunga, pertumbuhan dan peluruhan dan mengetahui bunga, pertumbuhan dan peluruhan.
2.       Mampu menyatakan suatu permasalahan kehidupan sehari- hari seperti bunga, pertumbuhan dan peluruhan sehingga dapat di selesaikan dengan konsep barisan dan deret.
3.       Menunjukkan sikap senang, ingin tahu,percaya diri, konsisten dan teliti dalam belajar dan megerjakan soal-soal bunga, pertumbuhan dan peluruhan.
4.       Menunjukkan sikap kerjasama dalam kelompok ketika berdiskusi.
5.       Siswa mampu menyelesaikan masalah kehidupan sehari-hari seperti bunga, pertumbuhan dan peluruhan dengan konsep barisan dan deret.

Keterangan:
·      tujuan no.2 dan 3 dicapai melalui proses pembelajaran langsung
·      tujuan no.1,4dan 5 dicapai mealui proses pembelajaran tidak langsung.


E.    Materi Pembelajaran

Konsep
      Barisan dan deret

Prosedur
Menyelesaikan permasalahan sehari-hari berkaitan dengan bunga, pertumbuhan dan peluruhan dengan konsep barisan dan deret.


E.       Metode Pembelajaran
1.       Pendekatan                       : Saintifik
              2.       Model Pembelajaran      :Berbasis Masalah
3.       Metode                                : Diskusi kelompok,menyelesaikansoal,penugasan.

F.       Alat/Media/Sumber Belajar
1.       Alat/Bahan         : Spidol. penggaris, dan pulpen
2.       Media                   :LCD
3.       Sumber Belajar :
a.       Buku matematika ,bunga, pertumbuhan dan peluruhan hal 71-126.penerbit pusat kurikulum dan perbukuan,balitbang,kemdikbud 2015.
b.       Internet

G.      Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan
1.       Guru meminta peserta didik untuk berdoa sebelum memulai pelajaran dan peserta didik mengikuti.
2.       Guru memberikan rangsangan berupa pertanyaan kepada peserta didik tentang matriks sebagai apersepsi dan peserta didik memberikan respon.
3.       Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang harus dicapai siswa
4.       Guru membagi peserta didik ke dalam kelompok kecil yang tediri dari 4-5 orang.
15 menit
Kegiatan Inti
60Menit



Mengamati





Menanya
















Mencoba



Menalar












Mengkomunikasi








Fase 1
Konsep Dasar (Basic Concept)

1.       Guru memberikan konsep dasar, petunjuk, referensi, atau link dan skill yang diperlukan dalam pembelajaran tersebut



Fase II
Pendefinisian Masalah (Defining the Problem)
1.     Guru menyampaikan skenario atau  permasalahan dan dalam kelompoknya peserta didik melakukan berbagai kegiatan.
2.     Guru meminta semua anggota kelompok mengungkapkan pendapat, ide, dan tanggapan terhadap skenario secara bebas, sehingga dimungkinkan muncul berbagai macam alternatif pendapat
3.     Guru melakukan seleksi untuk memilih pendapat yang lebih fokus
4.     Guru menentukan permasalahan dan melakukan pembagian tugas dalam kelompok untuk mencari referensi penyelesaian dari isu permasalahan yang didapat
5.     Guru  memvalidasi pilihan-pilihan yang diambil peserta didik  yang akhirnya  memiliki gambaran yang jelas tentang apa saja yang mereka ketahui, apa saja yang mereka tidak ketahui, dan pengetahuan apa saja yang diperlukan untuk menjembataninya

Fase III
Pembelajaran Mandiri (Self Learning)
1.       Masing - masing peserta didik mencari berbagai sumber yang dapat memperjelas isu yang sedang diinvestigasi misalnyadari artikel tertulis di perpustakaan, halaman web, atau bahkan pakar dalam bidang yang relevan.
Fase IV
Pertukaran Pengetahuan (Exchange knowledge)
1.       peserta didik berdiskusi dalam kelompoknya dapat dibantu guru untuk mengklarifikasi capaiannya dan merumuskan solusi dari permasalahan kelompok

2.       presentasi hasil dalam kelas dengan mengakomodasi masukan dari pleno, menentukan kesimpulan akhir, dan dokumentasi akhir

Penutup
1.     Peserta didik merefleksi penguasaan materi yang telah dipelajari dengan membuat catatan penguasaan materi.
2.     Peserta didik saling memberikan umpan balik hasil evaluasi pembelajaran yang telah dicapai.
3.     Guru memberikan tes tulis (sesuai dengan instrumen pengetahuan yang ada dihalaman berikutnya)
4.     Guru meminta peserta didik  untuk mempelajari materi pada pertemuan berikutnya yaitu tentang induksi matematika.
15 menit
                                                         
H.      Penilaian Hasil Belajar
a.    Teknik dan Instrumen Penilaian:
Penilaian Sikap: observasi dan penilaian rekan sebaya
Penilaian Pengetahuan: tes tertulis
Penilaian Keterampilan: unjuk kerja
b.    Prosedur Penilaian:
No
Aspek yang dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
1.
Sikap


1.    Disiplin dalam mengikuti pelajaran dan mengumpulkan tugas
2.    Kerjasama kelompok yang dikembangkan saat memecahkan masalah
3.    Berfikir kritis dalam memecahkan masalah yang diberikan
4.    Cermat dalam melaksanakan tugas dan memecahkan masalah








Observasi dan penilaian teman sebaya


Observasi dan penilaian teman sebaya



Observasi dan penilaian teman sebaya


Observasi




Selamapembelajarandansaatdiskusi

Selama proses pembelajaran dan saat mengumpulkan tugas


Selama kegiatan diskusi kelompok dan presentasi hasil produk

Selama proses pengerjaan tugas mandiri
2.
Pengetahuan
Mampumenyelesaikanpermasalahandengan konsep baarisan dan deret..

Tes tulis


Diakhirpenyampaianmateri
3.

Keterampilan
Siswamampumenyatakansebuahfaktadalamkehidupansehariharidandapat di selesaikandengan konsep baarisan dan deret  sertadapatmempersentasikannya di depankelompok lain.

Penilaian Unjuk kerja



Saat proses pembelajaran
Setelahlaporanselesai (denganbataswaktu yang ditentukan ± 1minggu).

c.     Instrumen  dan Pedoman Penilaian
1.    Penilaian Religius

Indikator penilaian religius:
Kurang Baik, jika setiap memulaiproses pembelajaran tidak berdoa.
 Baik, jika memulai proses pembelajaran dengan berdoadengankhusyuk.
Baiksekali, jika memulai dan mengakhiri proses pembelajaran dengan berdoa dengankhusyuk.
Sangat Baik, jika selalu setiap memulai dan mengakhiri proses pembelajaran dengan berdoakhusyuk.
Berilah tanda centang () pada kolom sesuai dengan indikator di atas
NO.
Nama Siswa
KB
CB
B
SB
























Keterangan:
KB = Kurang Baik                        B   = Baik
CB = Cukup Baik                          SB = Sangat Baik

2.    Penilaian Pengetahuan
Indikator
Instrumen
Mampu Mengidentifikasi, menyajikan model matematika dan menyelesaikan masalah keseharian yang berkaitan dengan barisan dan deret aritmetika, geometri dan yang lainnya.
Abi meminjam uang sebesar Rp150.000.000,00 di bank untuk membeli sebuah mobil dengan bunga  7% selama 5 tahun. Akibatnya bunga yang harus dibayarkan Abi sebesar Rp10.500.000,00 per tahun.
  1. Pada tahun ke berapa Abi dapat membayar lunas pinjamannya ?
(SKOR 50)

  1. Berapakah angsuran yang harus dibayar tiap bulannya agar dapat lunas ?

 (SKOR 50)

3.         Penilaian Keterampilan
Indikator
Instrumen
Siswamampumenyatakansebuahfaktadalamkehidupansehariharidandapat di selesaikan konsep barisan dan deret sertadapatmempersentasikannya di depankelompok lain.
Nyatakansebuahmasalahdalamkehidupansehari-haridandapat di selesaikandengan konsep barisan dan deret (SKOR 100)

4.    Penilaian Sikap
Rubrik:
Indikator sikap bekerjasama dalam kegiatan kelompok:
1.    Kurang baik,jika antar kelompok tidak menujukkan sikap kerjasama dan telitinya dalam kelompok.
2.    Cukup baik, jika berusaha untuk bekerjasama dan berkomunikasi dalam kegiatan kelompok.
3.    Baik, jika menunjukkan sudah ada  usaha untuk bekerjasamadanberkomunikasidalamkegiatankelompok.
4.    Sangat baik, jika menunjukkan adanya  usaha bekerjasamadanberkomunikasisecaraterus-menerusdalamkegiatankelompok.

Indikator sikap disiplin dalam mengikutipelajarandanmengumpulkantugas:
1.    Kurang baik, jika sama sekali tidak teliti dan konsisten dalam mengikuti pelajaran dan mengumpulkan tugas.
2.    Cukup baik, jika menunjukkan ada sedikit sikap konsisten dalam mengikuti pelajaran dan mengumpulkan tugas.
3.    Baik, jika menunjukkan sudah ada  usaha untuk bersikap disiplin telitii dan konsisten dalam mengikuti pelajaran  dan mengumpulkan tugas.
4.    Sangat baik, jika menunjukkan adanya  usaha untuk selalu disiplin serta teliti dan konsisten dalam mengikuti pelajaran  dan mengumpulkan tugas.

Indikator berfikir kritis dalam memecahkan masalah:
1.    Kurang baik, jika sama sekali tidak berfikir kritis dalam memecahkan masalah
2.     Cukup baik, jika menunjukkan adanyasedikit berfikir kritis dalam memecahkan masalah
3.    Baik, jika menunjukkan sudah ada  usaha untuk berfikir kritis dalam memecahkan masalah
4.    Sangat baik, jika menunjukkan adanya  usaha untuk selalu berfikir kritis dalam memecahkan masalah


Indikator cermat dalam Cermat dalam melaksanakan tugas dan memecahkan masalah:
1.    Kurang baik, jika sama sekali tidak Cermat dalam melaksanakan tugas dan memecahkan masalah
2.    Cukup baik, jika menunjukkan adanyasedikit Cermat dalam melaksanakan tugas dan memecahkan masalah
3.    Baik, jika menunjukkan sudah ada  usaha untuk Cermat dalam melaksanakan tugas dan memecahkan masalah
4.    Sangat baik, jika menunjukkan adanya  usaha untuk selalu Cermat dalam melaksanakan tugas dan memecahkan masalah
Isilahkolomberikutdengan KB, CB, B, dan SB sesuaipedomanindikator di atas.
No
Nama
Sikap
Kerjasama
dan
komunikasi
Disiplin
Berfikir kritis
Cermat







































Keterangan:
KB = Kurang Baik                        B   = Baik
CB = Cukup Baik                          SB = Sangat Baik
Merujuk pada indikator sikap di atas







Bangkalan, 20 desember 2016
Mengetahui
Kepala SMAN 1 Bangkkalan.                                                                                 Guru Mata Pelajaran,


.......................................                                                                                    Ridho Nur Arifin M.Pd
NIK. .................................                                                                    


Tidak ada komentar:

Posting Komentar