Minggu, 14 Mei 2017

RPP Matematika K13 SMP Kelas 8 Semester 1 | Materi Operasi Aljabar



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah                       : SMP Negeri 1 Bangkalan
Mata Pelajaran                      : Matematika
Materi Pokok                         : Operasi Aljabar
Kelas / Semester                    : VIII / Ganjil
Alokasi Waktu                      : 3 x 40 menit

A.    Kompetensi Inti :
1.      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong-royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.      Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.      Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.     Kompetensi Dasar :
1.1  Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.2 Menunjukkan perilaku ingin tahu dalam melakukan aktivitas di rumah, sekolah, Dan, masyarakat sebagai wujud implementasi penyelidikan operasi aljabar.
3.1 Menerapkan operasi aljabar yang melibatkan bilangan rasional dan pecahan.
4.4 Menyelesaikan permasalahan dengan menaksir besaran yang tidak diketahui menggunakan grafik, aljabar, dan aritmatika.

C.    Indikator Pencapaian Kompetensi :
1.      Melakukan proses berdoa sebelum dan sesudah proses pembelajaran.
2.      merespon masalah yang diberikan oleh guru.
3.      Menyelesaikan operasi aljabar menggunakan bilangan rasional dan pecahan.
4.      Menyelesaikan permasalahan tentang soal aljabar.
D.    Tujuan Pembelajaran

Melalui proses pengamatan, bertanya, mengumpulkan informasi, bernalar, diskusi, serta mengasosiasi peserta didik dapat:

1.    Membandingkan berbagai jenis operasi aljabar.
2.    Menjelaskan konsep operasi aljabar.
3.    Menyatakan suatu fenomena atau fakta dalam bentuk operasi aljabar.
4.    Menunjukkan perilaku ingin tahu respon masalah yang diberikan guru
Keterangan:
·      tujuan no.1 sampai 3 dicapai melalui proses pembelajaran langsung
·      tujuan no.4 dicapai mealui proses pembelajaran tidak langsung.

E.      Metode Pembelajaran
1.       Pendekatan                 : Saintifik
2.       Model Pembelajaran   : Discovery Learning
3.       Metode                        : Diskusi kelompok,tanya jawab, dan penugasan

F.      Alat/Media/Sumber Belajar
1.       Alat/Bahan      : Spidol. penggaris, dan pulpen
2.       Media              : LCD
3.       Sumber Belajar  :
a.       Buku Peserta didik, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014
b.      Buku Guru Hal, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014
c.       Internet


G.     Materi Pembelajaran
Operasi aljabar

H.      Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan
1.      Guru meminta peserta didik untuk berdoa sebelum memulai pelajaran dan peserta didik mengikuti.
2.      Guru memberikan rangsangan berupa pertanyaan kepada peserta didik tentang bilangan bulat sebagai apersepsi dan  peserta didik memberikan respon.
3.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang harus dicapai siswa
4.      Guru membagi peserta didik ke dalam kelompok kecil yang tediri dari 4-5 orang.
15 menit
Kegiatan Inti
 60 Menit
Mengamati

















Menanya














Mencoba


















Menalar






Mengkomunikasi








Fase 1
Stimulation (stimulasi/pemberian rangsangan)

1.      Peserta didik mengamati permasalahan yang disajikan oleh guru dan menuliskan apa yang diketahui serta ditanyakan:
pak deni membeli tiga gelodong kain untuk keperluan menjahit baju seragam pesanan sekolah SMP semangat 45. Setelah semua seragam selesai dijahit, ternyata kain masih sisa 4 meter. Nyatakan bentuk aljabar kain yang digunakan untuk menjahit?

2.      Peserta didik diminta menyatakan dalam bentuk aljabar dari permasalahan di atas.


Fase II
Problem statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah)
1.    Guru memfasilitasi peserta didik untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami terkait dengan tugas yang diberikan.

2.    Guru mengarahkan dan memancing peserta didik dengan cara mengajukan pertanyaan yang terkait dengan aljabar:

Apakah pada penyelesaian operasi aljabar variabel yang boleh digunakan hanya x dan y?




Fase III
Data collection (pengumpulan data)
1.        Peserta didik mendiskusikan jawaban pertanyaan pancingan yang  diberikan oleh guru tentang aljabar secara berkelompok.
Fase IV
Data processing (pengolahan data)
1.      Guru memfasilitasi peserta didik untuk mengarahkan peserta didik kepada kesimpulan bahwa:

Dalam penyelesaian operasi aljabar variabel yang boleh digunakan tidak hanya x dan y, tetapi huruf alphabet dari a, b, c, d, ......, z .

2.      Peserta didik secara berkelompok menuliskan kesimpulan dari hasil diskusi

Fase V
Verification (pembuktian)
1.      Guru meminta perwakilan setiap kelompok untuk menyajikan/mempresentasikan hasil diskusi masing-masing kelompok.
2.      Kelompok lain menanggapi dan memberi saran terhadap apa yang disampaikan oleh kelompok yang presentasi
Fase VI
Generalization (menarik kesimpulan/generalisasi)
1.      Guru memfasilitasi peserta didik untuk mengarahkan kesimpulan bahwa
Dalam penyelesaian operasi aljabar variabel yang boleh digunakan tidak hanya x dan y, tetapi huruf alphabet dari a, b, c, d, ......, z .


Penutup
1.     Peserta didik merefleksi penguasaan materi yang telah dipelajari dengan membuat catatan penguasaan materi.
2.     Peserta didik saling memberikan umpan balik hasil evaluasi pembelajaran yang telah dicapai.
3.     Guru memberikan tes tulis (sesuai dengan instrumen pengetahuan yang ada dihalaman berikutnya)
4.     Guru meminta peserta didik  untuk mempelajari materi pada pertemuan berikutnya.
15 menit


I.         Penilaian
1.      Teknik Penilaian
Penilaian Sikap: observasi dan penilaian rekan sebaya
Penilaian Pengetahuan: tes tertulis
Penilaian Keterampilan: unjuk kerja
a.    Prosedur Penilaian:
No
Aspek yang dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
1.
Rasa ingin tahu

Pengamatan
Selama proses pembelajaran saat merespon guru
2.
Pengetahuan
Menyelesaikan soal aljabar dalam
bentuk bilangan rasional dan
pecahan.

Tes tulis

Diakhir penyampaian materi.
3.

Keterampilan
Menyelesaikan permasalahan tentang soal aljabar.
Penilaian Unjuk kerja


Saat proses pembelajaran
Setelah laporan selesai (dengan batas waktu yang ditentukan ± 1 minggu).



b.      Instrumen  dan Pedoman Penilaian
1.    Penilaian Religius
Indikator penilaian religius:
Kurang Baik, jika setiap akan memulai dan mengakhiri proses pembelajaran tidak berdoa.
Cukup Baik, jika memulai proses pembelajaran dengan berdoa tetapi saat mengakhiri tidak
berdoa atau sebaliknya
Baik, jika memulai dan mengakhiri proses pembelajaran dengan berdoa tetapi tidak setiap saat
Sangat Baik, jika selalu setiap memulai dan mengakhiri proses pembelajaran dengan berdoa
Berilah tanda centang () pada kolom sesuai dengan indikator di atas
NO.
Nama Siswa
KB
CB
B
SB
























Keterangan:
KB = Kurang Baik             B   = Baik
CB = Cukup Baik               SB = Sangat Baik
2.    Penilaian Pengetahuan
Indikator
Instrumen
Menyelesaikan soal aljabar.
1.      a. Tentukan penjumlahan 7a + 4b dengan 8a - 6b
b.Tentukan pengurangan 7a + 4a dengan 8a – 6b
(SKOR 50)

2.      Tentukan hasil kali dari bentuk- bentukaljabar  berikut
a.      (x + 5) x (5x  – 1)
b.      (7 – 2x) x (2x – 7)
(SKOR 50)

3.        Penilaian Keterampilan
Indikator
Instrumen
Menyelesaikan permasalahan tentang soal aljabar.
Pak Tohir memiliki dua jenis hewan ternak, yaitu sapi dan ayam. Banyaknya sapi dan ayam yang dimiliki pak tohir secara berturut turut adalah 27 sapi dan 1500 ayam. Seluruh sapi dan ayam tersebut akan dijual kepada seorang pedagang ternak. (SKOR 100)

4.        Penilaian rasa ingin tahu
Rubrik:
Indikator rasa ingin tahu sebagai wujud implementasi penyelidikan operasi aljabar
1.    Kurang baik,jika sama sekali tidak berusaha untuk menyelesaikan masalah dalam kegiatan kelompok.
2.    Cukup baik, jika menunjukkan ada sedikit usaha untuk menyelesaikan masalah dalam kegiatan kelompok.
3.    Baik, jika menunjukkan sudah ada  usaha untuk menyelesaikan masalah dalam kegiatan kelompok.
4.    Sangat baik, jika menunjukkan adanya  usaha untuk menyelesaikan masalah dalam kegiatan kelompok.
Berilah tanda centang () pada kolom sesuai dengan indikator di atas
NO.
Nama Siswa
KB
CB
B
SB

























Keterangan:
KB = Kurang Baik             B   = Baik
CB = Cukup Baik               SB = Sangat Baik






                                                                                                Bangkalan,  19 Desember 2016
Mengetahui
Kepala SMP Negeri 1 Bangkalan                                                       Guru Mata Pelajaran,


...................................                                                                          Ridho Nur Arifin
NIP............................                                                

1 komentar: