Senin, 08 Mei 2017

RPP Matematika K13 SMP Kelas 9 Semester 1 | Materi Bilangan Berpangkat dan bentuk akar



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                       : SMPN 1 Bangkalan
Mata Pelajaran          : Matematika
Kelas/Semester          : IX/1
MateriPokok              : Bilangan Berpangkat dan bentuk akar
AlokasiWaktu            :  3 X 40 Menit
A.  KompetensiInti  (KI)
1.      Menghargaidanmenghayatiajaran agama yang dianutnya
2.      Menghargaidanmenghayatiperilakujujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotongroyong), santun, percayadiri, dalamberinteraksisecaraefektifdenganlingkungansosialdanalamdalamjangkauanpergaulandankeberadaannya
3.      Menghargaidanmenghayatiperilakujujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotongroyong), santun, percayadiri, dalamberinteraksisecaraefektifdenganlingkungansosialdanalamdalamjangkauanpergaulandankeberadaannya
4.      Mencoba, mengolah, danmenyajidalamranahkonkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, danmembuat) danranahabstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, danmengarang) sesuaidengan yang dipelajari di sekolahdansumber lain yang samadalamsudutpandang/teori

B. KompetensiDasar (KD)
1.1 Menghargaidanmenghayatiajaran agama yang dianutnya.
2.3 Menunjukkanperilakujujurdanbertanggungjawabsebagaiwujudimplementasikejujurandalammelaporkan data pengamatan.
3.2 Memahamisifat-sifatbilanganberpangkatdanbentukakardalamsuatupermasalahan.
      4.1Menyelesaikanpermasalahannyata yang berkaitandenganfungsikuadrat

C.Indikator

1. Membacado’asesuia agama masing-masing.
2. menunjukkansikaptanggungjawabdanjujurdalamkelompokbelajar.
3. menunjukkansifatkritisdalammenemukansifat-sifatbilanganberpangkatdanbentukakardalamsuatupermasalahan.
4. memecahkanmasalahnyata yang berkaitandenganfungsikuadrat.

D.Materi Pembelajaran
Bilangan berpangkat dan bentuk akar
E.Metode Pembelajaran
(problem-based learning). 
Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
1.       Buku paket  Matematika IX
2.       Lks matematika kelas IX
3.       internet
F.Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
 
 












A. Penilaian
  1. Jenis/teknik Penilaian

No
Aspek yang dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
1.
Sikap
a.       Terlibat aktif dalam pembelajaran bilanagn berpangkat dan bentuk akar dalam suatu permasalahan
b.      Bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
.
Pengamatan
Selama pembelajaran dan saat diskusi
2.


Pengetahuan
a.    Menentukan permasalahan yang berhubungan dengan bilangan berpangkat dan bentuk akar dengan menggunakan Menggunakan konsep-konsepnya


Pengamatan dan tes

Penyelesaian tugas individu dan kelompok
3.

Keterampilan
a.    Terampil menyajikan model matematika dari suatu masalah nyata yang berkaitan dengan
Bentuk akar dan bilangan berpangkat
b.   Terampilmenyelesaikanmasalahkontekstual yang berkaitandengansifat-sifat bilangan berpangkat

Pengamatan

Penyelesaian tugas (baik individu maupun kelompok) dan saat diskusi

a.       .instrumendanpedomanpenilaian
1.      PenilaianReligius
IndikatorpenilaianReligius:
KurangBaik ,jikasetiapakanmemulaidanmengakhiri proses pembelajarantidakberdoa.
CukupBaik ,jikamemulai proses pembelajarandenganberdoatetapisaat            mengakhiritidakberdoaatausebaliknya.
Baik ,jikamemulaidanmengakhiri proses pembelajarandenganberdoatetapitidaksetiapsaat.
SangatBaik ,jikaselalusetiapmemulaidanmengakhiri proses pembelajarandenganberdoa.



Berilahtandacentang () pada kolom sesuai dengan indikator di atas
NO.
NamaSiswa
KB
CB
B
SB
























Keterangan:
KB = KurangBaik              B   = Baik
CB = CukupBaik                SB = SangatBaik
2.penilaian pengetahuan
 





3. Penilaianketerampilan
Indikator
Instrumen
Memecahkanmasalahnyata yang berkaitandenganfungsikuadrat.


1. Pak Hendramempunyai 6 Bebek. Masing – masingbebekmempunyai 6 anak. Masing – masinganakbebekmempunyai 6 anakbebek. BerapakahjumlahbebekpakHendra ?

( Skor 50 )




4.PenilaianSikap

Rubrik:
Indikator sikapjujurketikamenyelesaikantugasmandiri:
1.Kurang baik, jika sama sekali tidak mencontek dalam mengerjakan  tugas
2.Baik, jika sebagianbesartugasmandiridikerjakandengan tidak mencontek
3.Sangat baik,jika seluruhtugasmandiridikerjakansecarajujur

Indikatorsikapbertanggungjawabterhadapdirisendirimaupunkelompoknya :
1.KurangBaik, jikasamasekalitidakbertanggungterhadapdirinyasendirimaupunkelompoknya.
2.Baik, jikamenunjukkansedikitadanyatanggungjawabterhadapdirinyasendirimaupunkelompoknya.
3.Sangat Baik, jikamenunjukkanadanyatanggungjawabterhadapdirinyasendirimaupunkelompoknya.

Indikatorsikapkritisdalammelakukantugasbelajarmatematika.
1.Kurangbaik , jikasamasekalitidakkritisdalammengikutipelajarandanmengumpulkantugas.
2.Baik , jikamenunjukkansudahadausahauntukbersikapkritisdalammengikutipelajarandanmengumpulkantugas
3.Sangatbaik , jikamenunjukkanadanyausahauntukselalukritisdalammengikutipelajarandanmengumpulkantugas.

Bubuhkan tanda √pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.


Nno



        Nama Siswa

Sikap
jujur
Bertanggung jawab
kritis
KB
B
SB
KB
B
SB
KB
B
SB
1










2










3










4










5












Keterangan:
KB     : Kurang baik
B        : Baik
SB       : Sangat baik



Mengetahui
Bangkalan,
Kepala SMPN 1 Bangkalan                                                    Guru Mata Pelajaran,


..............................................                                                  Ridho Nur Arifin M.Pd


           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar