Minggu, 21 Mei 2017

RPP Matematika K13 SMA Kelas 12 Semester 1 | Materi Matriks



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah                       : SMA Negeri 1 Bangkalan
Mata Pelajaran                      : Matematika
Kelas / Semester                    : XII / Ganjil
Alokasi Waktu                      : 3 x 45 menit
A.    Kompetensi Inti :
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.      Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia 
3.      Memahami , menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.      Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B.     Kompetensi Dasar :
1.1  Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.2 Menghayati kesadaran hak dan kewajiban serta toleransi terhadap berbagai perbedaan di dalam masyarakat majemuk sebagai gambaran menerapkan nilai-nilai matematis
3.1 Menganalisis konsep, nilai determinan dan sifat operasi matriks serta menerapkannya dalam menentukan invers matriks dan dalam memecahkan masalah.    
4.1 Menyajikan dan menyelesaikan model matematika dalam bentuk persamaan matriks dari suatu masalah nyata yang berkaitan dengan persamaan linear
C.    Indikator Pencapaian Kompetensi :
1.    Melakukan proses berdoa sebelum dan sesudah proses pembelajaran.
2.    Bersikap toleransi kepada siswa.
3.    Menyelesaikan nilai deteminan dari suatu matriks dan operasi matriks dalam menentukan invers.
4.    Menyelesaikan model matematika dalam bentuk persamaan matrik yang berkaitan dengan persamaan linier.
D.    Materi Pembelajaran
Matriks
E.     Kegiatan Pembelajaran
1.      Pendahuluan ( 20 menit)
·         Apersepsi : Guru bersama siswa melakukan proses berdoa sebelum memulai pembelajaran. Guru melakukan tanya jawab dengan siswa tentang materi matriks yang sudah didapatkan di SMA kelas 1 , yaitu guru menanyakan tentang berbagai konsep dari matriks.
·         Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yaitu  :
ü  Siswa dapat menyelesaikan soal operasi matriks dalam pemecahan masalah.
ü  Menyajikan model matematika dalam bentuk persamaan matrik.
·         Motivasi  : Guru memotivasi peserta didik dengan memberikan pengaruh, jika peserta didik memperhatikan materi yang disampaikan maka peserta didik mampu menyelesaikan soal di akhir pembelajaran ataupun saat UTS dan UAS.
2.      Kegiatan Inti ( 90 menit)
o   Mengamati
Fase 1
Orientasi peserta didik kepada masalah
ü  Peserta didik mengamati permasalahan yang disajikan oleh guru pada slide power point :
Misakan  : Diberikan matriks A=  , Tentukan semua minor dan matriks kofaktor matriks A.
ü  Guru meminta peserta didik untuk menyelesaikan soal matriks
o   Menanya
Fase 2
 Mengorganisasikan peserta didik
ü  Guru memfasilitasi peserta didik untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami terkait dengan tugas yang diberikan.
ü  Guru mengarahkan dan memancing peserta didik dengan cara mengajukan pertanyaan yang terkait dengan matriks :
1.      “Apakah ada cara lain untuk menentukan determinan matriks 2x2 ?”
ü  Peserta didik mendiskusikan jawaban pertanyaan pancingan yang  diberikan oleh guru tentang matriks secara berkelompok.
o   Mencoba
Fase 3
Membimbing penyelidikan individu dan kelompok
ü  Guru memfasilitasi peserta didik untuk mengarahkan peserta didik kepada kesimpulan bahwa :
1.      Tidak ada, hanya satu cara yaitu AD-BC untuk menentukan determinan matriks 2x2
ü  Peserta didik secara berkelompok menuliskan kesimpulan dari hasil diskusi.
o   Menalar
Fase 4
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
ü  Guru meminta perwakilan setiap kelompok untuk menyajikan/mempresentasikan hasil diskusi masing-masing kelompok.
ü  Kelompok lain menanggapi dan memberi saran terhadap apa yang disampaikan oleh kelompok yang presentasi.
o   Mengkomunikasikan
Fase 5
Menganalisa dan mengevaluasi proses pemecahan masalah
ü  Guru memfasilitasi peserta didik untuk mengarahkan kesimpulan bahwa nilai determinan matriks pada ordo 3x3 yang hanya dapat ditentukan dengan berbagai cara.
3. Penutup
ü  Peserta didik merefleksi penguasaan materi yang telah dipelajari dengan membuat catatan penguasaan materi.
ü  Peserta didik saling memberikan umpan balik hasil evaluasi pembelajaran yang telah dicapai.
ü  Guru memberikan tes tulis (sesuai dengan instrumen pengetahuan yang ada dihalaman berikutnya)
ü  Guru meminta peserta didik  untuk mempelajari materi pada pertemuan berikutnya yaitu tentang Bunga, Pertumbuhan, dan Peluruhan.
F.     Penilaian
1.      Teknik Penilaian
Penilaian Sikap: observasi dan penilaian rekan sebaya
Penilaian Pengetahuan: tes tertulis
Penilaian Keterampilan: unjuk kerja
a.    Prosedur Penilaian :
No
Aspek yang dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
1.
Sikap
Bersikap toleransi kepada siswa

Observasi .

Selama pembelajaran dan saat diskusi .
2.
Pengetahuan
Menyelesaikan nilai deteminan dari suatu matriks dan operasi matriks dalam menentukan invers.
Tes tulis

Diakhir penyampaian materi.
3.

Keterampilan
Menyelesaikan model matematika dalam bentuk persamaan matrik yang berkaitan dengan persamaan linier
Penilaian Unjuk kerja


Saat proses pembelajaran
Setelah laporan selesai (dengan batas waktu yang ditentukan ± 1 minggu).



b.      Instrumen  dan Pedoman Penilaian
1.    Penilaian Religius
Indikator penilaian religius:
Kurang Baik, jika setiap akan memulai dan mengakhiri proses pembelajaran tidak berdoa.
Cukup Baik, jika memulai proses pembelajaran dengan berdoa tetapi saat mengakhiri tidak
berdoa atau sebaliknya
Baik, jika selalu setiap memulai dan mengakhiri proses pembelajaran dengan berdoa
Berilah tanda centang () pada kolom sesuai dengan indikator di atas
NO.
Nama Siswa
KB
CB
B




















Keterangan:
KB = Kurang Baik             B   = Baik
CB = Cukup Baik              
 1.Penilaian Pengetahuan
Indikator
Instrumen
1.      Menyelesaikan nilai deteminan dari suatu matriks dan operasi matriks dalam menentukan invers.
1.Buatlah matriks A berordo 2×2 yang memiliki invers matriks A-1 =  (SKOR 50 )
2. Diketahui matriks memiliki invers matriks A =   memiliki invers matriks A -1  dan nilai det  , (A -1 ) -2,  tentukan nilai x !
(SKOR 50 )



2.        Penilaian Keterampilan
Indikator
Instrumen
Menyelesaikan soal model matematika dalam bentuk persamaan matrik yang berkaitan dengan persamaan linier
1.Diketahui sistem persamaan linear
2x – 3y = 6
 2x – 3y = 9
a) Carilah penyelesaian sistem persamaan linear dengan menggunakan metode matriks.
b) Carilah penyelesaian sistem persamaan linear dengan menggunakan metode eliminasi (SKOR 50)
2.carilah solusi persamaan linear dengan menggunakan matriks.
 2x – 3y + z = –9             
  2x +   y – z = 9
  x + y + z =5
Carilah solusi persamaan linier dengan menggunakan matriks!
 (SKOR 50)

3.    Penilaian Sikap
Rubrik:
Indikator sikap toleransi kepada siswa:
1.    Kurang baik,jika sama sekali tidak adanya sikap toleransi kepada siswa
2.    Cukup baik, jika menunjukkan adanya sikap toleransi kepada siswa
3.    Baik, jika menunjukkan sikap toleransi kepada siswa
Isilah kolom  berikut dengan KB, CB, B, dan SB sesuai pedoman indikator di atas.
No
Nama
Sikap
Toleransi









Keterangan:
KB = Kurang Baik             B   = Baik
CB = Cukup Baik              














G.    Metode Pembelajaran

a.       Model Pembelajaran   : Berdasarkan Masalah
b.      Metode                        : Diskusi kelompok, tanya jawab, dan penugasan.
H.    Alat/Media/Sumber Belajar
a.       Alat/Bahan      : Spidol. penggaris, dan pulpen
b.      Media              : LCD dan power point
c.       Sumber Belajar :
-          Matematika / Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.-- Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2015.Kelas XII, kurikulum 2013.
-          Internet




                                                                                                   
Bangkalan,  22 Desember 2016

Mengetahui
Kepala SMA Negeri 1 Bangkalan                                                      Guru Mata Pelajaran

.......................................                                                                     Ridho Nur Arifin, M.Pd.
NIP. ..............................                                             

Tidak ada komentar:

Posting Komentar