Jumat, 12 Mei 2017

RPP Matematika K13 SMP Kelas 8 Semester 1 | Materi Operasi Aljabar



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah                       : SMP Negeri 1 Bangkalan
Mata Pelajaran                      : Matematika
Kelas / Semester                    : VIII / Ganjil
Alokasi Waktu                      : 3 x 40 menit

A.    Kompetensi Inti :
1.      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong-royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.      Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.      Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.     Kompetensi Dasar :
1.1  Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.3  Menunjukkan perilaku jujur dan bertanggung jawab sebagai wujud implementasi kejujuran dalam melaporkan data pengamatan
3.1 Menerapkan operasi aljabar yang melibatkan bilangan rasional dan pecahan
4.4 Menyelesaikan permasalahan dengan menaksir besaran yang tidak diketahui menggunakan grafik, aljabar, dan aritmatika.
C.    Indikator Pencapaian Kompetensi :
1.      Melakukan proses berdoa sebelum dan sesudah proses pembelajaran.
2.      Bersikap jujur dan bertanggung jawab dalam melaporkan data pengamatan.
3.      Menyelesaikan soal aljabar dalam bentuk bilangan rasional dan pecahan.
4.      Menyelesaikan permasalahan tentang soal aljabar.
D.    Materi Pembelajaran
Operasi aljabar
E.     Kegiatan Pembelajaran
1.      Pendahuluan ( 20 menit)
·         Apersepsi : Guru bersama siswa melakukan proses berdoa sebelum memulai pembelajaran. Guru melakukan tanya jawab dengan siswa tentang materi aljabar  yang sudah didapatkan di kelas VII SMP , yaitu guru menanyakan tentang bentuk variabel, koefisien,dan konstanta dalam aljabar.
·         Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yaitu  :
ü  Siswa dapat menyelesaikan soal aljabar dalam bentuk bilangan rasional dan pecahan
ü  Siswa dapat menyelesaikan permasalahan tentang soal aljabar
·           Motivasi  : Guru memotivasi peserta didik dengan memberikan pengaruh, jika peserta didik memperhatikan materi yang disampaikan maka peserta didik mampu menyelesaikan soal di akhir pembelajaran ataupun saat UTS dan UAS.
Kegiatan Inti ( 90 menit)
o   Mengamati
Fase 1
1.      Orientasi peserta didik kepada masalah
ü  Peserta didik mengamati permasalahan yang disajikan oleh guru pada slide power point .
ü  Soal : Suatu ketika Pak Veri membeli dua karung beras untuk kebutuhan hajatan di rumahnya. Setelah dibawa pulang, istri Pak Veri merasa beras yang dibeli kurang. Kemudian Pak Veri membeli lagi sebanyak 5 kg. Nyatakan bentuk aljabar dari beras yang dibeli Pak Veri.
ü  Guru meminta peserta didik untuk menyelesaikan soal bentuk aljabar
o   Menanya
 Fase 2
 Mengorganisasikan peserta didik
ü  Guru memfasilitasi peserta didik untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami terkait dengan tugas yang diberikan.
ü  Guru mengarahkan dan memancing peserta didik dengan cara mengajukan pertanyaan yang terkait dengan aljabar :
1.      Apakah simbol (variabel) yang boleh digunakan hanya x dan y?
ü  Peserta didik mendiskusikan jawaban pertanyaan pancingan yang  diberikan oleh guru tentang bentuk aljabar secara berkelompok.
o   Mencoba
 Fase 3
Membimbing penyelidikan individu dan kelompok
ü  peserta didik Guru memfasilitasi untuk mengarahkan peserta didik kepada kesimpulan bahwa :
1.      Variabel atau peubah yang boleh digunakan pada operasi aljabar tidak hanya x dan y saja akan tetapi huruf alphabet dari a, b, c, d, ......, z .
ü  Guru memfasilitasi peserta didik untuk menyimpulkan bahwa dikatakan operasi aljabar tidak hanya menggunakan variabel x dan y saja akan tetapi semua huruf alphabet dari a, b, c, ...., z.
ü  Peserta didik secara berkelompok menuliskan kesimpulan dari hasil diskusi.


o   Menalar
 Fase 4
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
ü  Guru meminta perwakilan setiap kelompok untuk menyajikan/mempresentasikan hasil diskusi masing-masing kelompok.
ü  Kelompok lain menanggapi dan memberi saran terhadap apa yang disampaikan oleh kelompok yang presentasi.
o   Mengkomunikasikan
 Fase 5
Menganalisa dan mengevaluasi proses pemecahan masalah
ü  Guru memfasilitasi peserta didik untuk mengarahkan kesimpulan bahwa operasi aljabar tidak hanya digunakan pada bilangan bulat akan tetapi bilangan rasional.
3. Penutup
ü  Peserta didik merefleksi penguasaan materi yang telah dipelajari dengan membuat catatan penguasaan materi.
ü  Peserta didik saling memberikan umpan balik hasil evaluasi pembelajaran yang telah dicapai.
ü  Guru memberikan tes tulis (sesuai dengan instrumen pengetahuan yang ada dihalaman berikutnya)
ü  Guru meminta peserta didik  untuk mempelajari materi pada pertemuan berikutnya yaitu tentang fungsi.
F.     Penilaian
1.      Teknik Penilaian
Penilaian Sikap: observasi dan penilaian rekan sebaya
Penilaian Pengetahuan: tes tertulis
Penilaian Keterampilan: unjuk kerja
a.    Prosedur Penilaian :
No
Aspek yang dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
1.
Sikap
1.    Jujur dalam melaporkan data pengamatan


2.    Bertanggung jawab dalam melaporkan data pengamatan



Observasi


Observasi







Selama pembelajaran dan saat diskusi .
Selama proses pembelajaran dan saat mengumpulkan tugas.
2.
Pengetahuan
Menyelesaikan soal aljabar dalam
bentuk bilangan rasional dan
pecahan.

Tes tulis

Diakhir penyampaian materi.
3.

Keterampilan
Menyelesaikan permasalahan tentang soal aljabar.
Penilaian Unjuk kerja


Saat proses pembelajaran
Setelah laporan selesai (dengan batas waktu yang ditentukan ± 1 minggu).



b.      Instrumen  dan Pedoman Penilaian
1.    Penilaian Religius
Indikator penilaian religius:
Kurang Baik, jika setiap akan memulai dan mengakhiri proses pembelajaran tidak berdoa.
Cukup Baik, jika memulai proses pembelajaran dengan berdoa tetapi saat mengakhiri tidak
berdoa atau sebaliknya
Baik, jika selalu setiap memulai dan mengakhiri proses pembelajaran dengan berdoa
Berilah tanda centang (V) pada kolom sesuai dengan indikator di atas
NO.
Nama Siswa
KB
CB
B




















Keterangan:
KB = Kurang Baik             B   = Baik
CB = Cukup Baik              
Penilaian Pengetahuan
Indikator
Instrumen
Menyelesaikan soal aljabar dalam bentuk bilangan rasional dan pecahan.
1.      Misalkan m dan n adalah bilangan bulat positif yang memenuhi 1/m + 1/n = 4/7 . Nilai m2 + n2 adalah …
(SKOR 50)
2.      Diketahui bahwa (1+1/2)(1+1/3)(1+1/4)(1+1/5).......
( 1 + 1/n ) = 11. Berapakah nilai n yang memenuhi?
a. Sederhanakan bilangan yang di dalam kurung.
b. Amati pola perkalian beberapa bilangan awal.
c. Dengan mengamati, tentukan nilai n yang yang memenuhi persamaan di atas.
(SKOR 50)

2.        Penilaian Keterampilan
Indikator
Instrumen
Menyelesaikan permasalahan tentang soal aljabar.
Bu Marhawi membeli 14 kg tepung, 17 kg wortel, dan 4 kg tomat. Karena terlalu lama disimpan 4 kg tepung, 3 kg wortel, dan 3 kg tomat ternyata rusak/busuk. Tentukan tepung, wortel, dan tomat yang tersisa. Jika harga tepung, wortel, dan tomat secara berurutan adalah x rupiah, y rupiah, dan z rupiah, nyatakan harga barang yang dibeli Bu Marhami tersebut dalam bentuk aljabar.
(SKOR 100)

3.    Penilaian Sikap
Rubrik:
Indikator sikap Jujur dalam melaporkan data pengamatan:
  1. Kurang baik,jika sama sekali tidak Jujur dalam melaporkan data pengamatan
2.    Cukup baik, jika menunjukkan sudah ada sikap Jujur dalam melaporkan data pengamatan
3.    Baik, jika menunjukkan sikap Jujur dalam melaporkan data pengamatan



Indikator sikap bertanggung jawab dalam melaporkan data pengamatan.:
1.    Kurang baik, jika sama sekali tidak bertanggung jawab dalam melaporkan data pengamatan.
2.    Cukup baik, jika sebagian kecil bertanggung jawab dalam melaporkan data pengamatan.
3.    Baik, jika bertanggung jawab dalam melaporkan data pengamatan.

Isilah kolom  berikut dengan KB, CB, B, dan SB sesuai pedoman indikator di atas.
No
Nama
Sikap
Jujur
Bertanggung jawab




















Keterangan:
KB = Kurang Baik             B   = Baik
CB = Cukup Baik              


G.    Metode Pembelajaran

a.       Model Pembelajaran   : Berdasarkan Masalah
b.      Metode                        : Diskusi kelompok, tanya jawab, dan penugasan.
H.    Alat/Media/Sumber Belajar
a.       Alat/Bahan      : Spidol. penggaris, dan pulpen
b.      Media              : LCD dan power point
c.       Sumber Belajar :
-          Kebudayaan, K. P. (2014). Matematika SMP/MTs Kelas VIII Semester 1. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
-          Madhavi, V. D. (2014). Jelajah Matematika SMP Kelas VIII. Jakarta: Yudhistira.
-          Internet


                                                                                                   Bangkalan,  19 Desember 2016
Mengetahui
Kepala SMP Negeri 1 Bangkalan                                                       Guru Mata Pelajaran,


...........................................                                                            Ridho Nur Arifin , M.Pd.
NIP. ..................................                                         

Tidak ada komentar:

Posting Komentar