Rabu, 24 Mei 2017

RPP Matematika K13 SMA Kelas 10 Semester 1 | Materi Matriks



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah                              : SMAN 04 Bangkalan
Mata Pelajaran                   : Matematika
Kelas/Semester                  : X / I
Materi Pokok                      : matriks
Alokasi Waktu                    : 2x 45 menit (1 kali pertemuan)
                                                                   
A.   Kompetensi Inti
1.    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.    Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.    Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, procedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.    Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B. Kompetensi Dasar
1.1   Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.3 Menunjukkan sikap bertanggung jawab, rasa ingin tahu, jujur dan perilaku peduli lingkungan.
3.5 Mendeskripsikan operasi sederhana matriks serta menerapkannya dalam pemecahan masalah
  4.6  Menyajikan model matematika dari suatu masalah nyata yang berkitan dengan matriks.

C. Indikator
1. membaca doa menurut keyakinan masing-masing siswa sebelum dan sesudah pelajaran.
2.- tidak mencontoh hasil pekerjaan kelompok lain.
   - bertanya dan mempertahankan pendapatnya secara aktif.
3. menyelesaikan soal dengan menerapkan operasi sederhana pada matriks.
 4. Menyajikan model matematika dari suatu masalah nyata yang berkitan dengan matriks.

D.      Materi Pembelajaran
matriks
E.      Metode Pembelajaran
(problem-based learning). 
F.      Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan
1.       Siswa merespon  salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
2.       Siswa menerima informasi tentang pembelajaran yang akan dilaksanakan dengan materi yang memiliki keterkaitan dengan materi sebelumnya.
3.       Siswa menerima informasi tentang kompetensi, ruang lingkup materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran  serta metode yang akan dilaksanakan
4.       Melaksanakan pre tes tentang aturan perkalian dalam kaidah pencacahan.
5 menit
Inti
Fase 1: Orientasi siswa kepada masalah
1.       Guru menjelaskan tujuan pembelajaran dan aktivitas-aktivitas yang akan dilakukan.
2.       Siswa didorong untuk mengajukan pertanyaan dan mencari informasi, guru sebagai pembimbing dan fasilitator.

Fase 2: Mengorganisasikan siswa
1.       Membentuk kelompok-kelompok belajar.
2.       Guru dan siswa menetapkan subtopik-subtopik yang spesifik
3.       Guru mengupayakan agar siswa aktif terlibat dalam kegiatan pembelajaran

Fase 3: Membimbing penyelidikan individu dan kelompok
1.       Siswa melakukan pengumpulan data dengan mencari informasi dari berbagai sumberGuru membantu pengumpulan data dengan mengajukan beberapa pertanyaan untuk berfikir tentang masalah dan ragam informasi yang dibutuhkan.
2.       Siswa menawarkan penjelasan dalam bentuk hipotesis dan pemecahan masalah.
3.       Guru mendorong agar siswa dapat menyampaikan semua ide yang dimiliki dalam upaya pemecahan masalah.

Fase 4: Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
1.       Siswa mempresentasikan hasil karyanya dalam pemecahan masalah (ada kelompok yang menyampaikan masalah-1, sedangkan masalah-2 oleh kelompok yang berbeda).
2.       Guru memberi kesempatan kepada kelompok lain ataupun siswa lain yang memiliki pendapat berbeda maupun ide yang berbeda untuk mengemukakan gagasannya.
3.       Guru memberi penguatan kepada hasil karya siswa, apabila ada hasil yang tidak sesuai dengan harapan guru wajib mengarahkan ke jalan yang benar.

Fase 5: Menganalisa dan mengevaluasi proses pemecahan masalah
1.         Siswa menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah yang telah dilakukan.
2.         Guru mendorong siswa untuk merekonstruksi pemikiran dan aktivitas yang telah dilakukan selama proses pembelajaran.

5    menit





5    menit





20 menit









20 menit









15 menit




Penutup
1.     Siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
2.     Siswa merefleksi penguasaan materi yang telah dipelajari dengan membuat catatan penguasaan materi.
3.     Siswa melakukan evaluasi pembelajaran.
4.     Siswa saling memberikan umpan balik hasil evaluasi pembelajaran yang telah dicapai.
5.     Guru memberikan tugas mandiri sebagai pelatihan keterampilan dalam menyelesaikan masalah matematika yang berkaitan dengan peluang.
6.     Melaksanakan postes.
7.     Siswa yang belum mencapai kompetensi dilakukan remidi,
8.     Siswa mendengarkan arahan guru untuk materi pada pertemuan berikutnya
20 menit

  1. Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
a.       Buku paket  Matematika X
b.      Lks matematika kelas X
c.       internet

H.      Penilaian Hasil Belajar
a.    Teknik dan Instrumen Penilaian:
Penilaian Sikap: observasi dan penilaian rekan sebaya
Penilaian Pengetahuan: tes tertulis
Penilaian Keterampilan: unjuk kerja
b.    Prosedur Penilaian:
No
Aspek yang dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
1.
Sikap
1.       Mempertanggung jawabkan hasil diskusi kelompok yang telah dilakukan


2.       Rasa ingin tau selama mengikuti pelajaran.




3.       Jujur dalam  mengerjakan  tugas mandiri yang diberikan




4.       Peduli antar sesama anggota kelompok pada saat diskusi.

Observasi




Observasi





Observasi dan penilaian teman sebaya





Observasi




Selama pembelajaran dan saat diskusi

Selama pembelajaran dan saat diskusi


Selama proses pengerjaan tugas mandiri


Selama proses diskusi kelompok

2.
Pengetahuan
a.       Menggunakan operasi sederhana matriks dalam pemecahan masalah
b.       Menyajikan model matematika dari suatu masalah nyata yang berkitan dengan matriks.
Pengamatan dan tes
Penyelesaian tugas individu dan kelompok
3.

Keterampilan
Menyatakan suatu fenomena atau fakta dalam bentuk matriks.

Pengamatan

Penyelesaian tugas (baik individu maupun kelompok) dan saat diskusi
c.     Instrumen  dan Pedoman Penilaian
1.    Penilaian Religius

Indikator penilaian religius:
Kurang Baik, jika setiap akan memulai dan mengakhiri proses pembelajaran tidak berdoa.
Cukup Baik, jika memulai proses pembelajaran dengan berdoa tetapi saat mengakhiri tidak berdoa atau sebaliknya
Baik, jika memulai dan mengakhiri proses pembelajaran dengan berdoa tetapi tidak setiap saat
Sangat Baik, jika selalu setiap memulai dan mengakhiri proses pembelajaran dengan berdoa
Berilah tanda centang () pada kolom sesuai dengan indikator di atas
NO.
Nama Siswa
KB
CB
B
SB
























Keterangan:
KB = Kurang Baik                 B   = Baik
CB = Cukup Baik                  SB = Sangat Baik

2.    Penilaian Pengetahuan
Indikator
Instrumen
Menjelaskan konsep matriks
5.    a.  +  =

b.  -   =

c. 3  =

d.  X  =

(SKOR 100)


3.         Penilaian Keterampilan
Indikator
Instrumen
Menyatakan suatu fenomena atau fakta dalam bentuk konsep matriks
Teguh, siswa X SMA Panca Budi, akan menyusun umur anggotanya dalam bentuk matriks. Dia memiliki Ayah, Ibu berturut-turut berumur 46 tahun dan 43 tahun. Selain itu dia juga memiliki kakak dan adik, secara beruturut-turut, Ningrum (22 tahun), sekar (19 tahun), dan Wahyu (12 tahun. Dia sendiri berumur 14 tahun. Bagaimana tegus menyusun umur anggota keluarganya dalam bentuk matriks?

(SKOR 100)

4.    Penilaian Sikap
Rubrik:
Indikator sikap bertanggung jawab dalam kegiatan kelompok:
1.    Kurang baik,jika sama sekali tidak berusaha untuk bertanggung jawab dalam kegiatan kelompok.
2.    Cukup baik, jika menunjukkan ada sedikit usaha untuk bertanggung jawab dalam kegiatan kelompok.
3.    Baik, jika menunjukkan sudah ada  usaha untuk bertanggung jawab dalam kegiatan kelompok.
4.     Sangat baik, jika menunjukkan adanya usaha bertanggung jawab dalam kegiatan kelompok.

Indikator sikap rasa ingin tahu selama mengikuti proses pembelajaran:
1.    Kurang baik,jika sama sekali tidak berusaha untuk menyelesaikan masalah dalam kegiatan   kelompok.
2.    Cukup baik, jika menunjukkan ada sedikit usaha untuk menyelesaikan masalah dalam kegiatan kelompok.
3.      Baik, jika menunjukkan sudah ada  usaha untuk menyelesaikan masalah dalam kegiatan kelompok.
4.    Sangat baik, jika menunjukkan adanya  usaha untuk menyelesaikan masalah dalam kegiatan kelompok

Indikator sikap jujur ketika menyelesaikan tugas mandiri:
1.    Kurang baik, jika sama sekali tidak jujur ketika menyelesaikan tugas mandiri.
2.    Cukup baik, jika sebagian kecil tugas mandiri dikerjakan secara jujur
3.    Baik, jika sebagian besar tugas mandiri dikerjakan secara jujur
4.    Sangat baik, jika seluruh tugas mandiri dikerjakan secara jujur

Indikator sikap peduli terhadap sesama anggota kelompok pada saat berdiskusi:
1.      Kurang baik, jika sama sekali tidak peduli sesama anggota kelompok saat berdiskusi..
2.    Cukup baik, jika menunjukkan ada sediki rasa peduli sesama anggota kelompok saat berdiskusi.
3.    Baik, jika menunjukkan sudah ada rasa peduli sesama anggota kelompok saat berdiskusi.
4.    Sangat baik, jika menunjukkan adanya rasa peduli sesama anggota kelompok saat berdiskusi.

Isilah kolom  berikut dengan KB, CB, B, dan SB sesuai pedoman indikator di atas.
No
Nama
Sikap
Bertanggung jawab
Rasa ingin tahu
jujur
Peduli







































Keterangan:
KB = Kurang Baik                 B   = Baik
CB = Cukup Baik                  SB = Sangat Baik





                                                                                          Bangkalan, 22 Desember 2016
                                                               Mengetahui
Kepala SMAN 04 Bangkalan                                                 Guru Mata Pelajaran,


.....................................................                                                  Ridho Nur Arifin
NIP...............................................                            




Tidak ada komentar:

Posting Komentar